walaupun 2 tak udah jarang berseliweran di jalan tidak salahnya saya bahas keuntungan dari pemakaian dari kedua jenis oli ini. coba bro-bro lagi naik motor dijalan, trus ada motor 2tak gi ngebul didepan….. panas ga hati ini diasepin… udah gitu bauuuuxx…. nah itu ruginya kalo ga pake low/less smoke oil… bikin hati ini panas….
saya sarankan bro-bro “two stroke biker” untuk memakai oli samping dengan spek JASO(japan automotive standard organization) FB atau FC. yaitu unggul dari kualitas yang tidak ngebul alias lowsmoke atau yang lebih sipnya smokeless…. dari segi harga, ya memang relatif lebih mahal dari yang ngbuuulll. tapi hasilnyakan ga ada lagi caci maki dari pengendara lain…
sebenarnya generasi paling awal adalah yang JASO FA, tapi tidak dikeluarkan lagi, hanya untuk motor-motor tua tempoe doeloee. standar terendah yang dipakai sekarang adalah JASO FB,yang speknya menengah dan asapnya udah agak lebih sedikit. oli tipe FB ini mulai diperkenalkan pada tahun 90’an, yang terbuat dari mineral dan kebanyakan motor sekarang memakai jenis ini.
nah yang paling bagus adalah yang jenis JASO FC, yang terbuat dari bahan semi-sintetis yang asapnya sangat tipis bahkan hampir dibilang ga ada. dari tadi kok jaso-jaso mlulu ya.. nah untung yang sebenarnya terlihat jika bongkar jeroan mesinnya, dari busi,kepala seher,rung-bakar, sampai knalpot nggak bakal cepet ditempelin kerak, sooo mesinnya jadi sehat… ya seperti pemiliknya… sehat…
nah pada akhirnya kitalah yang untung, kantong tetep tebel…otak ga perlu strees mikirin si two stroke.. kan ga perlu sering-sering bongkar mesin.
Absen Pakai Shell Super biar gak Nyemox
Pake ninja Premium jg masih ok.. Ya ga Bos..
@hourex
Bisa kok mas,.. Tapi alangkah bagusnya pake pertmaxx lah..
@Bro j4na
smpe skg saya masih setia dgn KGO 2T (standar dealer), kos di t4 saya ga banyak pilihan bwt oli 2tnya Belih.. yg ad dipasaran castrol ama yamalup 2t (masa kawasaki pake yamalup)
kira2 kek mana tu Belih, aman ga mesinya dari kerak..?
Oia, stelan pompa olinya saya borosin dikit dari std_nya kos sering jalan 190an km nonstop Bro..
Minta pencerahanya dung Belih..
Thankz bifo..
ga pa2 kok bro… asalkan jangan keseringan ngendarai motor dengan rpm rendah… pernah denganr italian tune-up ga?? yaitu dengan cara menggeber mesin sampai teriak… tujuannya untuk merontokkan kerak pada mesin.. tapi jangan keseringan n kelamaan… ntar
mesin kelewat panas….
kan olinya udah standar kawasaki… jadi bisa…
Bisa apa belih..?
Oia, saya sering kok bw mpe @rpm > 10rban.. palagi pas jln jauh, ninja saya malah lebih rendah tempraturnya klo bwa ngebut lama.. en justru lebih panas saat dbwa santai..
Maunya jg ganti Motul 2t yg Rp 80rb tp stengah mati jd takut ga bisa istikomah nanti Belih..
he he… bikin pnasaran ya…. ya bisa dipakelah mas..
apalagi ninja pake radiator… dibawa lowspeed kegerahan,ga ada tiupan angin…
ya pilih aja oli dengan kualitas jaso fb yang ada tulisan lowsmoke/smokeless.
saya rasa pelumasan pada kawasaki udah bagus kok, lain pada yamaha f1zr, cuma disuntik 1 buah pengeluaran oli, yaitu pada manifold karbu.
jadi tenang aja bro…
evalube n castrol kan udah ada yang jasoFC mas… kan lebih murahan
KGO 2T jg udah jaso FC semi_synthetic en excellent smokeless performance Bro..
Kira2 masi bakalan berKERAK jg ga Kek di gambar tu Bos..
bro dumsky udah mnjawab bro…
mending jangan pke yg jaso fb,masih ngebul tuh
minimal jaso fc ato fd skalian kyk motul 510 😀
@hourex:di tempat ente gak ada pertamina enviro bro?
enviro lumayan bagus loh,speknya udah tinggi
dan sangat worthed dgn harga cuman 27 ribu/800ml
cuman baunya gak seharum olsam lain
nah bro dumsky udah menjawab…
@Bro j4na
thankz.. Abis..
@Bro dumsky
ada keknya Bro.. klo Motul ato Repsol en selevelnya (race only) tu yg 1/2 mati nyari ga ketemu..
Keknya smentara pke KGO 2T ini dulu Bro, kos mpe skg lum ada masalah en superKips ninja saya blm pernah macet skalipun jg suara mesin masi sama kek barunya dulu walo abis jln jauh n rpm sering diatas @10.000an dlm waktu yg lumayan lama..
rencana nunggu serpis buka head silindernya dulu, klo emang berkerak baru ganti tu oli Bos
PISS..