bro-bro tentu blom ada yang mengubah mesin byson yang dari sononya air cooling menjadi liquid cool… minat ga..?? bisa kok….!!! saya akan berikan ilustrasi dan arahan untuk mengubahnya… crancase byson-vixion-Mx hampir-hampir sama bentuknya dan tentu mempermudah langkah ini. mulai dari pemasangan blok sampai dengan head bisa pake miliknya vixion/MX.
kapasitas mesin yang dicapaipun bisa beragaam, dari yang 150-170cc, cari yang paling besar aja 170cc paya larinya makin mantap, yang perlu disiapkan sbb:
- head MX/vixion komplit beserta isinya klep,noken-as,dan water pump. di kaskus harganya rp.500 ribuan, pinter-pinternya nawar deh…
- blok beserta seher dan ringnya pake paket TDR 170cc, harganya sekitar rp.575ribuan.
- radiator bisa pake punyanya vixion/MX, harga sekitar rp.485 ribuan.
- selang-selang radiator
pemasangannya tidaklah begitu sulit,tergantung kepintaran dari mekanik, terjadi sedikit dudukandari head dan dudukan radiator…. mekanik pasti bisa nglakuin ini.
maaf ini hanya ilustrasi untuk yang seneng akan oprekan byson. harga part-partnya mungkin tidak akan sesuai dengan apa yang saya tulis diatas.
untuk peningkatan powernya(170cc) serasa banget, mulai dari putaran bawah sampai atas ngisi terus. tinggal penyesuaian pada karbunya.
catatan: saya pernah menerapkan TDR170cc pada MX,hampir mirip dengan pengerjaan byson.
tulisan ini banyak kekurangan mohon kritiknya….. trimakasih
suber gambar: koranbaru.com
wkwkwk ngalamat megipret bakal keok …ea gk mungkin jg fbh komen di sini aka mati kutu …
@Ancok: wah begini nih ane ga seneng ama FBY macam Ancok. (ga semua ya..)
belom2 udah maen bakar. santai aja mzBro.
sejauh ini Byson baru menang “TAMPANG”. jgn overbangga gitu ah….
kalo NMP Spek Mesin udah terbukti. Tinggal kasih tepung Dikit….
jiha.. cuma mslah Tampilan.
Piss dnk ah..
amit mz Jana, numpang nyampah dikit..
tapi TRITnya Keren. Kasih bintang tujuh dah ah…
sabar-sabar masbro…..
he… he..
Emang hrs gini Mz j4na….
ga panas ga Rame…
yg penting tetep senyum supaya ga emosi betulan… (ya gak..??)
betul-betul-betul….. 🙂
setelah ditotal2 biayanya hmpir 2jt, harga byson 19,9jt + 2 jt = 21,9jt, weleh2 malah luwih larang drpd vixion, yo mending tuku vixion pisan to
kalo hoby ngabisin duit ga pa2…. 🙂 hoby….
21,9jt dikurangin dong Bro sama harga jual blok head byson 😀
kok murah2 ya mas bro, swap enjin cs1 ke cbr nanya2 msh lumayan mahal’e
kalo cs1 ke cbr…mahal 10 jeti abis….
berarti byson dengan head vixion bisa donk?
oooh bisa banget mas…..
Walah, ga bs komen..
Ga punya byson sih..
Pokoe te o pe Be ge te
aka mendidik sangat
PISS..
ga pa2 yang penting taw perkembangannya….
saya ja ga punya motor2 kyak bro semua, tapi kepengin taw segala kekurangan dan kelebihannya
Wah ntar area mesin jadi kopong dunk…
tapi kan kliatan beda mas…. lain dengan yang lain…..
Wah aku uga mau komen opo ki…. bingung je
Tapi sig jelas ide yang bagus perlu di share nich……!
yoi mas….
NMP bisa bersaing, make blok sama head satria fu yang udah DOHC, bore-up pake piston 62mm biar aman.. jadi deh DOHC 4valve.. ada yang udah mengaplikasikan, bahkan udah dijual, entah buat harian ato drag.. 4valves liquid cooled sih masih bisa tersaingi gw rasa..
itu swap engine apa langsung plek aja apa membutuhkeun bbrapa peyesuaian ?
sirkulasi air ada yang melewati cranckase ga sih ? kalo misalkan ada berarti mesti oprek2 cranckase lagi dong ?
Nunggu yang 6 speed plug n play..bisa g?
@sampah
Tinggal plek aja mas tanfa ubahan,lebih mudah dari pasang set FU,sirkulasi air sama dgn mx!!!
@aris otong!!
Bisa beli ja kpunyaan R15…!!
kapan2 bahas fxr dong pingin tahu ulasan versi bli jana
sory kalo ngrepotin
@bintang
Ok mas…nunggu waktu tepan, n ngumpulin data dlu!!
bos vixi kan injeksi byson kan karbu klo pake pake head n blok vixi gimn ngerubah ny beri pencerahaan dunk biasa w mekanik daerah tak tau apa2
@novriexx
Ga ada ubahan kok!!!
Yang membedakan injeksi dengan karbu kan cma dari sistem kelistrikan n spul-magnetnya aja,…
Di bloknya paling cma penyesuaian pada sesor temperaturenya aja(menghidupkan kipas)
klo engin swap supaya ngga perlu pake catalik konverter tapi angi keluarannya bagus gimana ya..??
kekekek
kan katalitickonverternya di knalpot mas… ya bisa ganti ja knalpotnya dengan racing punya….
mantap…… btw head mx + head macam mx inilah yg kelak akan saya paksa swap ke karisma ane, ( sirkulasi +pump) berada di head, crank case jadinya ga perlu di utak-atik 😀
nitip review jupe mx MAS BLI JANA :
http://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/10/test-ride-new-jupiter-mx-at-kenjeran-park-circuit-surabaya/
@azizyhoree..
Di karisma cma dkit ubahan!! Kan pompa udah di head..
Oce masbro azizy!!
6speednya r15 emang bisa di byson? Masalahnya kalau 170 cc,tp 5 speed g sesignifikan 170 6 speed.hehehehe
bisa mas… crancase byson sama vixion n r15 sama. 5speed cukup bro… buktinya mx saya aja cukup kok, topspeednya di GPS 145kph… di gps lo….
ok bro,nice info.jadi pengen byson.hehe
makasi….
iya mas,ga bisa komen,cz ga punya byson,,tapi oprek kali ni bener2 ngebantu,,siiip mas,nice artikel..
yang pentingkan jadi taw…. 🙂
menarik
Nyambangin rumahnya mas jana nih buat masangin hehehe
rumah saya jauh mas…. lagian saya kalo upgrade sswatu tu saya minta bantuan keseseorang…. contohnya ditulisan sebelumnya “jupiter mx170cc” dari pertama obsesi saya upgrade mx jadi superpower berkat bantuan teman yang ngerjain…
kalo saya ngerjain takut ga selesai, jarang dapet waktu luang….maklum pengangguran sibuk he he he….
makasi banyak mas 4 u’r comen…
dulu ane mikir andai byson pake head vixion, pasti ane milih byson, ternyata bisa ya… mksh bgt infox gan…
proyek jangka panjang nih bwt byon ane, sambil nunggu yang udah berhasil masang aja deh.,.,.
udah ada yg berhasil pasang ga?
MAS BRO JANA,…. saya mau tanya bisa gak mas bro carikan swap engine vixxie atao byson ke 250 cc single / atau dibuat twin silinder jg boleh.
saya cr blok ninin 250 susah BGT, cr blok YZF 250 gak ada..(kalo ada yg 5 valve)
ok di tunggu kabarnya nih…
thanx Bro…
kalau di swap 2 silinder sulit mas, dari segi rangka kagak ngijinin…. nyari engine bekas 2 silinder macam ninja 250 memang mati sulitnya, kecuali punyanya CB200,…
baikan pake yang silinder tunggal tapi 250cc,.. bisa pake punyanya Special engine….
sebenarnya Swap engine utuh ga direkomendasikan dikarenakan surat2nya, lebih baik pake aja head dari motor tertentu, yang paling ngetren sekarang itu pake head blok satria FU pake seher scorpio, CCnya pun bengkak disesuaikan dengan strokenya….
wahh.. klo dah ada yg brhasil masang kasi liat dong.. xOxOxO