4speed, pada gigi 4'nya over-drive

pernah ga bro semua berpikir seperti judul diatas,?? knapa sih satria FU dikasi gigi 6 dan vixion 5, knapa ga sama-sama 6, kan kapasitas mesinnya juga sama 150cc. juga pada yamaha R150dengan vixion beda, yamaha R15 giginya 6 dan vixion 5 dan knapa juga ga sekalian dikasi gigi 8 aja??.

generasi bebek 3speed

kita mulai dari motor bebek generasi pertama yang masih tenar sampai jaman sekarang, ya siapa lagi generasi C70, giginya cuma 3, sisanya uompong….!! knapa cuma 3, padahal motor yang berkapasitas kecil dengan torsi minim membutuhkan gigi yang lebih banyak. jawabannya ada pada fungsi dari motor itu sendiri yang dijamannya hanya dipergunakan untuk komuter diperkotaan. pernah saya baca ntah dimana”lupa” arti dari C pada honda C-series itu merupakan CITY, ya diperuntukkan kayak city car jaman skarang dah, ga perlu power besar, yang penting nyaman dikendarai. Begitu juga dengan C70 yang diperuntukkan menjelajahi kemacetan kota yang ga perlu speed yang tinggi… so giginya dibuat 3.

5speed, beda dengan R15 yang udah 6speed

gimana dengan yang giginya 4 macam bebek-bebek pergi kepasar, gigi 4 ini kebanyakan yang memakai pada motor bebek yang diperuntukkan untuk ibuk-ibuk beli belanjaan kepasar. kalo ngomongin pasar kan bukan didalam kota aja, mungkin aja di daerah pedesaan yang jalannya sepi nan mlempem, selain itu pada tahun 80’an akhir, tidak hanya orang kaya saja bisa beli motor, kalangan pedesaan pun juga ikut bisa menikmati sepeda motor, udah taukan gimana jalannya disekitar pedesaan. ada yang panjang banget, dan ada juga yang tanjakan. kita kembali ke fungsi gigi persneling yang jumlahnya 4. pasti semua udah pernah naik bebekkan, rasakan tarikan gigi 1 dan 2’nya yang serasa pendek-pendek amat, dan begitu masuk gigi 3 semakin jauh lagi dan juga pada gigi 4’nya bikin speed malahan drop. gigi 1 dan 2 yang pendek-pendek dimaksudkan untuk menerjang jalan pedesaan yang terkenal akan tanjakannya, gigi 3 dan 4’nya ditujukan jika motor melewati jalanan yang lurus nan panjang, pada gigi4nya putaran mesin akan turun yang disebabkan perbandingan gigi penggerak lebih besar dibandingkan dengan gigi yang digerakkan yang tenar dengan over-drive. Tujuan over-drive ini untuk mereduksi putaran mesin pada kecepatan tinggi agar tidak terlalu bermain di putaran atas, bisa dibilang gigi 4 merupakan gigi yang menjaga mesin agar tidak terlalu berteriak dalam jangka waktu lama.

pada gigi5 dan 6nya over-drive, namun ditutupi dengan masing-masing giginya close

giliran gigi persnelingnya yang berjumlah 5 macam motor vixion, megapro,thunder dan lainnya. Jika diperhatikan hampir semua motor yang memakai jumlah giginya 5 adalah motor sport. melihat dasar dari motor sport yang fungsi sebenarnya untuk kalangan laki yang seneng pergi jauh, dengan trek yang bermacam-macam, mulai dari tanjakan, turunan, jalan lurus… pokoknya segala medan touring lah, dengan 5 gigi, motor sport tidak akan kehabisa power untuk melayani pengendaranya yang seneng perjanan panjang, pada gigi 5’nya juga sama seperti gigi ke-4 pada motor bebek yang bertujuan untuk menjaga putaran mesin agar tidak berteriak dalam jangka waktu yang lama… ngeeeeng… ngeeeeng… ngoook….

dengan 6 speed tidak adalagi putaran mesin drop

sekarang giliran kasta tertinggi di jajaran motor indonesia, dilengkapi dengan jumlah persneling enam buah, seperti satria FU, tiger,CBR150, satria R120, Ninja 150, ninja 250 dll, Kesemua dari itu merupakan motor yang difungsikan sebagai pengai kecepatan, kecuali si tiger yang touring. yang memakai 6 buah gigi ini merupakan motor yang difungsikan untuk memanjagan adrenalin si pengendara dengan speednya yang tinggi, biasanya motor dengan jumlah giginya 6 merupakan motor yang lebih mementingkan power dibanding torsi, gigi  berjumlah 6 ini bertujuqan untuk meminimalkan kekurangan pada torsi motor sport yang terbilang rendah dan power yang relatif besar pada putaran tinggi. dengan 6 buah gigi tidak lagi ada gejala putaran mesin yang drop pada saat perpindahan gigi.

tulisan saya diatas masih banyak kekurangannya, jadi berikan kritik dan sarannya….

let’s share….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

21 responses »

  1. novriexx mengatakan:

    pertamax direbut

  2. arkan mengatakan:

    gigi satu aja belum habis! minta 8?

  3. NanaRedPro. mengatakan:

    keduax aja

  4. NanaRedPro. mengatakan:

    ketigax juga

  5. NanaRedPro. mengatakan:

    sekalian harapan satunya

  6. NanaRedPro. mengatakan:

    baru koment…
    baru tau kenapa motor jumlah giginya beda-beda
    NICE INFO

  7. Maskur mengatakan:

    o gitu ya?
    Kenapa motor matik gak pake gigi?

  8. Bonsai Biker mengatakan:

    gigi banyak di tiger biasanya supasa stabil dantak ndut-ndutan

  9. aditninjamaniac mengatakan:

    wah kalo sampe 8 mah kayak bis dong mas bro😀

    nitip kios ah
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/19/nikmatnya-motor-2-stroke/

  10. aaikhwan mengatakan:

    nice inpoh bro🙂

    salam kenal warga wordpress

    http://aaikhwan.wordpress.com

  11. Setiawan mengatakan:

    Gitu toh…. sipp

  12. blognyamitra mengatakan:

    Gigi 6 biasanya buat nurunin RPM agar mesin awet.

  13. ridertua mengatakan:

    wah jangan bilang ompong dong:mrgreen:
    btw “C” itu artinya cota-cota😆

  14. sobek2 mengatakan:

    oh,.. Tak pikir kalo gigi paling belakang itu buat mundur,.. Hehehehew

  15. martini mengatakan:

    tapi kenapa motor balap jaman perang dunia 2 cuma 3speed??? kenpa juga di gigi 2 sudah bisa kabur 120kpj…..gigi 3 (end ratio) sudah diatas 200kpj….

  16. martini mengatakan:

    VW kodok drag malah cuma 2speed….hehehehe…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s