super kips pada kawasaki

two stroke exhaus valve merupakan tenologi  katup pada lubang buang/exhaust yang diterapkan pada motor 2tak untuk meraih power  dari putaran bawah sampai putaran atas. selain itu untuk meraih evisiensi dari motor 2 tak yang terkenal boros. pada mesin 2 tak hanya terdapat sedikit bagia dari mesi yang bergerak, hanya seher,stang seher beserta as-kruk, sehingga power yang dihasilkan sungguh luar biasa. dalam sekali gerakan piston bergerak dari TMA ke TMB terjadi sekali ledakan, bandingkan dengan mesin 4  tak, selain banyak part yang bergerak di 4 tak seher harus 2 x naik turun untuk mendapatkan 1 ledakkan.

YPVSnya yamaha

tapi dibalik kehebatan mesin dua tak,terdapt kekurangannya pada borosnya konsumsi bahan bakar, nah.. untuk mengurangi keborosan itu terciptalah teknologi dari exhaust valve ini….

semua pabrikan 2 tak udah punya masing-masing teknologi seperti ini, dan fungsiya sama, pembeda cuma pada  sistemnya. suzuki terkenal akan AETCnya yang ditransper ke aprilia sekarang, yamaha dengan   YPVS, honda dengan RC-VALVE, dan terakhir yang paling terkenal di drage biketak lain tak bukan  kawasaki dengan super KIPSnya….

sistem kerjanya ialah dengan menutup sebagian dari lubang exhasut pada saat putaran rendah dan membukanya pada putaran menengah sampai atas. coba dengar suara knalpot nsr dan ninja rr pada putaran rendahnya….. nyaring banget… lebih kecil dari suzuki sartia maupun RX-king.. nah begitu panteng gas…. bbbuuuueeeet… suaranya menggelegar….

honda rc-valve

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

17 responses »

  1. ridertua mengatakan:

    pertama yah bro……

  2. dumsky mengatakan:

    mantep bro pembahasannya
    gw masih penasaran ama teknologi ini
    walau prinsipnya sama tapi cara kerjanya beda2 kayak teknologi katup variabel elektronik di mobil
    apalagi kawasaki kips beda dari yg lain cara kerjanya karena ada sub port tempat exhaust valvenya

    yg gw bingung ampe skrg cara kerja honda ATAC ama V-TACS yg beda cara kerjanya dgn RC valve

  3. j4na mengatakan:

    @dumsky
    Pembahasan saya ini memang blom blak2an semua,sebatas pengenalan teknologi…
    Teknologi modern pada motor yang dipunahkan jaman,bahkan teknologinya jarang diaplikasikan di motor2 indonesia…
    Makasi mas…

  4. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    pencerahan… disimak meski lama mudengnya..

  5. j4na mengatakan:

    Memang lama untuk dimengerti..
    Tapi cara kerjanya cukup simple,contohnya paling gampang pada YPVS, katup silinder yang compang membentuk setengah bundaran. saat tertutup,katup akan menutup lewat bagian katup yang tidak ada companganya.. Pada saat putaran atas katup ini akan memutar kearak companganya membuka…
    Liat lebih teliti gambar YPVS diatas!!!

  6. glewehwonogiri mengatakan:

    foto paling atas apa bukan rc valve nya nsr?

  7. j4na mengatakan:

    @glewehwonogiri
    Bukan masbro…
    Itu punyanya ninja,super-KIPS
    Cara kerjanya pun beda!!

  8. Maskur® mengatakan:

    teknologicanggih pada barang yang simpel

  9. j4na mengatakan:

    Mengapa power pada nsr,tzm,ninja bisa beda2,padahal sama2 memakai exhaust valve??
    Jawabanya ada pada timing bukaan exhaust valve’nya….
    Terlalu cepat bukaan exhaust valve’nya mengakibatkan ngook pada putaran menengah,begitu jga terlalu lambat membuka, putaran mesin akan tertahan,..
    Exhaust valve berpengaruh besar pada peak power putaran menengah…

  10. 2strokers mengatakan:

    Bisakah teknologi AETC di terapkan di suzuki Satria 120 ?
    Motor type apa yg sudah dan masih menggunakan AETC ?

  11. j4na mengatakan:

    @2strokers
    Ga bisa masbro…
    Kecuali ganti mesin sekalian ma RG125!!
    Lain cerita kalo ninja lama dipasangi superKips, bisa…
    Kan satu bangun rancangan mesinnya..

  12. Hourex mengatakan:

    @Bos j4na
    Bro bisa ga superkips di maju/ mundur kan buka /nutupnya Thankz..

  13. j4na mengatakan:

    @hourex
    Slama ini yang saya baca2 dari berbagai sumber bacaan,superKips tidak bisa diseting maju mundurnya,kecuali pada sistem yang menggunakan servo untuk menggerakkan valve’nya.(rc-valve,ypvs…)

  14. yanuarto mengatakan:

    Terus prinsip kerja pada masing2 tekhnologi (Super Kips, RC Valve, dll) bagaimana ??

  15. j4na mengatakan:

    @yanuarto
    Pada superkips katup digerakan oleh sistem mekanis, sedangkan pda RC-valve dll secara elektronis yang memanfaatkan servo, gerakan memutar dari servo disalurkan melalui 2 kawat sling ke Rc-valve pada blok mesin!!

  16. Aris otong mengatakan:

    Yah…informasi yang malah bikin penasaran

  17. kampretz mengatakan:

    Bahas RC valve donk mzbro. Keknya yg paling bagus power nya n bisa di utak atik pake teknologi elektronik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s