tampang keren kok lari....??

pernah ga bro bertanya-tanya seperti judul diatas??  sampai-sampai di salah satu WPsite mengulas yamaha byson pantas dinamai byson”badan kekar,lari lambat”.. maaf bukan saya loh yang bilang gtu…. saya hanya memetik kata itu. ya aneh aja rasanya, masak kapasitas mesin sama, eh larinya beda…..

dengan berbagai pitur unggulan

mari kita cari permasalahannya dan ngilangin rasa penasaran kita. let’s take action..

petama, kita selidiki spesifikasi mesinnya. kita selidiki dan bandingkan bore x stroke kedua motor ini, HNMP dengan B x S 57.3 x 57.8 mm pada byson 58.0 × 57.9mm, dari sini kita dapat taw karakter dari kedua motor ini. HNMP dengan perbandingan yang bisa dibilang sama/square memberikan power yang rata dari  putaran bawah-menengah sampai atas, sedangkan pada byson diameter seher agak besar sedikit tapi tidak terlampau jauh bisa dibilang square juga, hanya sedikit pengaru pada putaran bawahnya yang agak sedikit lebih rendah dari HNMP. permaalahan pada byson mungkin mempengaruhi tapi hanya sedikit.

kedua, pada karburatornya. kedua produk ini sama-sama memakai karburator jenis vacum, jadi berimbang tidak ada memberikan efek signifikan dalam power.  tapi … ada tapinya lo… pada HNMP terdapat trotle position sensor dengan  10 tingakat setingan kurva pengapian yang dipengaruhi oleh bukaan gas/trotle. jadi TPS akan memberikan input sebanyak 10 pariasi  kurva pengapian  dalam putaran selongsong gas.  nah mungkin inilah yang berpengaruh besar pada responsifnya HNMP.

ketiga, pemakaian roller rocker-arm.  kedua jenis motor ini jga sama-sama memakai teknologi ini, jadi berimbang.

knalpot catik namun melimit power

keempat, kanlpot. di byson terdapat semacam katalitik dibawah mesinnya yang mengurangi emisi udara, dengan penambahan piranti ini memang memberikan emisi yang minim, akan tetapi mempengaruhi power yang keluar. gas pembuangan memutar dulu melewati katalitik sebelum menuju  mufler. blom lagi di mufler banyak terdapat sekat-sekat yang menghambat  kluarnya gas buang. pada HNMP bentuk knalpot simple, gas buang secara langsung  kluar, tanfa memutar dulu, dan yang terakir dibuang melewati mufler. jadi power byson juga akan ditahan oleh teknologi ini.

kelima, nah yang terakhir yaitu ada pada berat motor ini, hanya terjadi perbedaan berat cuma 1kg saja, tidaklah berpengaruh pada kersponsifan kedua motor ini. HNMP 136kg dan byson lebih berat 1kg, yaitu 137kg.

kesimpulannya, pemakaian katalitik pada byson sangat berpengaruh besar akan penurunan powernya, akan tetapi dibalik itu kita bisa menjaga dunia ini dari isu global warming. pada HNMP dengan teknologi sensor trotlenya bisa meningkatkan kersposnsifannya.

otomotif

daleman HNMP

hayo pilih mana, yang responsif apa pilih yang keren dengan teknologi penjaga emisinya???

silahkan dishare pendapatnya…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

45 responses »

  1. Hourex mengatakan:

    Pilih kenceng tp ramah lingkungan Bos..
    PISS..

  2. Red Bikerz mengatakan:

    oohhh Byson.. tampangnya sayangnya keren bgt😦

  3. NanaRed. mengatakan:

    snalpot HNMP juga pke CC gan,cuman bentuknya lebih simpel,pernah liat belahan nmp di jms 2010

  4. paijo mengatakan:

    pilh fu 150 aja deh

  5. dowey mengatakan:

    oh byson dengan ban gede plus shock depan gede ternyata cuman beda bobot dikit ya sama nmp…😀 coba kalo nmp pake ban gede n shock gede jadi berapa beratnya…😀

  6. j4na mengatakan:

    @nanared
    Di new megapro kan bentuk knalpotnya lurus2 aja, kayak jupe mx,walopun pake ga sampe menahan gas buang secara segnipikan!!
    Makasi

  7. terseyum mengatakan:

    pilih yang responsif

  8. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Pilih D tracker kalo ada dana…

  9. Momod mengatakan:

    Slaen itu, ukuran ban n peleg juga berpengaruh bos. Coba NMP pake peleg n ban segedhe byson ntar juga konsumsi bensin n larinya juga ga bkalan kayak skarang malahan munkin juga selemot byson

  10. moonraker mengatakan:

    pan honda membuat motor yg nyaman dikendarai.

  11. j4na mengatakan:

    @momod
    Bner mas… Dibalik tampilan ada kensekuensinya..
    Pelek lebar.. Ya siap larinya ditahan!!!
    Makasi mas!!

  12. Kotak hitam mengatakan:

    Honda nelorkan motor slalu menjaga keseimbangan. Responsif tp nyaman dkendarai, kencang tp ga boros bbm

  13. Bogelz mengatakan:

    Kenceng mah no 2,yg penting bsa gaya…..
    Byson keren pisan

  14. martini mengatakan:

    catalik converter ato ukuran ban belum tentu jadi penyebab tarikan mesin loyo bos…banyak faktor lain seperti sudut porting, model pembakaran, lift cam ataupun derajat/angel buka-tutup valve… sebab energy yang masuk = energi yang keluar + panas…jika motornya aja ngirit gimana mau kenceng?? mo dikasih katalic converter kalo energy yang dimasukkan gede yah tetep aja kenceng…….

  15. Momod mengatakan:

    Check this out
    iwanbanaran.wordpress.com/2010/11/17/mau-ganti-ban-kelewat-besar-pikirkan-matang-matang-bro/

    iwanbanaran.wordpress.com/2010/12/05/apakah-byson-selemot-itu/

  16. nabra mengatakan:

    pilih yang keren dan menjaga emisi mas.
    khan motornya dibawa aktifitas hari2, bukan buat balapan.
    Tetap jaga keselamatan…🙂

  17. Farid21rr mengatakan:

    ya pilih nmp,,ga berat,bisa lari , n cc nya ga ribet2 amat,, byson kudu 5kg dulu baru keluar emisi bersih,, better NMP than byson lah..

  18. ridertua mengatakan:

    kenapa megapro karena itu motorku bro kikikikikikiki…🙂

  19. theoxcool mengatakan:

    kalo byson ganti karbu NMP bisa gak? trus kalo katalik konverter byson di lepas, ganti knalpot R9 misalnya, apakah mempengaruhi titik berat motor?

    karena secara kasat mata, part kedua motor ini bisa di tukarkan?

    • j4na mengatakan:

      wah… kalo pake karbu megi sih ga bsa fungsi mas tpsnya,kan beda sistem pngapian… enakan ganti pe28 plus CDI racing dong mas…..
      ooh bisa banget… malahan lebih enak…. plooong gtu… recomended deh…

      • theoxcool mengatakan:

        ok thanks ya mas…, btw pernah baca di blog mana (lupa) denger2 blok vixion + oil coolernya bisa dipasang di byson ya..

        thanks mas..

    • j4na mengatakan:

      kan vixion ga isi oilcooler mas…..
      udah saya bahas ditulisan sebelumnya mas,mengenai pemasangan blok+head vixion.

  20. kentadis mengatakan:

    @theoxcool
    vixion ganti pake oil cooler ya?hehehe

    @j4na
    cdi 12 mappingnya NMP juga ngaruh deh kayaknya

  21. j4na mengatakan:

    ya mas…kan saya tulis diatas, TPS memberi input dengan 12maping… makasi mas…

  22. tonosaur mengatakan:

    pengen yang keren dan ngga boros dan sehat lingkungan..
    kekekek

  23. azizyhoree mengatakan:

    betul banget CDI nya memang multy mapping….. meski tetap ber limiter………. namun saya milih si Paijo NCB 150 E serries aja dech😆 xixixixi

  24. touringrider mengatakan:

    pilih KLX saja..hehehe

  25. steven mengatakan:

    kalau masih sayang nyawa,mening pilih byson.kalau mau kenceng beli ducati aja.ngapain beli nmp.katro

  26. steven mengatakan:

    heran,koq byson kayanya di komen yg negatif terus?
    terus terang aja ya.byson sama nmp itu kalo di adu menang byson koq.uda saya buktikan sendiri.
    teori sih bole aja,nmp begini,byson bgitu.tes adu aja.ketinggalan 1 tiang tu nmp.
    kalau ragu boleh di coba

  27. tukang pukkul mengatakan:

    Maaf Numpang Comment, agar masyarakat awam mngerti logika sedikit, saya sbenarnya dari klub mobil bukan dari motor, byson dibanding nmp, dari harga kita boleh tau, masak orang berjualan ga ambil untung, truss terserah apa pendapat orang, saya setuju dengan yang bang steven katakan, di adu aja di jalanan . . . trims…

  28. masda club mengatakan:

    Ngoment dikit ya,…..
    kl saya sih orangna suka gaya,jd NMP ma BYSON kl gue sih pilih BYSON,krn klo NMP kayak motorna bapak2 alias ketuaan…..ni klo pendapat gue lho

  29. jeni mengatakan:

    stuju ane ugha plih bison coz kren bnget.. V mzalah konsumsi bbm’y gmana ?
    Ada yg mu bntu jwab..?

  30. Obel mengatakan:

    Namanya juga street fighter…..
    Jangan di lawan dong, cocok dengan market positioning nya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s