sadarkah bro-bro semua jika RPM ninja bisa sampai 14000rpm, dan RPM segitu mudah didapat. bagi si ninja 250 owner tentu udah biasa ngerasain kedahsyatan si ninin. coba bandingkan dengan motor sport dengan CC yang sama, semisal CBR250, red line si ci bi AAR ada pada Rpm 10500. hayoooo knapa???

perhatikan red line'nya


red line ada pada 10500


jawabannnya… gampang… kayak orang paling pintar aja.. he he
kita liat pada spesifikasi mesinnya, tertera bore-stroke ninja 62×41,5, sedangkan CBR 76×55, dari angka itu saja kita udah dapat menari kesimpulan, semakin pendek langkah/stroke dari silinder, maka rpm yang aman untuk mesin akan semakin tinggi,
berlaku rumus sebagai berikut:
Piston Speed = (2 x stroke”m” x rpm)/60 ..
dari rumus diatas kita masukkan
*stroke :0,041meter
*rpm :14000
nah coba dirumuskan sekarang:
* PS=(2 x 0,041 x 14000)/60
=19,139
jadi piston speed ninja masih aman dari ambang batas kecepatan piston yaitu 21m/s. sebenarnya, lebih dari 14000rpm pun ninja bisa mengingat saat 14000rpm, piston speednya hanya 19,139.
nah… sekarang kita coba cari piston speed si Si Bie aar,
hayooo mulai main itung….
*stroke : 0,055meter
*rpm : 11500
masuk rumus… siap-siap…
PS=(2 x 0,055 x 11500)/60
=21,089m/s
waaaaduuuuoooooh…. lebih dari ambang batas aman tuh…… kalo lama-lama rpm ditahan diatas 11500rpm bisa-bisa motor ni akan nguwooos….

hi-rev engine


gimana…..???
udah taw kan kenapa peak power CBR250r direntang 8500rpm… sebab max rpm’nya ada dikisaran 1100rpm… dan kenapa rpm ninja bisa 14000rpm….
maaf infonya dikit… jika ada yang salah, mohon permaklumannya…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

39 responses »

  1. Ancok™ mengatakan:

    nice artikel neh ada rumusnya jg memberi pencerahan …mungkin ninja 250 slh 1 faktor rpm tinggi karena jumlah piston bnyak …cc kecil dgn jumlah piston bnyak rpm pun semakin tinggi misal gsxr250,cbr250,zx250,fzr250 4silinder peak power di dapat di rpm 17.000

  2. repsolhonda mengatakan:

    CBR 150 R kok bs smp @13000 RPM?tanya kenapa?

  3. repsolhonda mengatakan:

    kenapa juga TOP SPEED NEW CBR 150 R fi top speedx 160km/h (klaim dr honda),kok bs mirip2 top speed NINJA 250 R? Tanya kenapa?

  4. repsolhonda mengatakan:

    btw red linenya si ninja 250 r tu di @12.500RPM ,cb liat gmbrx,apa salah?mohon pencerahanx

    • j4na mengatakan:

      ya memang redlinenya di 12.500rpm, tapi untuk meraih 14.000rpm itu mesin ninja jauh dari bahaya jebol,semakin pendek langkah,maka semakin sedikit bidang gesek silinder… so panas mesin pun bisa minim…

  5. repsolhonda mengatakan:

    komentar anda sedang menunggu moderasi

  6. gold d roger mengatakan:

    karana @ slilinderrr beban mesin semakin ringan
    IMHO

  7. gold d roger mengatakan:

    2 silinder maksudd ane

  8. az147r mengatakan:

    nice info…

  9. sofiyan mengatakan:

    mari berhitung….

  10. sofiyan mengatakan:

    mari berhitung…

  11. NanaRedPro. mengatakan:

    hebat,cdi nya pake limiter gak ya??

  12. dua jempol smoga majuuuu trus berkarya.

  13. snalpot99 mengatakan:

    manteb bro.. Itung2annya saya suka, pengen ngitung cs1 soale dia mampu 11500 rpm dgn cdi standard

  14. ridertua mengatakan:

    Walah ketinggalan….sip lah wow gitu yah bro biar awet…mantafff

  15. j4na mengatakan:

    sebelum ngebut/ganti CDI unlimiter, baiknya pahami dulu stroke mesin, berapa Rpm maximumnya(piston speed yang aman dibawah 21m/s)..!!
    Gitcu..

  16. ridertua mengatakan:

    Lah kalau CBR dipaksa RPM tinggi apakah bisa rontok bro mesinnya….(dengan ganti CDI unlimiter )

    • j4na mengatakan:

      maaf mas… maksudnya cbr 250r kan, kan ga isi cdi….
      maksud mas kan jika pake power commander n limiter rpmnya dinaikkan…?
      rontoknya enggak, tapi riskan,cpat panas,… apalagi jika setingan mesinnya kering alias hemat…. kemungkinan seher tergores besar…
      pengalam saya pada jupiter MX, dengan stroke 57,9mm dan kapasitas mesin 170cc. si jupy sehernya jebol gara2 2 hal… pertama spuyer kekecilan kedua, over rpm….
      kecuali material dari seher n blok CBR250nya udah menganut anti panas,kayak diasil pada vixion/mx

  17. DestroyeR mengatakan:

    angka batas 21 m/s dari mana bro? ada link sumbernya?
    soalnya disini gak ada: http://en.wikipedia.org/wiki/Mean_piston_speed

    • j4na mengatakan:

      linknya ga ada bro… tapi bro bisa cari dimajalah motorplus. beberapa edisi yang telah lewat banyak kok diulas mengenai piston speed.
      pengetahuan yang saya dapat tidak saja dari internet, tapi dari berbagai majalah motor-otomotif.

  18. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Mulai mudeng… tengkyu

  19. deny mengatakan:

    percuma bro cbr limitenya d pentok 10.500 rpm

  20. […] blog mencoba mengawinkan silang artikel dari Om bengkelsepedamotor dan Bli Jana untuk mendapatkan peranakan artikel di UmAI blog ini: Kecepatan Puncak Berdasar RPM Limit (silahkan […]

  21. verticall mengatakan:

    trus bro yg jd pertanyaan ane dri mna nentuin suatu mesin max RPM-nya sekian… misal ninja250 max RPM 14000. soalnya dari rumus (2 x stroke”m” x rpm)/60 .. kita seolah2 sudah tau max RPM suatu mesin(kita memang bsa tau dri spesifkasi dan batasan pd speedo).
    tapi, andai kata kita membuat mesin yg baru dgn ukuran part yg bner2 baru, nah dari mana kita bisa mngetahui max RPM mesin yg kita bangun tadi ?
    lalu angka aman 21m/s tadi didapat dri mana ya bro?

    • j4na mengatakan:

      kan ditentuin stroke silinder dan max piston speed bro……!!! Semakin pendek stroke maka semakin rendah piston speednya dan juga semakin tinggi Rpm yang dapat dicapai mesin….

  22. widy awan mengatakan:

    Jadi kalo yg overbore aman gitu ?

    ada satu lagi .. Percuma cbr 250 mau di buat rev nya misal : 14 rb rpm .. Karena power dan torsi nya malah udah jauh turuuun ..

    beda sm ninja 250 .. Yg tenaga nya masih naik sampe sekian rpm (saya lupa ,cari di wiki aja)

    Kalau masalah floating klep ,pabrikan bisa saja buat per klep yg lebih keras ..

  23. mochyuga mengatakan:

    ambang batas kecepatan piston berlaku umum ga ? apa silinder yang lebih licin, bobot piston, luas bidang gesek, & pembuangan panas yang lbih bagus berpengaruh ?
    terus, angka 2 di rumus konstanta atau bukan ya ? jumlah silinder diitung juga di rumus ga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s