semua kontestan gp125 memakai 54 x 54.5

Apaan tuh arti rumus diatas?? apa juga maksudnya 54 x 54.5, nomer togel kali ya….😀 . itu adalah angka perbandingan dari bore x stroke dari semua kontestan gp125 2tak ataupun series motor harian yang sejarah namanya pernah turun di motoGp, tidak saja Gp125, Gp250 pun memakai formula ini. apa sih kespesialan angka itu??? mari kita telusuri…

mesin Gp 125

jika dimasukkan ke rumus kapasitas mesin, 54 x 54.5 akan dapat kapsitas 125cc, dan knapa nggak pake perbandingan yang lainnya, dan knapa tidak memakai stroke pendek aja untuk mendulang Rpm yang tinggi?? jawabannya ada pada torsi, dengan perbandingan bore dan stroke yang sama atau bisa dibilang square, maka power dan torsi yang didapat akan berimbang. pernah menaiki motor 2tak’kan?? jika pernah bro akan merasakan bagaimana sulitnya bawa motor saat menaiki tanjakan ataupun saat berakselerasi pertama, bahkan sampai lakuin setengah kopling segala. nah jika di motor Gp125/250 yang memakai kopling kering melakukan langkah selip kopling atau setengah kopling, gimana jadinya kopling motor duuoong, ya jelas tidak sampai balapan selesai kampas kopling akan angus. kejadian ini pernah menimpa doni tata.

ga perlu selip kopling... brani... siap-siap hangus...

jadi dengan mesin square akan memberikan power yang berimbang disemua putaran mesin, walaupun mengorbankan rpm yang tidak begitu tinggi, mungkin hanya 12.500rpm saja. gimana?? mungkin masih kurang penjelasan saya, monggo di share….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

6 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    ulasannya selalu mantap
    like this.

  2. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    monggo basa balinya apa Bli ?

  3. azizyhoree mengatakan:

    itulah kelebihan square combination! merata antara power dengan torque 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s