punyanya mike hailwood

RC181 mengantarkan mike hailwood “4” memenangkan kejuaraan Isle of Man TT pada tahu 1967, dan mencetak rekor lap tersingkat pada seri Assen belanda. Mike hailwood sendiri merupakan pembalap dari MV Agusta yang ditransper ke honda. motor ini pertamakali diturunkan pada tahun 1965, dengan meninggalkan desain 6 silindernya dan beralih ke 4 silinder. power yang dapat dikeluarkan motor ini 90hp pada 12.000rpm, apa artinya….?? coba kita bandingkan dengan motor jaman sekarang yang bisa dibilang maju, tidaklah mampu mencapai power seperti itu dengan kapasitas mesin yang hanya 500cc, teknologinya pun tidaklah lebih unggul dari jaman sekarang. semisalnya pada sistem karburasinya yang masih pake karburator, silinder yang jumlahnya hanya 4(tidak 6 seperti generasi mesin dibawahnya). tahunnya pun motor ini bisa dibilang amat kuno… 60’an.

4 karbunya.... buesaaar

 

seandenya honda pada waktu itu mau meneruskan memakai 6 silinder handalannya, ya tentu jangan ditanya lagi, powernya tentu akan menjulang lebih tinggi lagi. mungkin pemikiran honda yang mau bermain aman karena musuh beratnya MV Agusta hanya berbekal 3 silinder.

mesinnya besar

kecepatan yang dapat dicapai motor ini sangat mencegangkan pada waktu itu, bayangkan dengan sirkuit yang tidak se’safe sekarang ini, pembalap berani menggeber motornya dengan kecepatan lebih dari 260km/j… gila……

spek honda RC181

Engine

Timing system

Air-Cooled 4-st. Inline-4 DOHC 4-Valve

Gear Train

Displacement 499.6 cm3
Max.output over 90hp / 12,000 rpm
Max.speed. over 260 km/h
Weight 151 kg (Dry Weight)
Transistor Ignition 6-Speed Transmission

tromol bro.... atut ah.....

liat gambar diatas, rem tromel depannya buesaaar banget, yang meredam keganasan mesin 500cc’nya….. coba bayangkan, motor yang CC segitu besar dijinaki tromol…walau sebesar gajahpun tetep tromol ga bisa menjamin.. waduuuh atut aaah, bro brani ga naik supra ngebut lalu ngerem dengan rem tromol  dijamin ndlosor….???

 

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

17 responses »

  1. tromolnya … mengalahkan cakram 😀

  2. Agung Rangga berkata:

    wow… Kerennya…

    silakan berkunjung…
    http://popnote.wordpress.com

  3. pantes nsz keukeuh dngn tromolnya… 😀 😛

  4. extraordinaryperson berkata:

    mekanik jaman dulu mikirnya asal kenceng, safety nanti dulu :mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  5. azizyhoree berkata:

    tromolnya canggih :mrgreen:

    coba kalau tromol sekarang yg dipasang di motor super power itu :mrgreen: :sangit-gosonk: xixixi

    nitip bli:
    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/08/sh-150-i-skubek-matic-honda-ber-cc-setara-cbr-fxr-r15/

  6. myth berkata:

    bukanya rem tromol itu lbh pakem dr rem cakram? cuma tampilanya emang kurang keren n erawatannya lbh susah

  7. motorpit berkata:

    ditunggu kunjungannya

  8. ウィナ berkata:

    wuuiihhh asli super keren,klo ngomongin honda ga ada habisnya ya…lebih dr 10seri nih

  9. itchorr berkata:

    tetap tidak yakin walau sbsar itu untk jadi cakram dpan..
    Walau hanya untk dipasang di varioh..
    He,takut keblandang(kelabas),macet,seret..

  10. lekdjie berkata:

    kok ra ono pak camat ya?

  11. myth berkata:

    stauku, rem tromol lbh sering ngunci?? bidang geseknya jg lbh bnyk dr rem cakram. lbh berat mgkin krn settinganya ato mgkin ga pake hidrolik?

    • j4na berkata:

      nah…. pake aja logika….. liat motoGp…pake cakram karbon segala,cakram itu….
      jika menurut mas cakram kurang pakem,motoGp uda bisa mengakali dengan kaliper berpiston radial, 4 piston, bahkan 6 piston….!!
      lagi atu…. mas kan bilang bidang gesek cakram sedikit dibanding tromol, nah di cakramkan diakali dengan pemakaian cakram lebar dan juga dobel cakram….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s