masih dalam proses

gimana judul diatas membingungkan ya… atau bro mengira salah ketikan??? he he he 🙂 ya emang gitu, cuma 1 silinder saja yang menghasilkan pembakaran dalam mesin Vnya. waduh…. mesin apalagi ini….aneh….!!!!

setelah melihat diagram ni baru deh ngerti maksud judul diatas!!

ducati V-one merupakan hasil modifikasi dari ducati supersport ds1000 yang tenar dijamannya dan yang sering berseliweran dinegeri kita ini. cara kerjanya sendiri seperti mesin 1 silinder dengan supercharger, seher bagian atas mensuport  udara bertekanan tinggi kedalam silnder bagian depan atau bisa dibilang seher bagian atas merupakan dipungsikan sebagai pemompa/supercharger.jika dibicarakan kok jadi ribet ya…cara yang paling mudah kita lihat  gambar diatas mungkin  bisa menjelaskan bagaimana kerjanya mesin ini.

diagram simpel kok kenyataanya menjelimet ya!!!

mengenai powenya sendiri bisa mencetak 110hp yang dari standarnya hanya 95hp saja, jadi terjadi peningkatan 15hp. jika dipikir-pikir kok kecil ya?? jangan bilang kecil dulu… inikan masih dalam tahap percobaan dari pihak ownernya…

ni basisnya

maaf mas-masbro… tulisannya dikit, tapi saya yakin walaupun dengan sedikit ulasan masbro dapat mengerti cara kerja mesin ini dan bisa menambah pengetahuan tentang mesin, mesin tidak hanya sebatas yang masbro naiki aja tapi banyak parian pengembangannnya.

 

 

 

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

33 responses »

  1. Edyan baru tahu ada V1… cara kejanya mbingungi tp liat diagram rodo mudeng lah..
    pakai Pertamaxxx mesinya tuh

  2. OH Shell super ekstra ding 7850 gitu

  3. gak mungkin pakai premium..

  4. Hourex berkata:

    Habis ama bro triyanto smua podium..

  5. supergleweh berkata:

    maksudnya satu silindernya jadi semacam kompressor ya

  6. takada berkata:

    supercharger mah tiap puteran selalu terisi … ga seperti turbocharger yang kudu sekian RPM …. .. btw itu ada intercoolernya ga?

  7. Aris otong berkata:

    Mantap….tambah ilmu.
    Aftercooler&/intercooler baru diperlukan kalau engine mengaplikasikan turbocharger..kalau supercharger menghasilkan udara berkompressi dgn temperatur yang dalam katagori aman.

  8. Aris otong berkata:

    @takada: supercharger(tipe elektrik) lemah di putaran atas,karena suplay udara bertekenan hampir sama,bahkan cenderung di bawah kevakuman intake karena hisapan piston.

  9. ridertua berkata:

    wuih type apa lagi nih…. plus minusnya bro dari Vtwin… ❓

    • j4na berkata:

      bukan vtwin tapi v-mono mas…. cuma 1 silinder yang menghasilkan power…. yang pasti torsinya muaaanteeep apalagi ditambah supercharger…. tordinya bakalan mledal-ledak

  10. Aris otong berkata:

    Beda dong..
    Turbocharger:blower satu shaft dengan turbin dalam satu housing.dan turbin digerakkan oleh exhaust gas
    Spercahrger:blower penghasil udara bertekanan digerakkan oleh;belt,gear(diesel engine),dan elektrik(gasoline engine)

  11. Aris otong berkata:

    Vw golf: twincharger(supercharger+turbocharger)… Ngejar suplay udara maksimal disemua putaran engine

  12. asmarantaka berkata:

    wah mesinnya rumit euyy..proses bikinnya pasti muahal :mrgreen:

  13. takada berkata:

    oke sip … ternyata udara yang dimampatkan skema supercharger masih dalam kondisi standar, jadi ga perlu intercooler …. ilmu baru ….

    kalau supercharger model pakai tali puli mah lebih manstab dari yang elektrik punya .. CMIIW

  14. Adit berkata:

    Rada bingung,
    tp nice bngt,
    nmbah pngetahuan bru,
    😀

  15. dumsky berkata:

    gw pertama kali ngeliat mesin kyk gini di komik my favorite’s bike

    insinyur mesin gokil bereksperimen kyk diatas di honda dax,dia bikin silinder tambahan disebelah silinder mesin
    tapi setang pistonnya dari kayu
    yg ada bukannya nambah tenaga tapi malah melorot,bahkan kalah lawan sepeda 😀
    ujung2nya setang pistonnya patah akibat dipaksa geber

  16. Aris otong berkata:

    @takada: supercharger dengan penggerak pulley / belt justru lemah di putaran bawah( tipe ini digunakan pada engine diesel jadul)
    Kurang efektif si karena justru membebani engine karena mendapat input dari putaran engine..(terbukti sekarang jarang dipakai)

  17. dumsky berkata:

    kagak,ane penggemar komik jepang

    kebetulan ada komik jepang yg ngulas ttg motor ya ane beli 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s