3rc164 merupakan generasi pengembangan dari generasi sebelumnya, yaitu RC164 maupun 2RC164, RC164 sendiri memakai 4 silinder dalam satu mesinnya yang dikemudian dikembangkan menjadi 6 silinder di generasi 2RC164 dan 3rc164. generasi 3RC164 ini bisa dibilang juga memkai dua buah blok 3 silinder karena ditengah-tengahnya disekat oleh ruangan/timing gear yang menggerakkan canshaft.
bore x stroke dari motor ini 39 x 34.8 yang masing-nasing silindernya berkapasitas 41.5cc. dikalikan 6 silinder berarti kapasitas totalnya 249.43cc atau dibulatkan menjadi 250cc. dari segi pengapiannya sendiri, motor ini sudah bisa dibilang maju saat itu dengap pemakain TIS”transistor ignition system’ yang jaman sekarang dipakai di ninja 250r.
sekarang berlanjut ke powernya, motor ini bisa menelorkan power sampai 56bhp@16.500rpm, yang disalurkan keroda belakng melalui 8 gigi percepatannya. red-line’nya sendiri bisa mencapai 17.000rpm dan bisa juga lebih sampai 17.500rpm tapi dengan syarat dalam penggeberannya tidak terlalu lama.
menurut bro-bro semua besar ga power 56bhp itu dengan kapasitas 250cc jika dibandingkan dengan moto3 yang diturunkan 2012 yang akan datang ini??
1
2
3
buset powernya hampir 2x lipat ninja 250,
Mantap powernya….
6 corong knalpot
ga kebayang bunyinya kek gimn
apalagi ga pake saringan….. brisik… brisik2 tapi enak ddengar lah dibanding 1 silinder.
tapi masih kalah sma mtr ninja 250R yg pke turbo. Hihihi byngkan ja 58,2 hp.
tapi ini khun gk pake turbo gmn klo pke turbo ?
75-85 hp ada x yagh.,
ialah mas…. turbo gtu…. bisa ningkatin powe ampe 100%, bahkan lebih….
tapi tambahin turbo kea gtu konsumsi bbm nya gmn bro tambah irit apa tmbh boros ?
hihi tkut gk bsa wat harian
jika ditambah turbo memang kompresi diturunkan, tapi blom tentu irit bro….
sebenarnya power berbanding lurus dengan konsumsi BBM…..