5 valve and 4 valve


di indonesia kita terbiasa akan teknologi jadul dari generasi motor bebek, dan kedatangan dari si bebek super alias si satria FU tlah menghancurkan pakem teknologi kuno 2 valve sohc. si satria, motor lokal yang pertama kali menerapkan teknologi 4 valve dohc pada mesinnya… dari pertama kali diluncurkan, kita sudah mengagung-agungkan motor ini…. “keren,4 kep dohc,klep paling banyak…lari kenceng…” orang-orang sering menyebutkan kalimat-kalimat itu.

sket 5 valve


saya jadi tersenyum dengarnya… masak 4 klep udah dibilang banyak… blom liat mesinnya YZF450 yang 5 klep…. apalagi liat honda NR500, 8 klep per silinder bro… kereeen ga tuh…??
sementara kita bahas yang 5 klep aja dulu, 8 klep blakangan..
mesin dengan lima klep per siliner sendiri pertama kali diterapkan oleh toyota pada generasi sport car’nya.karena kedekatan hubungan toyota dengan yamaha, yamaha pun memperoleh ijin untuk menerapkan teknologi ini pada motornya. salah satu motor legendaris yamaha yang memakai sistem klep ini adalah motornya rossi generasi pertama YZR-M1, dan pada generasi selanjutnya dibalikkan ke 4 klep atas permintaan dari rossi. selain itu, generasi motocross yamah juga memakai teknologi ini, seperti YZF250 dan YZF450.
apasih keuntungan lima klep ini, udah tentu… semakin banyak klep, maka semakin banyak campuran udara-bahan bakar yang akan masuk kedalam silinder,maka semakin besarlah power yang diledakkan dalam silinder. selain itu, dengan adanya 3 port masuk yang keci-kecil(lebih kecil dari port 4valve) maka kecepatan udara yang masukpun semakin cepat, ingat rumus,semakin sempit penampang lubang yang dilewati udara, semakin cepat udara itu bergerak. dengan cepatnya udara masuk, maka semakin banyak udara yang dapat disedot mesin.

5 x 2 = 10

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

54 responses »

  1. Juragan Bebek berkata:

    Pertamax…

  2. Juragan Bebek berkata:

    Plus

  3. Juragan Bebek berkata:

    Ketiaxs

  4. dave berkata:

    wow,, taro di sepedah bisa ga ya 5klep dohc,, biar ga cape goel nya.. 😛

  5. maticmania berkata:

    Tapi pasti ada batasanya dong bro antara jumlah klep dan volume cylindernya ,kalau yang dikejar efesiensi akan lebih menghemat biaya operasionalnya termasuk BBM dengan lebih sedikitnya jumlah klep… misalnya 100cc 4 klep perlu gak sih untuk produk massal… CMIIW

  6. bintang berkata:

    tambah ilmu lagi
    suksma bli

  7. Momod berkata:

    Tapi kebanyakan klep juga ada kelemahannya bro. Yaitu RPM tinggi makin sulit d raih karna cam chain harus menekuk 5per klep yang tentunya lebih berat drpd 4 per klep. Makana YZR M1 balik ke 4 klep agar bisa lebih teriak d RPM tinggi

  8. j4na berkata:

    Emang sih agak berat menggerakkan 5 per klep, tapi coba bandingkan antara motor ber klep 2 dengan motor berklep 4, satria FU dgn megapro… Mana putaran atasnya lbih yahud??
    Kesimpulannya…smakin banyak klep,maka peak powernya akan ada pada putaran relatif lbih tinggi.. Contohnya lagi,honda NR500,rpmnya bisa ampe 22.000rpm!! Dahsyat ga tu??

  9. ridertua berkata:

    Klo menurut bro tuk harian 2 klep cukup gak yah……….

    • j4na berkata:

      kalo dibilang cukup sih cukup,selama mecanik si tukang tuning masih idup, 2 klep bisa kok ngalahin dohc…
      tapi alangkah bainya beli motor dohc atau sohc 4 klep macam mx /vixion.. tarikan STDnya berasa…

  10. baroto berkata:

    Klo ga salah sejak tahun 1991 di Eropa dah beredar Yamaha dg 5 valve, modelnya Enduro, klas 600 cc. Klo ga salah looogh ya, bukan sejak YZR-M1 kan da tahun 2000 keatas. sorry bro, klo salah

  11. Momod berkata:

    @j4na
    alasan yamaha beralih dari 5klep ke 4 klep adalah agar mesin m1 bisa mencapai RPM yg lbih tinggi. M1 dg 5klep RPM nya hanya mentok di 15.500 kmudian jeremy burgess n rossi datang n merubah M1 menjadi 4klep persilinder dg harapan dapat mencapai RPM 18.000 n akhirx sukses

    • j4na berkata:

      yamaha pindah ke 4 klep karena alasan gas speed di masing-masing lubang inletnya terlalu cepat pada saat mencapai max rpm,..
      kan kalo YZF250 putaran mesinnya cuma ampe 12.000rpm jadi gas speednya rendah.

  12. Momod berkata:

    Begitu juga dg honda nr500 yg 8klep per silinder jelas RPMnya ga bisa meraung setinggi 4 klep. Power emang besar tapi kecepatan puncak hanya bisa di raih yang bisa RPM tertinggi

  13. Momod berkata:

    NR500 rpm nya 22.000 emang ok…Tp tuh kan mtor balap. Lha cbr250 taun 84 versi standar ajah bisa tembus 18000 hanya pake 4klep per silinder. G tau kalo versi balapnya bisa brapa ribu RPM nya

  14. weduz berkata:

    emangnya jumlah klep pengarui rpm? setauku justru short stroke/ long stroke yg bisa pengarui rpm melejit, semakin pendek langkah piston ,semakin mudah rpm untuk bisa melejit,karena langkahnya pendek, sebaliknya yg stroke panjang semakin lama untuk rpm melejit,
    Makanya mesin short stroke kurva powernya di rpm atas,sebaliknya mesin long stroke enak diputaran bwh menengah.

  15. weduz berkata:

    ane kasih cth lagi
    Jupiter mx yg mesin longstroke 4klep power max nya ada di 8rb rpm,
    Beda dg Cs1, meskipun hanya 2klep, tapi karna over bore power max nya ada di 10rb rpm, makanya akselerasi mx lbh mantap dr cs1, tapi cs1 menang topspeed CMIIW
    Semoga berguna

  16. Momod berkata:

    @j4na

    ya kalo d liat dr langkah piston terhadap tingginya RPM emang bner bos, trus gmana dg alasan jeremy burgess yg mengubah M1 dari 5klep menjadi 4klep dg tujuan dmi mendapatkan RPM yg lbih tinggi? Kan udah jelas tuh tanpa merubah yg laen maka RPM yg lbh tinggi lbih mudah d dapat kalau jumlah klepnya lebih sdikit

    • j4na berkata:

      ya bner juga sih mas momod…. kadang2 kadang teknologi dengan logika membikin kita bingung…..
      saya kagum nih…. perdebatan bikin Qta semakin semakin melek teknologi…

  17. Art berkata:

    Saya pengen diskusi yang bisa bikin merem melek ada nggak?

  18. weduz berkata:

    8. Emang sih agak berat
    menggerakkan 5 per
    klep, tapi coba
    bandingkan antara
    motor ber klep 2
    dengan motor berklep
    4, satria FU dgn
    megapro … Mana
    putaran atasnya lbih
    yahud??

    Imho, putaran atas Jelas Fu, masalahnya bukan jumlah klep,tapi yg fu short stroke. Dan nmp Square..

    Jadi kesimpulan saya bukan jumlah klep yg pengarui rpm akan ttp konfigurasi silinder overbore ataupun overstroke
    Thanks

  19. weduz berkata:

    usul buat mas J4na

    Untuk cth2 jgn motor motogp,pake aja motor2 yg ada di lingkungan kita

    Salam

  20. Momod berkata:

    Weh weh…Over bore emang relatif lbih mudah drpd over stroke dlm menggapai RPM setinggi2nya bos tp yo cmua tergantung dr seting pengapian n kompresi. Bandingkan lage kompresi fu ma megapro,jauh lbh tinggi fu thus jupiter 110 yg overstroke d roadrace jg gampang mengasapi smash yg over bore.

    • j4na berkata:

      jupiter mudah mengasapi smesh karena karakter sirkuit road race yang stop n go, jadi jupiter z yang square “stroke dan bore sama” …. so atas bawah powernya seimbang

  21. Momod berkata:

    Coba deh d liat lage knapa M1 n R1 yg dulunya memakai konfigurasi 5klep knp skarang pake standard 4klep lage. Tuh cmua krn pengen bisa mengail RPM setinggi2nya dlm waktu sesingkat2nya kan? Krn beban crankshat dlm memutar cam jadi lbh sdikit.

  22. Momod berkata:

    N thus mesin tiger n scorpio yg jauh lbih overbor scorpio tp knp juga mesin tiger RPM naiknya lbih cepat drpd scorpio?Bagi tiger yg strokenya 62,5 sangat mudah menggapai RPM 11000 tp scorpio membutuhkan wkt yg sdikit lbh lama tuk menggapai RPM 11000. Dlm mesin balap siapa yg bisa menggapai RPM setinggi2nya dlm wkt sesingkat2nya dialah yg menang n tuk itu tentu btuh crankshaft dg beban putar yg lbh sdikit tanpa hrus mengurangi dbit udara n bhn bakar yg masuk k ruang bakar

  23. Momod berkata:

    Sampai saat ini mesin dg 4klep persilinder masih d anggap paling ideal. R1 n M1 dah membuktikannya

  24. Momod berkata:

    YZF250 maupun YZF450 memakai 5klep kan juga karna ga btuh rpm 14rb ke atas. Yg dbutuhkan buat garuk tanah cuma 13rb ke bawah n emang ideal memakai 5klep. Coba kalo mesinx membutuhkan 14rb k atas kayak sirkuit on road ya munkin bkal pake 4klep jg

  25. j4na berkata:

    mas momod n bro2… gimana kalo qta adakan surpey…. mana yang paling berpengaruh pada power atas, banyaknya klep atau stroke pendek???

  26. j4na berkata:

    selamat pagi bo-bro…. saya udah dapatkan link nih mengenai 5 klep, knapa tidak dipakai….
    monggo klik http://www.thumpertalk.com/forum/archive/index.php/t-425054.html
    alasannya simple…. karena pada mesin 5 klep, kecepatan udaranya terllau tinggi yang disebabkan kecil-kecilnya port inlet….
    atau di link ini http://www.totalmotorcycle.com/photos/2010models/2010-Yamaha-YZFR1.htm

  27. underwaterhell berkata:

    sori bli j4na kalo komennya telat.
    ane ada pikiran aneh nih
    gimana kalo inlet valve itu pake sistem seperti reed valve di mesin 2 tak?
    kan kalo pas piston bergerak naik(kompresi, exhaust), otomatis reed valve menutup
    dan dibuat mekanisme-pengunci-valve mengikuti gerakan cam pada saat proses power (busi memantik campuran bb+udara)
    mohon pendapatnya

    • j4na berkata:

      ga bisa lah bro… kan di 4tak terjadi 4 siklus kerja.
      nah jika memakai semacam reed valve, pada saat siklus usaha kan terjadi back fresure ke inlet, karena terjadi pembakaran saat piston turun,nah reed valve jka ikut kebuka….

  28. tiktak.. berkata:

    tpi knpa skarang yamaha balik lagi ke 5 klep sperti yg di pake sma FZ-1

  29. petra smith berkata:

    teknologinya bener sih cuman andaikata ada orng iseng bikin klep kayak gitu noken as nya gmna yaaa
    trus klo pke per klep standar mah pasti berat tuh apalagi piston kecil boro2 dapat jln motornya kompresi aja gak ada kali biar enteng per klep nya diganti pke yg aga lentur kyak per klep nya desmosedici ducati

  30. bayu berkata:

    hahahah…sebenarnya pencetus ide 5 valve per silinder itu ya si AUDI dan bukan toyota……!!!!

  31. nuks berkata:

    halah…. gak pake klep aj bisa jalan kok ribet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s