inilah motor yang mengantar Mike Hailwood”3″ menjuarai tujuh dari delapan balapan dunia pada tahun 1967 yaitu pada isle of man TT, kelas yang diikuti sendiri adalah kelas 350cc yang membatasi kapasitas mesin tidak lebih dari 350cc. RC174 sendiri kapasitas mesinnya hanya 297.06cc atrinya 50cc lebih dibawah regulasi, loooh kok bisa bersaing dengan motor sekelas yang kapasitas mesinnya 50cc lebih besar??? Inilah kehebatan honda mendesain mesin, bahkan bersaing dengan mesin 2tak sekalipun.
Rahasianya pada jumlah silinder dan Rpm mesinnya jauh lebih tinggi dari mesi 2tak, jumlah silindernya sendiri sebanyak 6 buah, dan max Rpm’nya sampai19.000rpm. mesin ini memakai bore x stroke ratio 41 x 37.5mm yang bisa dibilang strokenya sangatlah pendek, inilah penyebab keganasan dari 6 silindernya. masih ingat kan… semakin banyak silinder maka langkah silinderpun bisa dibuat sependek-pendeknya,dengan langkah silinder super pendek Rpm pun bisa menjulang tinggi.
Berikut pakta-pakta dibalik mesin ini, pemakaian bahan magnesium pada crankcase,seher terbuat dari solid billets yang tanfa ring seher, klep ex terbuat dari PER72 superalloy steel. apa maksud tanfa ring seher ini…??? ya tidak memakai ring seher….heran ya bro’s….??? ini karena gap dari seher dengan silindernya teramat tipis, bisa teramat tipis karena bahan dari materialnya yang teramat super,super juga mahalnya…
berikut speknya:
Jenis mesin | Air-Cooled 4-st. Inline-6 DOHC 4-Valve |
---|---|
Enginedisplacement | 297.06cc |
Maximum power | over 65PS / 17,000rpm |
maximum torque | 2.8kgm / 16,000rpm |
Maximum speed | over 250km/h |
Dry weight | 118kg |
Transmission | 7-Speed |
Suspension (Front) | Telescopic |
Suspension (Rear) | Swing Arm |
First??
Pertamaxxx
Keduaaxxx
wwwhueeeeeeeeeeeeeeedyaaaaaaaaaaaaaaaaaaannn…………..
300cc 6 cylinder,
whuiiikk…nak busine ngupil, sido klenger seng bersihi 😉
buat harian di jkt pasti langsung…..
^ langsung opo ???? 🙂
langsung nyungsep ga???
wah sangat maju teknologoine…
gila bener, kalo dipakai harian WhuZz… Ga gerak macet soale
1 kata “keren”
artikelnya mantap2 bli
nsh adakah part 4 nya?
ente bali mn?
gianyar……
thanks…..
saia dulu SMK swastiastu tuban,tp sayang udh ga ada karna digusur sm bandara ngurah rai
brarti lama buanget itu duooong…..????
kalo lihat gambar sih kayaknya masih pake ring piston, tapi cuma dua kayak piston 2tak..
itu gambar yang seri rc166 mas….. maaf….
Investasi Murah meriah…Cukup modal Rp. 10.000,-
Silahkan mampir dilihat dulu..
http://www.investasibca.com/?id=dompetuang
salut buat Honda
tahun 60 an aja udah canggih amat
Dijamin mesin baru dan powerful…
http://ridertua.wordpress.com/2011/01/08/new-yamaha-2011-star-stryker-chopper-style/
Soichiro Honda emang top dah…
kepala silindernya banyak bner??..xixiixix
mnteb bnr
info dari mana nih ?
ane penggemar motogp ya.
SEPENGETAHUAN ANE SELURUH KEJUARAAN BALAP TAHUN 60-70an ITU DIKUASAI SAMA YAMAHA DAN SUZUKI. SEMENTARA ITU MV AGUSTA BERJAYA DI MOTOGP THN 60AN DENGAN GIACOMO AGUSTINI-NYA. SANG LEGENDA MOTOGP YG MENANG KEJUARAAN MOTOGP SELAMA 15 KALI. SEBELUMNYA DIA MEMAKAI YAMAHA JUGA. HONDA MASA JAYANYA DI THN 1990-2000
NAH INI INFO DARI MANA ????
P ASAL NGOMONG AJA ? BERI PENJELASAN . .
cek lg dong bro..di motoGP result thn 67 di even isle of man TT emg mike hailwood dgn honda yg podium 1,,bukan kejuaraan keseluruhan,,pada even/race tersebut ago finish posisi 2..cekidotResults & Statistics
Selected Season: 1967
1950|
1955|
1960|
1965|
1970|
1975|
1980|
1985|
1990|
1995|
2000|
2005|
2010|
Slider control for 194919501951195219531954195519561957195819591960196119621963196419651966196719681969197019711972197319741975197619771978197919801981198219831984198519861987198819891990199119921993199419951996199719981999200020012002200320042005200620072008200920102011
Event Category Sessions
TOURIST TROPHY
350cc Race Classification 1967
Isle of Man, Friday, June 16, 1967
Pos. Points Num. Rider Nation Team Bike Km/h Time/Gap
1 Mike HAILWOOD GBR Honda
2 Giacomo AGOSTINI ITA MV Agusta 0 Lap
3 Derek WOODMAN GBR MZ 0 Lap
4 Alberto PAGANI ITA Aermacchi 0 Lap
5 Chris CONN GBR Norton 0 Lap
6 Gilberto MILANI ITA Aermacchi 0 Lap
CEKIDOT….! http://www.motogp.com/en/Results+Statistics/1967/JPN/350cc/World+Standing
wah…. pengamatan yang oatut diacungi dua jempol…. top