RC181 mengantarkan mike hailwood “4” memenangkan kejuaraan Isle of Man TT pada tahu 1967, dan mencetak rekor lap tersingkat pada seri Assen belanda. Mike hailwood sendiri merupakan pembalap dari MV Agusta yang ditransper ke honda. motor ini pertamakali diturunkan pada tahun 1965, dengan meninggalkan desain 6 silindernya dan beralih ke 4 silinder. power yang dapat dikeluarkan motor ini 90hp pada 12.000rpm, apa artinya….?? coba kita bandingkan dengan motor jaman sekarang yang bisa dibilang maju, tidaklah mampu mencapai power seperti itu dengan kapasitas mesin yang hanya 500cc, teknologinya pun tidaklah lebih unggul dari jaman sekarang. semisalnya pada sistem karburasinya yang masih pake karburator, silinder yang jumlahnya hanya 4(tidak 6 seperti generasi mesin dibawahnya). tahunnya pun motor ini bisa dibilang amat kuno… 60’an.
seandenya honda pada waktu itu mau meneruskan memakai 6 silinder handalannya, ya tentu jangan ditanya lagi, powernya tentu akan menjulang lebih tinggi lagi. mungkin pemikiran honda yang mau bermain aman karena musuh beratnya MV Agusta hanya berbekal 3 silinder.
kecepatan yang dapat dicapai motor ini sangat mencegangkan pada waktu itu, bayangkan dengan sirkuit yang tidak se’safe sekarang ini, pembalap berani menggeber motornya dengan kecepatan lebih dari 260km/j… gila……
spek honda RC181
Engine
Timing system |
Air-Cooled 4-st. Inline-4 DOHC 4-Valve
Gear Train |
Displacement | 499.6 cm3 |
Max.output | over 90hp / 12,000 rpm |
Max.speed. | over 260 km/h |
Weight | 151 kg (Dry Weight) |
Transistor Ignition | 6-Speed Transmission |
liat gambar diatas, rem tromel depannya buesaaar banget, yang meredam keganasan mesin 500cc’nya….. coba bayangkan, motor yang CC segitu besar dijinaki tromol…walau sebesar gajahpun tetep tromol ga bisa menjamin.. waduuuh atut aaah, bro brani ga naik supra ngebut lalu ngerem dengan rem tromol dijamin ndlosor….???
pertamax
tromolnya … mengalahkan cakram 😀
wow… Kerennya…
silakan berkunjung…
http://popnote.wordpress.com
pantes nsz keukeuh dngn tromolnya… 😀 😛
mekanik jaman dulu mikirnya asal kenceng, safety nanti dulu
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
tromolnya canggih
coba kalau tromol sekarang yg dipasang di motor super power itu
:sangit-gosonk: xixixi
nitip bli:
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/08/sh-150-i-skubek-matic-honda-ber-cc-setara-cbr-fxr-r15/
ya pasti duah….. gedubrag…..
bukanya rem tromol itu lbh pakem dr rem cakram? cuma tampilanya emang kurang keren n erawatannya lbh susah
bukan mas……. tromel itu kurang pakem mas…. responnya agak lambat n berat…….
silahkan dikunjungi
http://motorpit.wordpress.com/
ditunggu kunjungannya
wuuiihhh asli super keren,klo ngomongin honda ga ada habisnya ya…lebih dr 10seri nih
tetap tidak yakin walau sbsar itu untk jadi cakram dpan..
Walau hanya untk dipasang di varioh..
He,takut keblandang(kelabas),macet,seret..
kok ra ono pak camat ya?
aku ngerti maksude kang djie! kui heheheh cafe racer bin racun camat
wekekek RC serries emang TOP sejak jaman jaduul pun 😆
stauku, rem tromol lbh sering ngunci?? bidang geseknya jg lbh bnyk dr rem cakram. lbh berat mgkin krn settinganya ato mgkin ga pake hidrolik?
nah…. pake aja logika….. liat motoGp…pake cakram karbon segala,cakram itu….
jika menurut mas cakram kurang pakem,motoGp uda bisa mengakali dengan kaliper berpiston radial, 4 piston, bahkan 6 piston….!!
lagi atu…. mas kan bilang bidang gesek cakram sedikit dibanding tromol, nah di cakramkan diakali dengan pemakaian cakram lebar dan juga dobel cakram….!!!