Hi-tech namun aneeeeeh….

masih ingatkan dengan aprilia Rs3, motor yang pernah menggemparkan jagat motoGp ditahun 2003, dengan teknologi pneumatic  yang diambil dari mesinnya coswort F1. Saat itu Rs3 merupakan motor yang paling kencang dengan power yang tiada tanding, bayangkan dengan power sebesar 270hp yang dimiliki mesin ini dibandingkan dengan powernya honda yang hanya 250hp, selisihnya 20hp…. mantaaaaapp….

akan tetapi kok ga menang ya??? pada waktu itu pneumatic merupakan teknologi yang bisa dibilang wah,dengan teknologi ini tidak ada lagi yang namanya klep melayang, tidak ada lagi yang namanya pir klep, so Rpmnya pun bisa lebih dari 17.000rpm”saat itu honda RC212 hanya mampu meraih 16.000Rpm”. Selain itu aprilia merupakan kontestan satu-satunya yang menerapkan konfigurasi 3 silinder, dengan 3silinder tentu torsinya akan meledak-ledakkan…??.  Nah karena hal inilah Aprilia menuai kegagalan, dengan power 270hp dan torsi gajah yang bisa dibilang sangat powerful aprilia terbilang sangatlah liat saat dikendalikan di trak balapan. maka langkah-langkah anehpun dilakukan aprilia saat itu, seperti pemangkasan power menjadi 230hp, dengan pemangkasan power maka torsinyapun meningkan. bayangkan, pembalap saat itu colin edward,ngomongin motor ini “grip roda sering ilang saat kluar tikungan dan juga sliding,”

mesinnya keliatan aneh…

beda dengan motor motoGp saat jaman sekarang yang ditunjang perangkat elektronik yang super canggih, sedikit ada sliding di roda, perangkat elektronik langsung memangkas power mesinnya. so beda jaman sekarang dengan Gp1000cc, yang murni memainkan skil.

bermodal tiga silinder maut tapi….

Ada satu lagi hal yang paling aneh saat itu dengan RS3, dengan regulasi saat itu yang memperbolehkan bobot motor 3 silinder cuma 135kg, 4 dan 5 silinder 145kg. Seharusnyakan menjadi keuntungan dari aprilia dengan 3 silindernya, akan tetapi malah terbalik, aprilia merupakan motor paling berat saat itu dengan bobotnya 150kg….loooh…. penambahan bobot ini bertujuan untuk mengendalikan powernya rs3 yang sangat liar, dengan bobot lebih akan membuat ban lebih mantap menekan roda”pikir aprilia”. ya jelas akibatnya… power udah dipangkas, eh bobot ditambah…. ya jelas meemmmbleeee.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

14 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Pertamaxx buat Aprilia

  2. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    baru tahu, sekarang kemana ya si Apri, kok ga main di Motogp lagi bro ? why ?
    terus bodynya sekarang dalam bayang-bayang BMW ma Ducaty katanya ya ?…*banyak nany neh

    • j4na mengatakan:

      dimusiumkan masbro….!!!
      rencanannya akan turun bro, apalagi dengan regulasi tahun 2012….
      bner bro… cirinya ada di corong depannya…….!!

  3. guitarvock mengatakan:

    aprilia terlalu banyak p0l4h3 sih . . .

  4. Motken mengatakan:

    mantap banget, mudah-mudahan akan turun di tahun 2012 bersama juga BMW

  5. Motken mengatakan:

    mantap banget, mudah-mudahan akan turun di tahun 2012 bersama juga BMW

    Nitip Lapak om: Motor Balap Terkencang di Planet Bumi Suzuki GSX-R1000

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/01/motor-road-race-terkencang-di-planet-bumi-suzuki-gsx-r1000/

  6. Cyber™ mengatakan:

    Ngomongin aprilia jdi inget tmen ane aprilia,sexy oy!!
    Xixixii:mrgreen:

  7. miko mengatakan:

    aprillia emang suka tampil beda. jaman gp 500cc aja. LORIS REGIANNI pk RSW400 cc. wah mana bs ngelawan. NSR 500 V-TWIN aja ngos2an lwn 4 silinder.tp d sirkuit sarat tikungan pernah podium 3 bsr. lumayaan.

    • j4na mengatakan:

      aprilia memang aneh… pemikirannya kayak gimana gitu… ya sama dikit kayak yamaha… yamaha ngluarin MX dengan CC cuma 135cc, nah masuk ke kelas brapa tuh??? 125??? bukan, 150??? bukan juga!! nanggung dong jadinya….!!!!
      sama juga klas 125nya mana???

  8. ウィナ mengatakan:

    klo era awal motogp honda msh rc211v masbro bkn rc212v
    itu konfigurasi jg aneh kan masbro?2silinder dpn,3silinder belakang
    CMIIW

  9. glewehwonogiri mengatakan:

    motor ini pernah kebakar waktu dinaiki colin edwards.

  10. asmarantaka mengatakan:

    padahal keren lo..tapi selain itu terbentur ama dana juga..yah moto GP kudu butuh dana yg gede:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s