bro udah pada taw lom mobil sportnya mazda… siapa lagi selain mazda rx-8, saya mah udah seing ngebut pake nih sport car… larinya kuuenceng…. eeiiit tunggu dulu masbro… jangan bilang saya ni orang kaya yang sombong lo…. karena saya make ni sport car cuma di PS2 aja. huuuuu uuuusombong bin blagu.. he he 🙂
… maklum, cita2 kepengin kaya naik sport car… ya daripada ngayal mlulu.. mending nyobanya lewat PS2… 🙂 udah ngayalnya… kembali kejudul diatas… Mesin rotari atau dikenal dengan sebutan wankel engine merupakan mesin super kencang dengan kapasitas mesin jauh dibawah mesin berseher dengan powernya setara.
liat gambar diats, hanya terdapat sedikit bidang sentuhan yng mengakibatkan minimnya gesekan. didalam mesin wankel terdapat seher berbentuk segitiga cembung “bukan seher konfensional” yang berputar sesuai dengan bidang bloknya. sistem kerjanya sendiri tidak oerlulah dijelaskan…. relatif gampang kok, sesuai dengan gambar diatas.
mesin rotari sendiri sangatlah boros, sehingga hanya di aplikasikan pada sport car saja. namun dibalik borosnya itu tersimpan power yang sangat besar,badingkan mazda rx-8 yang kapasitas mesinnya cuma 1500cc, powernya hampir setara dengan sport car bermesin 3000cc. bisa dibilang hampir 2x lipat powernya mesin berseher…
tulisan ini masih sangat-sangat kurang…. jadi mohon permaklumannya…
Kayaknya 1300 cc (waktu magang di mazda)
uuiiih… saya harus belajar nih ama orang mazda….
bner masbro….
Untuk R2 blum ada ya bro…?
setau saya blom bro…
padahal mesinnya kecil banget
motor dengan mesin rotari ada, saya pernah membaca di internet, tapi lupa linknya 😦
Lebih boros mana ya sm 2tak?
🙂
@donal
Hampir sama dengan 2tak masbro..
Nah secara singkatnya: dalam 2tak kan dalam 1kali 360 terjadi 2 pembakaran,diawal dan terakhir 360drjat…
Pada rotari, terjadi 3 kali pembakaran skaligus…
RX-8…
Mobil sport jepang yang pajaknya paling murah… 😀
koreksi mas bro,RX-7 yg pke mesin rotary.
klo RX-8 udah pke mesin piston mas bro.coba deh search di mbah google
sory mas brow,mas bro bner.
ternyata RX-8 juga pke mesin rotary….1.3 L
@Evilnine
Harganya aja 500jtaan,..
Bandingkan ma mitsubishi evo.. Milyar lebih..
buat juragn warung: Bukan orang mazda kok..
Kelemahannya adalah bila seal piston udah kena….. Siap2 ganti engine assy’..
@aris otong
Byarpun bkan orang mazda,yang pentingkan pernah bergelut ma ni mesin..
He he.. 🙂
buat juragn warung: Bukan orang mazda kok..
Kelemahannya adalah bila seal piston udah kena….. Siap2 ganti engine assy'(g bisa overhaoul,rawan gagal)..kalau kita buka cover depan…wah panjang blok engine kurang lebih sejengkal aja,terus biasanya kn clutch(fliwheel housing)& transmisi nempel di engine..ini malah engine yang nempel di fliwheel housing…
suwun infonya bos.
Jadi tambah pengetahuan nich!
@juragan
padahal evo pas pertamakali kluar harganya cuman 800an juta… skarang bs milyaran…
Oya… skalian bahas mesin evo yg 4 cyl inline yg bisa nyaingin mesin v config dg cc tinggi om… 😀
@evilnine
Oc masbro..
Mesin kurang durable yang aplikasinya terbatas pada kendaraan tertentu saja.irit rantai keteng,klep,cams,per klep,stang seher dll ya mas
ya jlas irit komponen itulah… orang komponen itu nggak ada… he he… 🙂
motornya norton ada yang pake..
Dicek atu2 aj di wikiped..hehe
makasi atas infonya masbro…
Memang kurang durable..Bukan hanya terbatas pada kendaraan tertentu,karena rotary engine sudah dipatenkan oleh mazda…ya perkembangan teknologinya berada pada kemauan pihak mazda.
correct mas Bli, yang segitiga itu sebenarnya pengganti seher, cuma karena gerakannya bukan translasi/ naik-turun, makanya tak bisa disebut torak/ seher, yo wes intine tetep dialah (triangle piston) pengganti seher, efisiensinya dasyat, sayang part dan perawatan mahal
nitip anget bro: eh Bli 😀
sepeda motor ada yg bermesin rotary NSU. gw lp tipenya.monggo dicek di wikipedia
Mesin yang perawatannya susah, tetangga saya dulu pernah pake mobil mazda, cuma lupa tipenya, yang jelas mesinnya juga rotary, pas ada masalah di mesinnya dia berniat servis ke bengkel, tapi karena beresnya cukup jauh dia coba servis di bengkel terdekat..n ternyata ga da yang bisa nyervis tu mesin, fiuhh…
ya emang gitu mesin rotari mas… jarang bengkel yang bisa service… so harus kedeler resmi/spesialis rotari
suzuki juga punya motor rotary engine
suzuki RE5 (bukan resident evil yak :D)
[…] bulan yang telah berlalu atau yang pastinya tahun lalu saja deh di bulan november 2010 SLR pernah posting tulisan cara kerja dari mesin rotari atau yang juga disebut dengan mesin wankel namun itu hanya […]
Salah tu bro yg bner mazda RX 7,mazda RX 8 pake mesin berpiston 4 silinder biasa.Coba gogling bro.
bukan lah bro…. RX8 dan RX7 satu basis… alias mesinnya mirip, keduanya sama2 rotai.