saya dapet info gres nih mas-mas bro…. dari salah satu forum luar negri sono mengenai mesin moto3nya honda. yang jelas bukan memakai speknya honda CBR250r yang baru-baru ini diluncurkan di thailand sono. menurut peraturan/regulasi dari FIM, diameter maksimal diameter silinder moto3 adalah 81mm, jadi tidaklah lebih dari batasan itu atau sama dengan dibawah diameter 81mm, menurut bocoran kecil yang saya dapat diameter seher dari moto3 nya honda 80mm,1mm dibawah regulasi FIM. dibawah ini sedikit spesifikasinya yang saya dapat curi dari forum sono:

masih misteri namun udah mulai bocor

  • tipe mesin                   :     250cc, 1cylinder 4valve
  • bore x stroke             :     80 x 49.7mm
  • bore x stroke ratio  :     1.6
  • komp pressure          :     13.5 bar
  • Rpm max                     :     14.800rpm
  • piston speed               :     24.5m/s
  • peak power                 :     55.7Hp

powernya yang hanya 55.7 sebenarnya bisa dimaksimalkan lagi, seandenya strokenya diubah dan diameter seher diperbolehkan regulasi untuk lebih dari 81mm, maka powernya bisa sampai 70.75Hp….woooow. jadi jika strokenya diubah menjadi 38.9 segitulah powernya…. jadi bisa nyaingin motor 600cc supersport. karena dari itulah regulasi membatasi diameter sehernya hanya 81mm. untuk membatasi dana dan keganasan power 250cc yang bisa sampai 70an hp….

liat bagian mesinnya, terbalik

bentuk mesinnya sendiri tidaklah normal seperti motor kebanyakan, akantetapi posisi knalpotnya dan inletnya dibalik seperti gambar diatas, guna penempatan airbox yang lebih baik dan penyemprnaan bentuk frame….

maaf jika bocorannya dikit, namun bisa menjadi bayangan gimana jika regulasi dibebaskan… maka power honda moto3 akan menggila sampai 70hp. jadi sudah ampir jelas mengenai isu pemakaian mesin CRF ataupun CBR250r.

penggenti gp125

masih banyak kekurangan dengan informasiyang  saya dapat, mohon kritik dan tambahannya.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

29 responses »

  1. kuro22id mengatakan:

    paling tuh mesin jebol.

  2. Gendix mengatakan:

    Suangaare kalo sampe 70n hp..

  3. dosomuko mengatakan:

    motor 250 cc 1 silinder bisa nyemburin 70 Hp?
    DAHSYAT!!

  4. A Seen Bonsai mengatakan:

    namanya jug spek balap

  5. 46 99 mengatakan:

    Kalo 2 silinder kira2 HP nya bisa brapa ya??

  6. gila_motor mengatakan:

    Mantaf nih kalo bisa 60Hp , 125cc 2 tak lewat donk ,,,,jadi penasaran , bisa ngk si pencuri start juara nih……gimana dgn kesiapan pabrikan lain yah ….

  7. azizyhoree mengatakan:

    regulasi masih digodok…… kalo sekilas motor, dan suara engine nya bisa kunjungi ke world.honda.com, > NRS😆

    nitip
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/18/first-impression-test-ride-engine-r1-yamaha-xl-1100/

  8. j4na mengatakan:

    @46 99
    kalo nggak dibatasi regulasi bisa2 mpe 80Hp lbih mas!! Contohnya moto 2..regulasinya ketat bangeet!!!

  9. alie mengatakan:

    keren banget tuh brow …
    lebih keren nya lagi loe yg bawa tuh motor brow ..

    hehehe

  10. j4na mengatakan:

    @alie
    kalo jadi milyader tak beli deh ni motor..he he🙂

  11. asmarantaka mengatakan:

    wewww….soal mesin yg segahar itu apakah rangka dan bobotnya mampu mengimbangi??…itu juga yg perlu dipikirkan oleh Honda:mrgreen:

  12. Dho mengatakan:

    woww.. mantav.
    55 hp utk 250 cc 1 slnder. brarti kalah donk 125 cc yg cm 40-45 hp..
    tp ga mungkin lah ampe 70 hp bro. very very overbore, rpm bwah-tengah lemas banget lah jdinya.

  13. xz mengatakan:

    mesinnya kaya yzf 450,- silindernya terbalik

  14. Purnomo mengatakan:

    sebenarnya cara menghitung horse power dan tosri gmn? adakah yang ingin,memberi tahu cara perhitungannya..

  15. Purnomo mengatakan:

    sebenarnya cara menghitung horse power dan torsi gmn?

    • j4na mengatakan:

      rumusnya sendiri: torsi x rpm pada max torsi /5252
      contoh: sebuah motor dengan torsi 14ft.lb@8500 jadi powernya adalah: 14 x 8500/5252=22.65hp
      rumus diatas merupakan rumus simpelnya…. dan ada rumus menjelimetnya….

  16. Purnomo mengatakan:

    jika menggunakan rumus menjelimit,apa perlu lagi menggunakan dynomometer?manknya rumus menjelimitnyamenghitung hp gmn?

  17. Dho mengatakan:

    Wahh.. Brarti gp125 udh kalah power (45 vs 55 dk), jgn2 cornering & top speed 230 kph klh jg yaah..

  18. Dho'tzm mengatakan:

    KTM and husqvarna kmbali ke 2 tak, yamaha & moto guzzi ngembangin inject 2 tak.. Ntar lg 2 tak akan kmbli brjaya!!

  19. dith mengatakan:

    2 tak tetap t’cepat n jd inspiasi wat sapapun yg mau jd yg
    t’cepat…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s