magneti marelli... sistem elektronik canggih itali

magneti marelli tidak asing lagi kita dengar, sering dibahas dalam dunia otomotif terutama di motoGp dan F1. magneti marelli merupakan  pabrikan terkemuka di bidang control elektronik pada  mesin-mesin balap modern. di moto gp sendiri dipake pada motornya rossi tahun depan yaitu si monster power ducati dan di F1 hampir semua tem memakainya,

dashboard canggih mobil rali

berikut akan saya jabarkan kisah-kisahnya mulai berdiri sampai sekarang:

kakek buyutnya speedlover ha ha ha🙂

  • Asal-usul,nama awal dari magneti marelli adalah The Fabbrica Italiana Magneti Marelli (Fimm) yang  didirikan pada 8 Oktober 1919, dengan modal pertamanya 7juta lira tikeluarkan oleh Ercole Marelli & Co.pabrikam ini dibuat untuk memenuhi permintaan magnet oleh perusahaankendaraan dan  penerbangan. berlokasi di sestro san giovanni italia.
  • tahun 1920an -1930an, produksi peralatan listrik pun dimulai dengan hasil produksi mulai dari busi sampai wifer kaca mobil(1922-1929).Pada tahun 1930, perusahaan memulai produksi massal radio dengan merek dagang RadioMarelli. pada masa ini Enrico Fermimenduduki  posisi Managing Director Magneti Marelli dan laboratorium penelitian. ditahun berikutnya magneti marelli pun memproduksi peralatan pencahayaan untuk kereta api dan baterai untuk kapal selam. tahun 1935 magneti marelli beserta bosch bekerjasama untuk membuat perusahaan  baru yang diberi nama mabo, menkhusukan diri dalam penjualan alat-alat listrik untuk sepeda motor dan mobil.
  • tahun 1940an-1960an.ditahun 1941 FIMM memasok banyak peralatan electric untuk industri penerbangan italia, di tahun-tahun itu pecah perang dunia ke-II yang meluluhlantakan beberapa pabrik dariFIMM, dan pada saat perang dunia telah berakhir, ditahun 1946 FIMM kembali bangkit dengan mencatatkan diri di bursa saham Milan, Genoa, Turin, Roma dan Naples. tahun 1955 mulai mengembangkan televisi untuk kalngan umum hingga bisa mengembangkan perusahaan dalam kurun waktu 20 tahun, mendirikan perusahaan baru di Spanyol, Brazil dan Argentina. diawal tahun 60an perusahaan mendapat krisis, penjualan pun anjlok drastis. dan pada akhirnya ditahun 1967 magneti marelli pun dibeli oleh FIAT, disinilah awal mula Magneti marelli turun balap, ditahun 1969 secara resmi magneti marelli telah diaplikasikan di motor/mobil balap.
  • tahun 1970an-1980an, produksi televisi dan peralatan rumah lainnya secara resmi distop, dipokuskan untuk memproduksi peralatan untuk balap. dalam dekade inilah semua aspek dan struktur di magneti marelli disusun dan dibangun ulang. Pada tahun 1984 kantor pusat dipindahkan dari Sesto San Giovanni ke Cinisello Balsamo.
  • Pada tahun 1990 struktur perusahaan direorganisasi menjadi divisi, berdasarkan lini produk. ditahun-tahun ini ditetapkan berbagai kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terkenal, seperti dengan bosch dalam sistem pencahayaan dan denso dalam sistem AC.
  • tahun 2000an,memulai babak baru dengan tujuan jangka panjang dan menengah dengan pengembangan diarah control elektronik canggih mulai dari Lighting, Sistem Elektronik, Powertrain, Sistem Suspensi, Exhaust Sistem, dan segala service motorsport. hingga sekarang hampir semua motorsport memakainya…

datalogger MagnetiMarellinya ducati

gimana… share pendapatnya….

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

7 responses »

  1. ridertua mengatakan:

    Mantaf pertamax

  2. ridertua mengatakan:

    keduax pisan… canggih dong supplier balap…

  3. asmarantaka mengatakan:

    harganya harga Italia..alias muahall:mrgreen:

  4. Momod mengatakan:

    Pengapian set magneti marelli di pake d smua line produksi ducati n ferrari juga d pakai pada mobil2 f1, motor motogp yzr m1 n ducati gp

  5. j4na mengatakan:

    @momod
    makasi mas atas tambahannya….

  6. dismas not dimas mengatakan:

    magneti-marelli (kalo kualitasnya bagus)

    mangkeli-mreteli… (kalo kualitasnya jelek)😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s