mas-masbro,braders yang hobi ngutak-atik motor tentu tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini, komponen yang biasa dijual di toko-toko pariasi motor dengan kegunaan menurut kabar yang ntah itu kabar burung ataupun kabar-kabari atau kabar kabur :mrgreen: selain sebagai penerang nyala lampu juga sebagai penambah power, akselerasi dan pengirit konsumsi bensin. yang bener??? masak piranti yang berupa penyetabil tegangan ini bisa segitu hebatnya sieeh??? ini pakta atau hanya isu??? yuuuuk kita selidiki dulu apa isi dalemannya.

Di blog elcotomotif dijelaskan dan dibedah isi dalemannya si kotak kecil ini yaitu berupa beberapa rangkaian paralel kapasitor dengan nilai 2200µf/35v yang berjumlah lima buah dan ditambah lagi berupa rangkaian resistor-led yang berfungsi sebagai petunjuk kalau DC Booster ini telah tersambung ke aki motor. Yang paling penting dari dalaman DC Booster ini tentu kapasitor  2200µf/35v yang berjumlah lima buah ini, jika dirunut ke teori per’elektronikan (SLR juga hobi elektronic loh :D ) kapasitor berfungsi sebagai penyimpan arus sementara dan juga sebagai penyetabil tegangan dan jika di rangkai secara paralel dengan jumlah yang banyak maka fungsinya akan sangat mirip seperti aki motor( kapasitor bank)

Nah kenapa dibilang sebagai pengirit, peningkat power dan torsi??? ooh sudah tentu ada sangkutannya dengan kelistrikan motor pada khususnya CDI motor yang berjenis arus DC seperti Suzuki Shogun, Honda megapro dan banyak lagi yang membutuhkan arus untuk memasok CDI dari aki. Dengan terpasangnya DC Booster ini sudah tentu kinerja aki akan sangat lebih ringan dan terbantu oleh keberadaan alat ini. Masih ingatkan dengan teori diatas mengenai cara kerja kapasitor yang berfungsi menyimpan arus sementara, saat terjadi lonjakan kebutuhan tegangan dari CDI ataupun komponen kelistrikan motor yang membutuhkan arus langsung dari Aki, saat inilah DC Booster berperan m

emasok arus ke aki. Dengan setabilnya arus yang dihasilkan aki sudah tentu akan berpengaruh ke CDI dan juga mempengaruhi pembakaran… ya ujung-ujungnya berpengaruh juga ke power, torsi, dan keekonomisan.

Begitu juga dengan nyala lampu yang makin terang… so pastilah, yang biasanya arus dari aki terbagi untuk menghidupkan lampu sekaligus memasok CDI, dengan adanya DC Booster ini listrik yang dibutuhkan lampu juga tidak tergangu… lagi-lagi ujung-ujungnya berpengaruh ke nyala lampu. Jadi sudah taukan bagaimana DC Booster ini beroperasi dan bagaimana dalemannya…!!!!

About these ads

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

43 responses »

  1. dolanclinick SP rider mengatakan:

    alat apa an sih?
    baru pernah denger

  2. Niko mengatakan:

    Hrgany brapaan gan..?

  3. Niko mengatakan:

    Hrgany brapaan gan.?

  4. idan89 mengatakan:

    bli, kalo di supra fit bisa dipasang tidak??

  5. dolanclinick SP rider mengatakan:

    motorku Shogun SP, dc donk?

  6. si oom mengatakan:

    sori ya oom..
    tapi kemasan produknya kurang cakep tuh :)

  7. B M W ©2011 mengatakan:

    mahal amat 250 rb.
    bikin sendiri paling cuma 30rb.
    oiya pasang aja sekalian yg 10000µF. Kemarin habis beli malah cuma 17rb.

  8. ipanase mengatakan:

    bohong keknya,,,ane buat sendiri ,,total 20 ribu UF kapasitornya

  9. Dismas mengatakan:

    pengen pasang… tapi motorku masi AC kelistrikan’e… :sad:

  10. eightballz8 mengatakan:

    buat jupiter z ane bs ga gan???
    klw yg rakit sendiri diatas (bro J4na) bs ga pasangin punya ane???
    lokasi jakarta

  11. Nobita mengatakan:

    :lol:

  12. Joko mengatakan:

    Cara kerjanya sih iya, tapi di motor yg akinya sehat, apa pengaruh signifikan?

  13. darsonosu mengatakan:

    sudah pernah pasang, ada pengaruhnya, temen ada yg bikin sendiri malah dari kapasitor mesin cuci, kalo mau beli, yg murah aja, buatan malang ada yg 80rb, ngapain beli mahal2 kalo fungsinya sama aja :p
    ini link-nya yg buatan malang, http://alfasigmaracing.indonetwork.co.id/237765/xnl-dc-booster-booster-pengapian-dc.htm

  14. timmy mengatakan:

    hasil tes DYNO bagaimana?
    ada peningkatan performa?
    test luminosensi lampu, ada penambahan?
    kalo gak ada, berarti cuma placebo doang

  15. januarpribadi mengatakan:

    Bro gimana kalo dipasang di binter merzy ? binter merzy ku pake cdi neotech accu 12 vol 10 ampere?

  16. revandhiya mengatakan:

    ane masang di Tiger & megapro (Ke2nya mk aki Binter Merzy), Kok gk ngaruh sama sekali yak?? ane mk kap 35V 4700µF X 5 (ngikutin skema diatas)
    anehnya pas ane coba di Shogun 125 & hsx125 baru berasa lampu, klakson & tarikan lebih mantep…Ukuran yg ane pake salah yak?? makasih sblmnya.

  17. Coydewa mengatakan:

    Dc booster ane dah bikin sendiri, itu utk input CDI biar mantap, terus klo utk booster/stabilizer output CDI ke koil itu rangkaiannya gimana dan komponen apa aja yg dipake?
    Maturnuhun dan mohoon solusinya gan…

  18. kukuh mengatakan:

    baru dipasang 1 minggu neotech GL ku CDI nya mati/tewas, aku pake yang 35V 6800µF X 5 , apa karna kelebihan muatan arus yang ke CDI yaaa . . .

  19. Tama mengatakan:

    Klo pemasangan di input CDI jg pke elco ukuran 10000 mf 50 volt ya gan

  20. Tama mengatakan:

    Ocrhe..tak coba’e biar abs revo ane dilirik sm temen2..
    Tambah ground strap lebih syahdu gan..

  21. Ayuk mengatakan:

    Gimana cara masangnya bro ? Ni klw buat sendiri.

  22. Kaji mengatakan:

    Ni tk mrusak kmponen laen bro ?
    Atau cpat lemah ke cdi/koil.

  23. yuzi mengatakan:

    klo yg pengapian ac ad bro?

  24. yuzi mengatakan:

    soalnya aq mw bwt untuk rx king n pengapian lgsg dr sepul bro.
    bs kasih masukkan bro..

  25. Mr. coba coba mengatakan:

    saya sudah buat sendiri nih bahan2nya 1 buah kapasitor 50v/10000 mikro farad konektornya model baut 3 biji dan 2 biji model jepit & kabel listrik yang diameternya 0,8 mm 3 warna (merah +, hitam -, putih (massa)) trus sama selotip elektrik, oya kabel hitam dan putih jadi satu di terminal negatif kapasitor tapi kabel putihnya ke massa (body/rangka).

  26. Adhyadje mengatakan:

    Iy sama mas/mbak brow ane jg lg mo bikin nh yg kpasitornya 10rb f/50v..

  27. ook mengatakan:

    gua pasang di VESPA gmana tuh ..?
    bsa kga ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s