sistem dohc terkait dengan sistem yang lainnya

banyak orang mendebatkan tentang DOHC,BxSratio dan piston speed, sebenarnya apa sih hungan antara ketiga item penentu karakter mesin ini? banyak orang bilang mesin DOHC bagusnya diputaran atas, stroke pendek Rpmnya tinggi atau semakin pendek stroke piston speed akan turun…!!

perbandingan BxS berpengaruh juga....

kita mulai dari DOHC, kan orang-orang bilang dohc menangnya dirpm atas, sebatas apa sih putaran atas itu, apakah Rpm 12.000 dibilang putaran atas?? apakah sama artinya dengan Rpmnya F1 yang peak powernya di 16.000-18.000?? gimana juga dengan mobil dohc yang peak powernya 5.000rpm?? trus di rpm berapa sih yang namanya putaran atas??

yang dimaksud putaran atas itu adalah disaat-saat rpm mendekati titik limit batas dari putaran mesinnya. contohnya pada satria FU yang peakpowernya di 8.000 rpm keatas dengan limit Rpm di 12.000rpm’a.  Gimana dengan mobil Dohc yang limit rpmnya ada di 7000rpm’an? peak powernya ada di 5.000 rpman, jadi putaran atasnya ada pada 5.000rpm’an. Sooooo jangan mengklaim arti putaran atas itu diatas 8.000rpm keatas,yang menyatakan putaran atas atau putaran bawahnya adalah dari limit dari putaran mesin.

stroke pada F1 sungguh-sungguh pendek

darimana mendapatkan limit putaran mesin?? kembali dari judul diatas, piston-speedlah yang mempengaruhi di rpm berapa putaran mesin harus dibatasi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. rumus piston-speednya ada disini.

piston-speed sendiri dipengaruhi oleh rasio bore x stroke,semakin besar nilai rasionya, maka semakin tinggi juga rpm yang dapat digapai……!! jadi dalam mesin tidaklah ada yang berjalan sendiri-sendiri,semua aspek haruslah saling mendukung untuk mendapat keharmonisan mesin.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

21 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Pertamax juga ada hubungannya… ngacirr gitu

  2. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Kalo tigerku meter RPMnya di tarik kondisi netral bisa lewatin garis-garis RPM, apa itu normal…? terjadi setelah ganti pilot jet dan bobok Knalpot ..

  3. Hourex mengatakan:

    Nais artikel Belih..

    @Mz Tri
    keknya cdinya udah ganti tu, bkn krna jetingnya..
    Pilot jet di ganti karena mengikuti perubahan knalpo Bro.. (IMHO)

  4. touringrider mengatakan:

    oalah.. nice info. pantesan ternyata ada rumusnya tho,karena pernah bertanya : kok motor scorpioku cuma sampai 10.000RPM wes mesin bergetar gak karuan.

  5. supergleweh mengatakan:

    tigerku pernah tak paksa di 10000rpm lebih dikit speed 130kpj.bahaya gak sih?takutnya tiba2 nge jam.soale segitu pantat udah geli banget

    • j4na mengatakan:

      sebenarnya bahaya sih… tapi itu nggak di top gearkan???
      baikan di10.000rpm masukin gigi… !! biasanya yang bikin mesin macet tu digigi sebelom topgear… karena perbandingan giginya overdrive… artinya gigi penggerak lebih besar dibandingkan dengan gigi yang digerakkan… rpm pun jadi aman, ga bakalan mau naik lbih dari9000rpm kecuali udah di tune dan gir belakang/dpan diringanin.

  6. vahn mengatakan:

    Bro, bahas juga mesin triple camshaft ya, penasaran dengan cara kerjanya, hehe..thanks

  7. ridertua mengatakan:

    mantaf nih tukang mesin 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s