V5 paling revolusioner

Inilah motor prototipe honda yang paling berjaya dan yang paling terkenal, yang pernah menghantar rossi meraih puncak juara dunia. motor yang didesain khusus untuk menguasai kejuaraan motogp 4tak.
RC211v sebenarnya mengambil rancang bangun mesin dari honda RC45 yang telah memakai desain V4, inilah kehebatan honda dalam mencari celah regulasi motoGp saat itu yang memperbolehkan pemakaian 5 silinder. nah… apa dong hubungannya dengan mesin RC45??? ya jelas ada dong bro… jika di mesin rc45 terdapat 4 seher V maka untuk membangun mesin RC211V honda tinggal mengambil basik dari RC45, dengan menambahkan satu silinder lagi diantara 2 silinder didepan. apa akibatnya pemakaian 5 silinder ini, tentu ada pada stroke yang dimiliki mesin ini sungguh pendek, taukan apa akibat dari stroke pendek, Rpm akan menjulang tinggi tanfa membuat komponen yang super kuat dalam menerima gebukan kompresi tinggi dalam Rpm yang selangit.

menghantarkan rossi juara dunia


Sekarang kita bahas penamaannya, RC211V memiliki arti yaitu, RC yang berarti penamaan dari mesin balapnya honda untuk 4tak, 211 berarti mesin barunya honda yang dibuat pertama pada abad ke 21, ditambah imbukan angka 1 lagi yang berarti generasi pertama, dan hurup V nya yang berari memakai mesin berkonfigurasi V. jadi taukan artinya RC211V???

inilah yang dipertanyakan publik, yaitu crankshaftnya yang aneh

dari segi powernya bagaimana??? honda tidaklah mau jujur mengungkapkan berapa power sebenarnya motor ini, menurut spek nya motor ini hanya berpower 237hp, akan tetapi menurut pengamatan ahli motoGp yang pernah saya baca di M+, power yang sebenarnya saat ditahun terakhirnya bisa menyentuh 300hp.. waooow….

ini derajat pengapiannya

berikut speknya:

2003 2004 2005 2006
Length 2,050 mm (80.7 in)
Width 600 mm (23.6 in) 645 mm (25.4 in)
Height 1,130 mm (44.5 in)
Wheelbase 1,440 mm (56.7 in)
Road Clearance 130 mm (5.1 in)
Weight around 145 kg (320 lb) around 148 kg (326 lb)
Engine Type water-cooled, four-stroke, DOHC 4 Valve, V-5
Displacement 990 cc (60 cu in)
Max Power 200 PS (147 kW; 197 hp) 240 PS (177 kW; 237 hp)
Frame Type Twin-tube
Front Wheel 17 in (43 cm) 16.5 in (42 cm)[11][12]
Rear Wheel 16.5 in (42 cm)
Front Suspension Telescopic
Rear Suspension Unit Pro-link New Unit Pro-link
Fuel Capacity 24 L (5.3 imp gal; 6.3 US gal) 22 L (4.8 imp gal; 5.8 US gal)

 

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

34 responses »

  1. guitarvock berkata:

    saya acak acak aja deh ni warung

  2. guitarvock berkata:

    dah pernah baca,
    tapi jadi inget lagi
    hehe
    :mrgreen:

  3. farid21 berkata:

    Wiiiihh,,ini artikel yg aq tunggu2 bli!
    Heheee,,
    Untuk gambar lain segi mesin ada g bli?
    Cz aq sk bgt ma ni motor bli,
    Makasih

  4. kirana88 berkata:

    mantap artikelny.ditunggu slanjutnya

  5. gaplek mania berkata:

    crankshaft aneh.seperti didesain untuk 3silinder dulu sempat ragu ama honda.soalnya mesin v ganjil(3 atau 5 silinder rentan vibrasi)
    terbukti di modenas KR3 yg gagal total.bahkan kalah dengan NSR500v yg cuma v2

    • j4na berkata:

      memang kliatan 3 silinder mas, sebenarnya juga nih mesin 3 silinder mas tapi ditambah lagi 2 silinder dibelakangnya…. modenas apa moriwaki mas???

  6. gaplek mania berkata:

    modenas kr3.jaman gp500,
    KR=kenny robert.

  7. de2tninja berkata:

    Proton KR itu ya mas bro…??

  8. gaplek mania berkata:

    yup.proton kr nyoba2 niru honda dengan v5.nyatanya juga gagal.sebelumnya team robert juga kerjasama dengan modenas(motosikal dan enjin nasional)membuat motor gp 500 mesinnya v3.padahal honda telah meninggalkan v3 sejak 1983(ns500)

    • j4na berkata:

      kalo malingsia sih orangnya goblok2…. menangnya cuma diduit aja…. lain ma orang indonesia, pintar tapi krisis duit…. robot aja juara dunia, fisika juara dunia, sains juga kan???

  9. rio berkata:

    gmn dgn RC 212 bro

  10. ウィナ berkata:

    apakah nanti motogp2012 honda akan menggunakan type mesin ini lg bli?
    soalnya regulasi yg membolehkan mesin sampe 1000cc

  11. ウィナ berkata:

    300hp?wuuiihh setara dgn mesin WRC macam evo ato wrx yg 2000cc+turbo

  12. rio berkata:

    kayanya gp 2012 gk pke teknologi ini cz regulasi mesinya pke mesin mtr massal.
    tapi bsa pake part2 racing mtr gp.

    makanya honda bkin rvf 1000 dgn bore stroke maksimum 81 mm utk di jual ke publik. Sbgai strategi mtr gp 2012.
    hnda punya stoner yg kt tahu penyuka mtr liar. Stoner gk bkal mungkin cocok sma cbr fireblade yg karakternya handling dan accelerasi halus gk spontan. Mungkin bsa jadi RVF nie pake teknologi screamer wat ngejar speed tinggi supaya cocok utk stoner. Sdng pedrosa siy cukup dgn fireblade.

  13. gaplek mania berkata:

    jangan lupa nsr,yzr,rgv bro.
    sebenernya selain rc211v yg sama gilanya itu nsr500 yg screamer.edan tuh.cuma mike doohan yg bisa menaklukkannya.

  14. rio berkata:

    @ j4na ya mas tapi sy lht d berbagai situs siy gtu ktnya dr mesin mtr massal alias sma kea superbike CMIWW 😉

    • j4na berkata:

      emang bner mas regulasi yang memperbolehkan pemakaian motor harian, dengan batasan diameter maksimal seher 81mm,… inilah kerancuan regulasi, saya yakin tim yang menurunkan motor harian akan keteteran…..

  15. rio berkata:

    ooo gtu jadi mungkin mto gp 1000cc yg versi mtr massal vs moto gp 800cc tapi mesin khs mt gp. Cmiww

  16. tzuka berkata:

    niki sampun motor motogp honda sane paling berkesan ring hatin tiange!! mantep bli jana!!! rossi sering menyebutnya v5! nsrnya 4tak.

  17. rio berkata:

    wah seru… Artikelnya mas bro… Gak pernah membanding2kn dgn yg læn.
    Alay mode : on

  18. tzuka berkata:

    nggih!! tiang saking singapadu. artikelnya mantap!! tiang terus jantos sane lianan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s