4 piston ovalnya seperti memakai 8 buah piston bulat biasa

inilah motor yang paling revolusioner sepanjang jaman permotoran, tiada sepeda motor yang dapat menandingi teknologinya. Jika dibandingkan dari segi power dengan motor jaman sekarang, motor ini memang kelihatan loyo, dijamannya??? saingannya 2tak 500cc bro….!! udah taukan gimana perbandingan antara 2 tak dengan 4 tak, semisalnya jika diadu 4 tak dan 2 tak bersamaan, maka kapasitas mesin 4 tak harus lebih besar 1.6x dari 2tak, seperti saat Gp 500 beralih ke 4tak 990cc,..!!

NR500 family

beda dengan regulasi dijaman itu, pembatasan hanya dari kapasitas mesin, tidak peduli akan 2tak ataupun 4 tak, yang penting CCnya sama, teknologi boleh bebas-sebebasnya…!! karena sebebas-bebasnya itulah jadinya honda timbul ide gila, dengan menerjunkan 4tak revolusionernya, dan alasan keduanya yaitu kebencian honda akan motor 2tak, ngebul bak obat nyamuk…!!!

dashboard masih jadul

kembali le leptop… NR500 dilengkapi 4 buah klep oval yang memungkinkan diaplikasikannya 8 buah klep dalam satu silinder ovalnya, jadi dengan 4 buah seher, maka banyak klepnya 8 x 4 = 32buah….apa bener anak anak… kayak SD aja…😀 !! bayangkan dalam 4 silindernya dilayani 32klep, 8 buah busi, itu artinya motor ini sama dengan 8 silinder yang dilayani 4buah klep…. busyyeeettt…!!!

rem dari nissin

tidak cukup sampai disitu bro…!! putaran mesinnya bisa lebih dari 19.000rpm, motoGp jaman sekarang aja mentok di 18.000rpm udah pake pneumatic valve lagi, kalo NR500 murni spring valve bro, so kemungkinan klep ngambang masih banyak terjadi. powernya sendiri terbilang kecil yang hanya 130ps@19.000rpm… kecilkah??? nggak lah, dijamannya itu besar, apalagi lawannya 2 tak 500cc, jika dibandingkan powernya setara dengan supersport 600cc dijaman sekarang yang serba canggih ini.

radiatornya ada disamping

berikut speknya:

mesin V-4, oval piston, 32klep dan 8busi, 90’V, 499cc
power 130ps@19.000rpm
berat 130kg
transmisi 6 speed

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

18 responses »

  1. BN5274JC mengatakan:

    Pertamax!!!
    Ntar bhas motor super power nya Yamaha Bro ya,kl ada,hehe..

  2. Hourex mengatakan:

    kek mana suara mesin di @19.000 rpm tuu..
    Sadiz kali yaa..

  3. de2tninja mengatakan:

    oya bli…sebagai pembaca setia blognya bli, boleh donk nanti minta di bahas sejarahnya kawasaki ninja…ato motor super power kawasaki gitu..hehehehe

  4. irfan mengatakan:

    radiator disamping apa bisa cepet tuh bikin mesin dingin??dapat angin dari mana???bingung####

  5. gaplek mania mengatakan:

    yg saya tunggu.pertama liat di tabloid otomotif tahun 97an.
    mesin tergila didunia.8klep persilinder
    apa enggak pegel yg nyekur klepnya

  6. dendy mengatakan:

    130 ps 4 tak 500 cc ?
    gede bgt !
    semua mtr 600 cc d bbt semua mulai adiknya cbr 600RR smpai paling powerful r6 dan gixxer 600

  7. kucrut_bike's mengatakan:

    dengan kemajuan teknologi sekarang kenapa honda gak bikin mesin pake oval piston lagi yak kayak jaman nya NR750? segala kekurangan yang ada pada saat itu kemungkinan bs diperbaiki begitu juga dengan efisiensi nya. misal dibikin 1 silinder tapi pake oval piston gitu..

  8. ウィナ mengatakan:

    ini artikel yg paling saia tunggu
    emg soichiro honda ada kemiripan dgn saia yaitu sama2 ga suka asap knalpot 2tak
    klo bebek single silinder berpiston oval dikasih 8klep ada ga ya bro?
    ngakak.com

  9. Kyoghi mengatakan:

    salah 1 motor kolektor item yg skrg banyak diburu, n second hand nya masih mahal banget ni………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s