berbagai macam fungsi didalam satu setir...

maaf mas-masbro… melenceng dikit dari dunia motor,pembahasan sekarang ke stir kemudinya formule uno, mas-masbro pernah nonton F1kan, tentu pernah liat diTV gimana sembalap mengontrol mobilnya lewat setir, saat trek lurus kadang-kadang memutar tombol disetir, nah ngapaen si pembalap ya..?? mereka sebenarnya melakukan pengontrolan terhadap fungsi peralatan pendukung yang ada di mobil itu sendiri, semisalnya control traksi.

awal mulanya mobil F1, setirnya tidaklah secanggih sekarang, bisa dibilang sama juga dengan setir kebanyakan tanfa ada embel-embel kontro dalam lingkar kemudinya, pada tahun 1970an, bentuk kokpit F1 semakin kecil dan sempit. nah desain kokpit ini menuntut diubahnya desain setir kemudi menjadi lebih kompak.

punyanya BMW....hitech... mantaaaap...

bermula dengan diperkenalkannya perpindahan gigi semi otomatis yang dikontrol elektronik,maka tuas dari pemindah gigi dan koplingnya dipindahkan dari sisi samping pembalap ke setir kemudi. di setir tuas pemindah gigi dan kopling sendiri ditempatkan disis belakangnya. tombol yang pertama kali terpampang disis depan setir adalah kontrol gigi netral dan tombol radio, yang fungsinya sebagai pengaktif saat berkomunikasi dengan kru di pit-stop.

seiring dengan berjalannya waktu, tren kontrol pada setir kemudi terus berkembang, berbagai tombol kontrol disematkan dalam kemudi, kecuali kontol gas dan rem. di setir kemudi jaman sekarang kebanyakan kontrolnya berupa saklar on/off, seperti mematika/menghidupkan speed limiter saat mobil masuk pit area, yang terbaru berfungsi mengaktifkan KERS yang memberikan power tambahan saat berakselerasi. Tombol putar difungsikan sebagai kontrol traksi,kontrol bahan bakar,pembagian bias rem, kontrol sudut sayap depan dan masih banyak lagi.

disisi atasnya terpampang LCD dan shift light. LCDnya berfungsi menampilkan kondisi dari mobil itu sendiri mulai dari temperatur, problem yang terjadi, dan yang kerennya sekarang ditampilkannya data GPS pada LCD ini. bagian atas dari LCD terdapat shift-light yang memberikan perintah kepada pembalap untu segera mungkin memindahkan gigi persneling.

ferrari punya... simpel tapi padat berisi

yang jadi poinnya pada setir F1 adalah bagaimana memasang setir F1 supaya tidak lepas ataupun goyang, bahkan bisa rusak karena kerasnya pembalap memutar setir kemudi, dengan power steering, kerusakan setir karena kerasnya pembalap memutar setir tidak terjadi. power stering membantu pembalap untuk hanya menggunakan tenaganya sedikit saja dalam memutar setir. setirpun terjaga tetap awet.

maclaren punya kok sipel banget ya??

nah masih banyak yang saya tidak sebutkan diatas…. jadi mohon permaklumannya….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

20 responses »

  1. BN5274JC mengatakan:

    Mantep bener!!!

  2. ridertua mengatakan:

    kayak pesawat canggih……..

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    hitech bener, perlu eq tinggi untuk mengendarainya x ya…

  4. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    si tuwek telat lagi…

  5. maxy mengatakan:

    ada salah tulis kyakny mas bro…yg tulisan kontrol jadi…xxx…alinea4..dikoreksi dunk bro..he5

  6. blognyamitra mengatakan:

    Pembalap sekaliber Schumacher aja pernah salah pencet sehingga Ferrari-nya ngadat gak mau start😀

  7. tafri mengatakan:

    drive by wire system…

  8. guitarvock mengatakan:

    wuuz . . .
    wuuz . . .
    :evil : :evil : :evil : :evil :

  9. asmarantaka mengatakan:

    sesuai dengan harganya lah:mrgreen:

  10. zaqlutv mengatakan:

    jadi inget waktu ngetest mobil punya juragan big boss, setelah dpt lampu ijo dari supirnya langsung nangkring di belakang stir, ternyata toyota camry canggih juga ya, hampir semua dikontrol langsung dari roda stirnya, jenis mobil yang ga akan bisa kebeli kecuali udah jadi juragan big boss:mrgreen:
    hampir 500 juta, tiap tahun bisa bolak balik pergi haji tuh..🙂

  11. zaqlutv mengatakan:

    cukup lah ama kucing item tua yang doyan nenggak solar ma motor india..😉

  12. ipanase mengatakan:

    muahalll nih😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s