biar kuno yang penting sangar

pada kejuaraan dunia 1961 dan 1962 honda mengalami kegagalan dalam menjuarai kejuaraan, yang telah direbut suzuki dengan mesin 2taknya. honda sebelumnya memakai mesin 2 silinder 125cc, honda pun berpikir untuk kembali merebut juara dengan mesin 4taknya. gimana duong caranya agar bisa melawan 2tak dengan cc yang sama, honda memutuskan meninggalkan 2 silindernya dan membuat kembali mesin 4 silinder 125cc 4 tak. bisa dibayangkan, 125 cc 4 silinder, jadi persilinder kapasitas mesinnya hanya 33.25cc….imut….

4 knalpot nongol... mencirikan kedahsyatannya.

2RC146 merupakan seri pengembangan dari seri terdahulunya, namun tidak begitu banyak pengembangan yang terlihat. mesin ini memiliki 4 buah klep per silindernya, jadi jika dijumlahkan menjadi 16 klep dalam satu mesinnya. apa artinya ini dong, merupakan mesin 4 silinder 125cc dengan jumlah klep terbanyak dan juga jumlah silindernya yang terbanyak juga dalam sejarah permotoran. jika dibandingin dengan motor jaman sekarang yang sudah injeksi pun motor ini tetap menang, dan mungkin sampai bumi ini lenyappun ga ada orang yang mau bikin mesin kayak gini. power yang mampu dikeluarkan dari mesin 125cc ini bisa dibilang edan, ninja 250r pun kesalip(maaf), powernya mencapai 27ps@17.000rpm….waoooow.

sekarang kita bandingkan dengan motor 2taknya suzuki tahun 1963 (RT63) cuma 25.5ps…. padahal  2tak twin bro..!!!

mesin 125cc padat berisi

berikut spesifikasinya:

Motorcycle: Honda 125 2 RC 146 Manufacturer: Honda Motor Co. Ltd.,
Tokyo Type: Racing Year: 1965
Engine: Honda four-cylinder, four-stroke, with two-shaft overhead geared distribution and four valves per cylinder. Displacement 123.1 cc. (35 mm. X 32 mm.)
Cooling: Air
Transmission: Eight-speed block Power: 27ps. at 17,000 r.p.m. Maximum speed: Over 200kph. Chassis: Double cradle above, tubular,
engine suspended. Front and rear,
telescopic suspension Brakes: Front, central drum, four-cam;
rear, central drum, double cam

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

29 responses »

  1. novriexx mengatakan:

    permium aja lah

  2. ridertua mengatakan:

    tahun segitu orang luar aja sudah ngacir… kita masih naik onthel yah 🙂

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    kita pakai gledegan, tapi gagahan pakai kuda beneran, ga perlu jalan aspal

  4. i.dosa mengatakan:

    HONDA memang joss

  5. Otomotif Plus mengatakan:

    WOW sejak dulu Honda meng telah menciptakan tehnologi-tehnologi yang luar biasa. Honda memang mantab…….

  6. ウィナ mengatakan:

    salut bro…
    ditunggu part 3 nya
    pasti ada kan?

  7. de2tninja mengatakan:

    pasti biaya R n D dari honda buesarrr..makanya dengan mudah bisa ngembangin mesin yang ruarrrrr biasaaa….

  8. Farid21 mengatakan:

    gila,salut buat honda,penginspirasi pabrikan lain untuk maju,dan banyak ditiru,gila,salut ma honda

  9. kampretz mengatakan:

    Hmmm, torsi mesin nya keknya rendah tuh, jadi maen 8 speed girbox. Pembalapnya apa ngga pegel2 ya? Naek turunin 8 gigi n maen kopling jaga RPM tinggi terus.

    • j4na mengatakan:

      emang mas…..smakin kecil torsi,sbernarnya smakin banyak persneling yang diperluin alasannya agar tidak terjadi penurunan rpm yang terlalu banyak.

  10. Saya Ganteng Yaa mengatakan:

    Mekanik honda jadul lebih mantap y kang, ckckckck

    nitip dagangan kang, bwt yg mw belajar usaha mampir2 kesini ya:
    http://www.belajarberbisnis.com
    lumayan bwt nambah2 DP motor baru 😀

  11. blognyamitra mengatakan:

    Widihhh…gile…

  12. azizyhoree mengatakan:

    sangar camshaft nya kayak terpisah gitu 😆

    edan !

  13. ashley - bluejazzy mengatakan:

    ngeri……..kok rumput2 gtu sich…kaya abis ngapain aja…..

  14. itchorr mengatakan:

    gile yak beli..
    Kenceng segitu gak pke cakram..
    Apa tak nyungsep yak?.
    Ogut pke vario aja yg dpan nya cakram..
    Hampir sering nyungsepp..
    (he,dmen late breaking..)
    apa lagee ne yahh..

  15. azizyhoree mengatakan:

    > j4na
    Januari 7th, 2011 at 1:56 pm
    terpisah, tapi timing chainnya da ditengah-tengah …….
    ====================================================
    iya bli, tuh kelihatan case timing chain nya separuh lingkaran di belakang socket spark plug
    jadi penyaluran gerakan berikutnya melalui reduksi gear yang menuju ke cam shaft!

  16. jody tristar mengatakan:

    motor2 sekarang culun

  17. Mekanik GLPRO LAWAS mengatakan:

    Gw yakin kok sama mesin 4 tak lawas Honda. Era th 90an org bilang mesin suzuki RGR 150 udah dibilang paling canggih paling Kencang ternyata di trek Balap Liar Monas thn 1995 RGR 150 terbaru ‘tumbang’ juga sama GL Pro thn 90 punya gw, padahal cc nya cuma 145 Cc …….. hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s