pada superbike masih memakai kamrat

pernah ga bro bertanya seperti judul diatas….??? pernah ga bro baca regulasi moto3 yang tidak memperbolehkan pemakaian gear timing system??  dan knapa juga motor arian kita ga ada yang pake sisten ini dan hampir semua motor harian memakai  chain timing system??

barisan gir timing honda RC211v

mari kita bahas kehebatan gear timing system dibandingkan chain timing system dan juga knapa dilarang regulasi moto3. pada motor harian yang kita pake sehari-hari yang dipakai adalah chain timing system atau bahasa kerennya rantai kamrat, di sistem kamrat dibutuhkan tensioner yang mengatur kendur tidaknya rantai ini, dengan rantai terjadinya miss timing akan sangat besar, bayangkan jika rantai kendur maka akan berepek pada semakin banyaknya bidang kontak rantai dengan gir kamrat so perputaran noken-as akan terganggu… nah lari motorpun bisa ngedrop beberapa Hp, ngedrop masih beruntung tapi jika klep beradu gimana??? waaow…. hancurlah mesin. nah itu dari segi ruginya, trus knapa dong motor harian bahkan superbike masih memakai timing chain ini, alasannya ada pada segi keekonomisan dalam perawatan dan biaya produksi. jika sampai memakai timing gear berapa tuh harga motor harian…. mahal kan??? Sebagai bayangan, harga mesin semi gear timing system dari pabriak daytona jepang dihargai lebih dari 30jeti liat gambar dibawah:

dohc'nya daytona.... muahal

keunggulan dari gear timing sitem adalah tiadanya miss dalam penansperan putaran mesin ke noken as, bahkan sama sekali tiada kesalahan. selain itu tidak perlunya lagi melakukan penyetelan secara manual maupun otomatis. jadi putaran mesin dan powerpun tetap terjaga tanfa terganggu ketegangan dan keknduran dari rantai. ada positifnya tentu ada negativenya…. nah dari segi buruknya ada di isis kantong, dengan menerapkan teknologi ini maka dana yang dibutuhkan lebih banyak. ya muaaahhaaal sesuailah dengan motoGP.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

20 responses »

  1. GusPur mengatakan:

    Baru tahu aku…….
    Wah jadi tambah pengetahuan nich………………………….

  2. chi mengatakan:

    klo pake sistem ini biaya perawatan bisa ditekan + noise engine dijamin bakal senyappp … cool lah ..

  3. Aris otong mengatakan:

    ada lagi bli… gear: semakin banyak bidang contack…maka semakin berpeluang menghasilkan panas maka harus ada pendinginan yang mumpuni

  4. moyseventeen mengatakan:

    jiah mantap2 bro. Dohcnya daytona berapa hp tuh ko desainya tidur kaya buat be2k jangan2 ini yang di pake bebek super tvs:mrgreen: http://moyseventeen.wordpress.com/2010/12/11/dohc-sohc-hmmmmmm-menarik/

  5. mig29 mengatakan:

    lha yzr m1 masih pake timing chain lo….
    trus honda vtr 1000 sp udah pake timing gear..

  6. Pulsarmaniac mengatakan:

    Gear timing mahal kali, ga worth buat mesin kecil

  7. max mahardika mengatakan:

    Honda kharisma kayaknya ga pake kamrat bro, tp pake gear..

  8. j4na mengatakan:

    @max mahardika
    siapa bilang bro..???
    Ga ada motor harian dsini yang pake gear timing system bro!!!

  9. Suamisiaga mengatakan:

    Klo d mobil ada isuzu panther yg make teknolgi timing gear. plus nya kuat n hampir zero maintenance klo pakai timing gear.
    minus nya suara sedikit berisik.

  10. Ancok noken as mengatakan:

    tekno gear driven camshaft di wsbk udah di pake aprila rsv4 …n gear dreven camshaft udah di jual wt aprilia rsv4 sbg part racing …

  11. sampah mengatakan:

    CBR 250 denger2 udah make teknologi silent cam chain, kira2 berpengaruh signifikan ga ya mereduksi suara rante keteng..

  12. Izalx mengatakan:

    Semua jenis kendaraan ber-cc tinggi seperti pada mesin diesel menggunakan timing gear untuk menggerakkan poros nok sehingga menyebabkan mesinnya sedikit berisik. Kalo untuk mobil ber-cc kecil biasa menggunakan timing belt/chain. Tapi ada juga loh mesin diesel yang menggunakan timing belt. Contohnya kijang diesel 2500cc.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s