ni mbahnya saya... felix wankel 🙂

bro udah pada taw lom mobil sportnya mazda… siapa lagi selain mazda rx-8,  saya mah udah seing ngebut pake nih sport car… larinya kuuenceng…. eeiiit tunggu dulu masbro… jangan bilang saya ni orang kaya yang sombong lo…. karena saya make ni sport car cuma di PS2 aja. huuuuu uuuusombong bin blagu.. he he 🙂

… maklum, cita2 kepengin kaya naik sport car… ya daripada ngayal mlulu.. mending nyobanya lewat PS2… 🙂 udah ngayalnya… kembali kejudul diatas… Mesin rotari atau dikenal dengan sebutan wankel engine merupakan mesin super kencang dengan kapasitas mesin jauh dibawah mesin berseher dengan powernya setara.

mesin rotari

sistem kerja wankel engine

liat gambar diats, hanya terdapat sedikit bidang sentuhan yng mengakibatkan minimnya gesekan. didalam mesin wankel terdapat seher berbentuk segitiga cembung “bukan seher konfensional” yang berputar sesuai dengan bidang bloknya. sistem kerjanya sendiri tidak oerlulah dijelaskan…. relatif gampang kok, sesuai dengan gambar diatas.

bentuk mesin kompak

mesin rotari sendiri sangatlah boros, sehingga hanya di aplikasikan pada sport car saja. namun dibalik borosnya itu tersimpan power yang sangat besar,badingkan mazda rx-8 yang kapasitas mesinnya cuma 1500cc, powernya hampir setara dengan sport car bermesin 3000cc. bisa dibilang hampir 2x lipat powernya mesin berseher…

relatif lebih sedikit part yang dipakai dibanding mesin konfensional

tulisan ini masih sangat-sangat kurang…. jadi mohon permaklumannya…

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

31 responses »

  1. Aris otong mengatakan:

    Kayaknya 1300 cc (waktu magang di mazda)

  2. ridertua mengatakan:

    Untuk R2 blum ada ya bro…?

  3. Donal mengatakan:

    Lebih boros mana ya sm 2tak?
    🙂

  4. j4na mengatakan:

    @donal
    Hampir sama dengan 2tak masbro..
    Nah secara singkatnya: dalam 2tak kan dalam 1kali 360 terjadi 2 pembakaran,diawal dan terakhir 360drjat…
    Pada rotari, terjadi 3 kali pembakaran skaligus…

  5. Evilnine mengatakan:

    RX-8…
    Mobil sport jepang yang pajaknya paling murah… 😀

  6. j4na mengatakan:

    @Evilnine
    Harganya aja 500jtaan,..
    Bandingkan ma mitsubishi evo.. Milyar lebih..

  7. Aris otong mengatakan:

    buat juragn warung: Bukan orang mazda kok..
    Kelemahannya adalah bila seal piston udah kena….. Siap2 ganti engine assy’..

  8. j4na mengatakan:

    @aris otong
    Byarpun bkan orang mazda,yang pentingkan pernah bergelut ma ni mesin..
    He he.. 🙂

  9. Aris otong mengatakan:

    buat juragn warung: Bukan orang mazda kok..
    Kelemahannya adalah bila seal piston udah kena….. Siap2 ganti engine assy'(g bisa overhaoul,rawan gagal)..kalau kita buka cover depan…wah panjang blok engine kurang lebih sejengkal aja,terus biasanya kn clutch(fliwheel housing)& transmisi nempel di engine..ini malah engine yang nempel di fliwheel housing…

  10. touringrider mengatakan:

    suwun infonya bos.

  11. GusPur mengatakan:

    Jadi tambah pengetahuan nich!

  12. Evilnine mengatakan:

    @juragan

    padahal evo pas pertamakali kluar harganya cuman 800an juta… skarang bs milyaran…

    Oya… skalian bahas mesin evo yg 4 cyl inline yg bisa nyaingin mesin v config dg cc tinggi om… 😀

  13. j4na mengatakan:

    @evilnine
    Oc masbro..

  14. ajikz mengatakan:

    Mesin kurang durable yang aplikasinya terbatas pada kendaraan tertentu saja.irit rantai keteng,klep,cams,per klep,stang seher dll ya mas

  15. ichznard mengatakan:

    motornya norton ada yang pake..
    Dicek atu2 aj di wikiped..hehe

  16. Aris otong mengatakan:

    Memang kurang durable..Bukan hanya terbatas pada kendaraan tertentu,karena rotary engine sudah dipatenkan oleh mazda…ya perkembangan teknologinya berada pada kemauan pihak mazda.

  17. azizyhoree mengatakan:

    correct mas Bli, yang segitiga itu sebenarnya pengganti seher, cuma karena gerakannya bukan translasi/ naik-turun, makanya tak bisa disebut torak/ seher, yo wes intine tetep dialah (triangle piston) pengganti seher, efisiensinya dasyat, sayang part dan perawatan mahal
    nitip anget bro: eh Bli 😀
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/28/n250-cbr-itu-sebenarnya-akur-kopdar-cbr-club-malang/

  18. glewehwonogiri mengatakan:

    sepeda motor ada yg bermesin rotary NSU. gw lp tipenya.monggo dicek di wikipedia

  19. Vahn mengatakan:

    Mesin yang perawatannya susah, tetangga saya dulu pernah pake mobil mazda, cuma lupa tipenya, yang jelas mesinnya juga rotary, pas ada masalah di mesinnya dia berniat servis ke bengkel, tapi karena beresnya cukup jauh dia coba servis di bengkel terdekat..n ternyata ga da yang bisa nyervis tu mesin, fiuhh…

  20. dumsky mengatakan:

    suzuki juga punya motor rotary engine
    suzuki RE5 (bukan resident evil yak :D)

  21. […] bulan yang telah berlalu atau yang pastinya tahun lalu saja deh di bulan november 2010  SLR pernah posting tulisan cara kerja dari mesin rotari atau yang juga disebut dengan mesin wankel namun itu hanya […]

  22. MasBom mengatakan:

    Salah tu bro yg bner mazda RX 7,mazda RX 8 pake mesin berpiston 4 silinder biasa.Coba gogling bro.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s