byson beradiator.... bisa

bro-bro tentu blom ada yang mengubah mesin byson yang dari sononya air cooling menjadi liquid cool… minat ga..?? bisa kok….!!! saya akan berikan ilustrasi dan arahan untuk mengubahnya… crancase byson-vixion-Mx hampir-hampir sama bentuknya dan tentu mempermudah langkah ini. mulai dari pemasangan blok sampai dengan head bisa pake miliknya vixion/MX.

kapasitas mesin yang dicapaipun bisa beragaam, dari yang 150-170cc, cari yang paling besar aja 170cc paya larinya makin mantap, yang perlu disiapkan sbb:

punyanya mx udah 4 klep dan LC

memakai radiator

  • head MX/vixion komplit beserta isinya klep,noken-as,dan water pump. di kaskus harganya rp.500 ribuan, pinter-pinternya nawar deh…
  • blok  beserta seher dan ringnya pake paket TDR 170cc, harganya sekitar rp.575ribuan.
  • radiator bisa pake punyanya vixion/MX, harga sekitar rp.485 ribuan.
  • selang-selang radiator

pemasangannya tidaklah begitu sulit,tergantung kepintaran dari mekanik, terjadi sedikit dudukandari head dan dudukan radiator…. mekanik pasti bisa nglakuin ini.

maaf ini hanya ilustrasi untuk yang seneng akan oprekan byson. harga part-partnya mungkin tidak akan sesuai dengan apa yang saya tulis diatas.

untuk peningkatan powernya(170cc) serasa banget, mulai dari putaran bawah sampai atas ngisi terus. tinggal penyesuaian pada karbunya.

catatan: saya pernah menerapkan TDR170cc pada MX,hampir mirip dengan pengerjaan byson.

tulisan ini banyak kekurangan mohon kritiknya….. trimakasih

suber gambar: koranbaru.com

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

45 responses »

  1. Ancok™ mengatakan:

    wkwkwk ngalamat megipret bakal keok …ea gk mungkin jg fbh komen di sini aka mati kutu …

  2. Idog mengatakan:

    @Ancok: wah begini nih ane ga seneng ama FBY macam Ancok. (ga semua ya..)
    belom2 udah maen bakar. santai aja mzBro.

    sejauh ini Byson baru menang “TAMPANG”. jgn overbangga gitu ah….

    kalo NMP Spek Mesin udah terbukti. Tinggal kasih tepung Dikit….
    jiha.. cuma mslah Tampilan.

    Piss dnk ah..

    amit mz Jana, numpang nyampah dikit..
    tapi TRITnya Keren. Kasih bintang tujuh dah ah…

  3. j4na mengatakan:

    sabar-sabar masbro…..

  4. giant mengatakan:

    setelah ditotal2 biayanya hmpir 2jt, harga byson 19,9jt + 2 jt = 21,9jt, weleh2 malah luwih larang drpd vixion, yo mending tuku vixion pisan to

  5. snalpot99 mengatakan:

    kok murah2 ya mas bro, swap enjin cs1 ke cbr nanya2 msh lumayan mahal’e

  6. theoxcool mengatakan:

    berarti byson dengan head vixion bisa donk?

  7. Hourex mengatakan:

    Walah, ga bs komen..
    Ga punya byson sih..

    Pokoe te o pe Be ge te
    aka mendidik sangat

    PISS..

  8. Momod mengatakan:

    Wah ntar area mesin jadi kopong dunk…

  9. GusPur mengatakan:

    Wah aku uga mau komen opo ki…. bingung je
    Tapi sig jelas ide yang bagus perlu di share nich……!

  10. sampah mengatakan:

    NMP bisa bersaing, make blok sama head satria fu yang udah DOHC, bore-up pake piston 62mm biar aman.. jadi deh DOHC 4valve.. ada yang udah mengaplikasikan, bahkan udah dijual, entah buat harian ato drag.. 4valves liquid cooled sih masih bisa tersaingi gw rasa..

    itu swap engine apa langsung plek aja apa membutuhkeun bbrapa peyesuaian ?
    sirkulasi air ada yang melewati cranckase ga sih ? kalo misalkan ada berarti mesti oprek2 cranckase lagi dong ?

  11. Aris otong mengatakan:

    Nunggu yang 6 speed plug n play..bisa g?

  12. j4na mengatakan:

    @sampah
    Tinggal plek aja mas tanfa ubahan,lebih mudah dari pasang set FU,sirkulasi air sama dgn mx!!!

  13. j4na mengatakan:

    @aris otong!!
    Bisa beli ja kpunyaan R15…!!

  14. bintang mengatakan:

    kapan2 bahas fxr dong pingin tahu ulasan versi bli jana
    sory kalo ngrepotin

  15. j4na mengatakan:

    @bintang
    Ok mas…nunggu waktu tepan, n ngumpulin data dlu!!

  16. novriexx mengatakan:

    bos vixi kan injeksi byson kan karbu klo pake pake head n blok vixi gimn ngerubah ny beri pencerahaan dunk biasa w mekanik daerah tak tau apa2

  17. j4na mengatakan:

    @novriexx
    Ga ada ubahan kok!!!
    Yang membedakan injeksi dengan karbu kan cma dari sistem kelistrikan n spul-magnetnya aja,…
    Di bloknya paling cma penyesuaian pada sesor temperaturenya aja(menghidupkan kipas)

  18. tonosaur mengatakan:

    klo engin swap supaya ngga perlu pake catalik konverter tapi angi keluarannya bagus gimana ya..??

    kekekek

  19. azizyhoree mengatakan:

    mantap…… btw head mx + head macam mx inilah yg kelak akan saya paksa swap ke karisma ane, ( sirkulasi +pump) berada di head, crank case jadinya ga perlu di utak-atik😀

    nitip review jupe mx MAS BLI JANA :
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/10/test-ride-new-jupiter-mx-at-kenjeran-park-circuit-surabaya/

  20. j4na mengatakan:

    @azizyhoree..
    Di karisma cma dkit ubahan!! Kan pompa udah di head..
    Oce masbro azizy!!

  21. Aris otong mengatakan:

    6speednya r15 emang bisa di byson? Masalahnya kalau 170 cc,tp 5 speed g sesignifikan 170 6 speed.hehehehe

  22. aris otong mengatakan:

    ok bro,nice info.jadi pengen byson.hehe

  23. Farid21rr mengatakan:

    iya mas,ga bisa komen,cz ga punya byson,,tapi oprek kali ni bener2 ngebantu,,siiip mas,nice artikel..

  24. kuro22id mengatakan:

    menarik

  25. Monde mengatakan:

    Nyambangin rumahnya mas jana nih buat masangin hehehe

    • j4na mengatakan:

      rumah saya jauh mas…. lagian saya kalo upgrade sswatu tu saya minta bantuan keseseorang…. contohnya ditulisan sebelumnya “jupiter mx170cc” dari pertama obsesi saya upgrade mx jadi superpower berkat bantuan teman yang ngerjain…
      kalo saya ngerjain takut ga selesai, jarang dapet waktu luang….maklum pengangguran sibuk he he he….
      makasi banyak mas 4 u’r comen…

  26. Jack Ivan mengatakan:

    dulu ane mikir andai byson pake head vixion, pasti ane milih byson, ternyata bisa ya… mksh bgt infox gan…

  27. F4zR mengatakan:

    proyek jangka panjang nih bwt byon ane, sambil nunggu yang udah berhasil masang aja deh.,.,.

  28. toni astro mengatakan:

    udah ada yg berhasil pasang ga?

  29. ENJINBLOK mengatakan:

    MAS BRO JANA,…. saya mau tanya bisa gak mas bro carikan swap engine vixxie atao byson ke 250 cc single / atau dibuat twin silinder jg boleh.
    saya cr blok ninin 250 susah BGT, cr blok YZF 250 gak ada..(kalo ada yg 5 valve)
    ok di tunggu kabarnya nih…
    thanx Bro…

    • j4na mengatakan:

      kalau di swap 2 silinder sulit mas, dari segi rangka kagak ngijinin…. nyari engine bekas 2 silinder macam ninja 250 memang mati sulitnya, kecuali punyanya CB200,…
      baikan pake yang silinder tunggal tapi 250cc,.. bisa pake punyanya Special engine….
      sebenarnya Swap engine utuh ga direkomendasikan dikarenakan surat2nya, lebih baik pake aja head dari motor tertentu, yang paling ngetren sekarang itu pake head blok satria FU pake seher scorpio, CCnya pun bengkak disesuaikan dengan strokenya….

  30. bapake byson mengatakan:

    wahh.. klo dah ada yg brhasil masang kasi liat dong.. xOxOxO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s