keren juga mobil F1 yamaha....!!!

merasa fans berat yamaha?? merasa motor yamaha paling kenceng?? tunggu dulu…. jangan ngaku fans berat yamaha jika ga tau kalo merek kesayangannya pernah meramaikan F1.

uuuiiii V10 yamaha...

yamaha pertama kali menurunkan mobilnya di F1 pada tahun 1989 menggunakan mobil f1’nya dengan kode OX99, berkonfigurasi V12. dalam debutnya tidaklah sesuai dengan harapan, yamaha mengalami kegagalan hampir dalan semua balapannya. tahun 89 hanya 2 kali balapan yamaha menjalani balapan dengan kualitas yang dibilang cukup (dari 16 seri balapan). tahun 1990 yamaha tidak tinggal diam saja, dibawah pimpinan takaaki kimura kembali mendesain ulang mesin yamaha v12nya yang disiapkan untuk kejuaraan ditahun 1991. Aliansi baru pun dibentuk bersama Brabham dengan kode mobil BT58Y dan juga  saat itu dibuat mesin baru dengan nama OX88.

Yamaha-Brabham BT58Y saat tahun 1991 menuai kesuksesan, walaupun tidak seberapa. diperkuat dua pembalap Martin Brundle gan Mark Blundell, Blundell memberikan yamaha poin pertamanya saat Gp Belgia dan dua poin lagi saat Gp jepang. Di tahun 1992 Brabham mengalami krisis keuangan yang memaksa yamaha untuk balik lagi ke mesin lama OX99 dari jordan. Mauricio Gugelmin dan Stefano Modena sebagai pembalap yamaha-jordan saat itu, berjuang dengan keras memakai mesin V10 dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada V12nya yang dulu. akan tetapi sampai Gp terakhir australia, tidak satu poin pun diperoleh. hal ini membuat jordan gembali keluar dari yamaha.

mesin yamaha OX10A

pada tahun 1993 yamaha kembali menemukan pasangan baru yaitu tyrrell, yang kembali membikin mesin baru dengan kode  OX10A, akan tetapi kembali menuai kegagalan, team yamaha  tidak merebut satu poin pun.

Di tahun 1994, yamaha menurunkan kapasitas mesinnya dari 3500cc menjadi 3000cc yang sesuai dengan regulasi dari FIA, nama mesinnya pun berganti dari OX10B menjadi OX10C. Dari segi mesin udah beres, Permasalahannya muncul  pada chasiss Tyrrell 023, membuat yamaha-tyrrell tidak lagi kompetitif dengan hanya mengumpulkan 5 poin.

kok aneh ya yamaha, padahal dalam kejuaraan sepeda motor  yamaha se lalu mendulang kesuksesan seperti saat bersama kenny roberst pada tahun 70’an, Eddie Lawson pada era 80’an,  Wayne Rainey pada era 90’an.

waduh….. mungkin yamaha tidak cucok dengan yang namanya roda 4, bagaimana dengan roda 2….. seharusnya dengan tidak terlibatnya didunia peroda 4’an yamaha seharusnya bisa mengalahkan honda disegi penjualan motor hariannya. lain dengan honda dan suzuki,…. stres ngurusin dua programnya… roda 2 dan roda 4……!!!

di roda 2 mesinnya berjaya... roda 4..... atut ah....

yamaha….. maju duooong…..!!!!

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

27 responses »

  1. azizyhoree mengatakan:

    pertamax, biar mahal, tetep beli:mrgreen:

  2. azizyhoree mengatakan:

    jangan lupa mesin generator yg sering di pakai pedagang pasar malem, itu😆 juga ada

  3. bintang mengatakan:

    suzuki pernah ikutan f1 gak?

  4. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    baru tahu, tahun 91 belum ada listrik masuk desa, informasi paling dari radio yg dimonopoli OrBa

  5. arif rakhman mengatakan:

    widddiiiiieuw……. baru tau neh…. napa gak diterusin aja ya?

  6. elninho mengatakan:

    kalo fby tau pada seneng nih . . ,

  7. extraordinaryperson mengatakan:

    tapi di alat musik kyknya menang tuh…gak ada kan gitar atau piano merek honda:mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  8. tukang motor mengatakan:

    tar bikin motor bergitar merk yamaha, atau gitar bermotor? hahahaha

  9. novi mengatakan:

    sebetulnya lebih pusing yamaha dibanding Honda sama Suzuki klo urusan ngatur…. secara honda suzuki cuma rodanya doang beda 2 dan 4, lainnya mirip, ngurusinnya relatif lebih mudah, nah klo yamaha yang diurusin R1-nya J. Toseland sama gitar Bas-nya Billy Sheehan, yakin ga nyampe 10% teknikal yang mirip

  10. miko mengatakan:

    tp honda dgn alain prost,ayrton sena jg sering overlap yamaha. jurdu lg.hehe

  11. miko mengatakan:

    @rovizey ayrton sena n alain prost jurdu berkali2 d team marlboro mclaren pake mesin apa coba. monggo d search.

  12. ウィナ mengatakan:

    1986/87(williams honda)
    1988/89/90/91(mclaren honda)

  13. ウィナ mengatakan:

    dr bikin piano
    supply part mesin
    bikin phropeller
    bikin sepeda motor
    …..lika-liku kehidupan

  14. Setiawan mengatakan:

    Wah baru tahu…🙂
    Ternyata pabrikan Jepang gak cuman Honda ma Toyota yang terjun di F1 doank..

  15. kontol mengatakan:

    apakah kalian pada tahu kalau Yamaha adalah miliknya Toyota, Yamaha adalah divisi khusus roda dua, alat musik dll, sedangkan Toyota divisi khusus mobil ,sedangkan Hino divisi khusus kendaraan angkut bermesin disel, Lexsus divisi mobil kelas atas. semuanya berada dalam satu rumah milik toyota, apakah anda pernah melihat mobil dijalan bermerek Yamaha.dan apakah anda pernah melihat motor bermerk Toyota?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s