gimana jika dibandingkan dengan mesin RC???

melihat judul diatas bro-bro pasti ngira saya salah tulis ya..?? masak dengan 3.5cc powernya 2.5hp?? hampir setara dong ma honda C70?? ya bisa dibilang begitulah…!!! judul diatas adalah kapasitas mesin dari mesin mobil RC, bayangkan dengan kapasitas mesin yang cuma 3.5cc bisa memuntahkan power sebesar 2.5hp…. waaooooow…. mantap ga tuh. Di tulisan  yang sudah lewat pernah saya ulas tentang mautnya RPM dari mobil RC ini “disini”. kali ini perbandingan powernya dengan motor balap beneran macam motogp. percaya ga bro mobil RC jika disetaran kapasitas mesiinya dengan MotoGp maka motoGp akan kalah jauh…??? tentu bro ga percayakan, saya mau membuktikannya. jangan dulu membandingkannya dengan powernya motoGp yang 230hp dengan punyanya RC yang 2.3hp.

sekencang motoGp dan F1

kita pake cara simpel yaitu membandingkan antara kapasitas mesinnya dengan powernya, ya  power to displacemen ratio lah… artinya setiap satu CC bisa menghasilkan berapa power.

kita cari dulu pada mobil RC dengan rumus :

  • maka 2.5hp/3.5cc=0.7142hp/cc

pembandingnya saya pilih ducati D16nya stoner  dengan kapasitas mesin 800cc power 23ohp.

  • maka 230hp/800cc=0.2875hp/cc

pada mesin RC power to displacement rationya 0.7 hp/cc sedangak pada motoGp hanya 0.2hp/cc, bisa dibilang 3 kali lipat lebih dari PDRnya motoGp. trus apa dong artinya,?? ya tentu kita bisa bilang dengan perCC dari kapasitas mesinnya kita dapat  menentukan kehebatan dari sebuah mesin. tapi jangan ditest di balapan beneran ya… cuma balapan logika aja….

di motoGp ada V4 di RC ada V2

mengenai mengapa mobil RC dapat memuntahkan power segitu besarnya dan apakah bisa diterapkan di motor harian,?? kita bahas dikesmpatan yang lainnya….

 

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

9 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    kalo diterapkan di motor kaya apa ? Jd penasaran artikel berikutnya

    • j4na mengatakan:

      memang bro….. bayangkan bore strokenya kira-kira cuma 10x9mm… dengan ukuran mini begitu tentu panas yang dihasilkan kecil…so bisa dikasi metanol…..
      nyangkut??? apanya bro???

  2. novriexx mengatakan:

    mesinny segede upil kayany

  3. van der syur mengatakan:

    2,5 hp berarti bisa buat ganti’in kuda buat narik grobak dong

  4. badboy mengatakan:

    Masalahnya jika mesin RC itu dibuat 800cc dan katakanlah bisa menghasikan tenaga 500hp apakah komponen mesinya bisa kuat, bisa2 baru digeber langsung rontok.

    • j4na mengatakan:

      nah ini dah masalahnya, tentu membutuhkan dana yang begitu muaaahhaaaal…. apa yang nggak bisa di dunia motor…. masalahnya ada ga yang mau riset dengan dana yang muuuaaahhaaaal…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s