kruk-as bigbang
akhir-akhir ini sering dibicarakan di seantero blogs tentang mesin bigbang,yang kembali dipopulerkan oleh rossi, rossi memilih bigbang dibandingkan screamer. saya yakin bro-bro semua suadah taw apa itu bigbang dan apa itu screamer… kan udah banyak diulas di blog-blog.
kali ini saya mempunya pemikiran dan rasa bertanya di hati. seandenya ninja 250r dimodif mesinnya jadi bigbang bisa ga ya???

beberapa bulan yang lalu pernah diulas di “motor plus” tentang si penemu bigbang…. siapa lagi selain almarhum om cia. pada tahun 80an si om memodif suzuki twin gto125″kalo ga salah” menjadi mesin bigbang dengan cara menggeser posisi big-end kruas menjadi sudut lebih sempit, sehingga pengapian antara silinder yang satu dengan yang ke-2 hampir bersamaan. yang mengantarkan kemenangan pada motornya si om.
tapi …. ada sedikit kerguan pada diri saya timbul. dengan menggeser big-end, apakah mesin akan bergetar keras karena tidak keseimbangan kru-as??. tentu hanya si om saja yang tau saat ini.
kruk-as standar
nah kita kembali ke ninja. modifikasi ninja menjadi bigbang sungguh sangat berbeda dengan memodifikasi mesin 2tak twin suzuki. karena ninja 250 bermesin 4tak, yang memiliki komponen jauh lebih kompleks dibanding 2tak. dibutuhkan penyesuaian pada komponen-komponen yang lainnya. seperti, penyesuaian noken as,derajat buka tutupnya diubah menyesuaikan derajat penggeseran big-end. pengubahan sudut noken-as inilah yang membutuhkan banyak tenaga dan kesulitan, yang tentunya dibutuhkan ahli bubut yang super-super hebat. penyesuaian kedua terasa lebih mudah, yaitu penggeseran pick up fulser.
mungkin artikel saya ini terasa masih sangat-sangat kurang, dan tentu saya membutuhkan comen-comen bro untuk melengkapi ide saya ini. semoga bermanfaat.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. Momod mengatakan:

    D khawatirkan getaranx luar biasa kalo ninja msh pake rangka twinspar bkan deltabox

  2. NanaRedPro. mengatakan:

    Gagasan hebat gan,ada yg berani mewujudkan?????

  3. lintas-oto.info mengatakan:

    Baju Baru Kawasaki Ninja 250R…

    I found your entry interesting thus I’ve added a Trackback to it on my weblog :)…

  4. Adi mengatakan:

    big bang itu apa sih? apakah posisi seher 1 n 2 nya sama?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s