gimanakah wujud RC213V 2012???

Setelah beberapa lama melakukan perburuan dan pertapaan di hutan yang gelap gulita  dipenuhi dengan mahluk-mahluk yang bisa dibilang seyem…. akhirnya beberapa informasi dapat diperoleh juga, selain itu SLR dapat juga berbagai ilmu penafsiran…. yeaaaah…. apa hubungannya ama judul diatas xixixixix… ha ha ha…. ga ada lah…. bcanda-bcanda…

tidak lagi memakai V5nya...???

kembali ke leptop…..  sesuai dengan judul diatas, SLR sudah dapat menerawang bagaimana spek motor yang akan diturunkan honda untuk menghadapi musim 2012 yangregulasinya diubah menjadi 1000cc,diameter sehernya dibatasi maksimal 81mm,  dan jumlah silindernya hanya 4 buah.Jika dicari dalam rumus, dengan diameter seher maksimal yang hanya 81mm maka akan ketemu strokenya ada disekitaran 48koma sekian mili. so SLR coba cari-cari motor balap honda yang mendekati stroke itu, eng-ing-eng…. jawabannya ada pada RC45 yang CCnya cuma 750, borexstroke rationya 70 x 48.6mm, dan bentuk mesinnya hampir mirip dengan RC212V yaitu V4. trus apa dong artinya?? kemungkinan mesin RC45 akan dipakai basisnya, kemudian dilakukan perubahan pada borenya, bisa dibilang dilakukan langkah bore-up dari 70mm menjadi 80.8mm. kok 80.8mm??? kok bukan 81mm aja?? nah jika dengan langkah stroke yang 48.6 dikasi seher 81mm tentu kapasitas mesinnya akan melebihi 1000cc, so brarti melanggar regulasi. berikut itung-itungannya:

  • bore : 80.8mm dan stroke : 48.6mm

so let’s itung:

#disp=phi(0.5*D.kuadrat)*r

#         = 3.14*1632.16*48.6

#         = 249074

#        = 249074/1000

#       =249.07

tetap memakai V4

jadi dalam satu silindernya kapasitas mesinnya 249.07, sekarang dikali 4 sesuai dengan jumlah silindernya yang 4 buah 249.07×4=996, nah ketemu dah kapasitas mesinnya yaitu 996cc dibulatkan menjadi 1000cc.

pasti bro berpikir, mengapa SLR mengaitkan RC213V dengan RC45, itu disebabkan kebiasaan honda yang tidak terlepas akan generasi yang sebelumnya, seperti pembangunan RC211V yang mengambil dasar dari RC45 juga. Sekarang powernya, berapakah perkiraan powernya yang akan dicapai??? kita kembali lagi ke RC 45 yang powernya setelah dilakukan upgrade bisa mencapai 190hp, dengan spek yang tidak sebegitu canggih kayak sekarang dalam pemakaian teknologinya”pneumatic” powernya sudah bisa mencapai 190hp, bagaimana dengan RC213 yang memakai sistem pneumatic, belum lagi kapasitas mesinnya yang 250cc lebih besar dibandingkan dengan RC45. selain itu kita bandingkan lagi dengan generasi RC211V yang powernya 250hp lebih dengan catatan RC211V memiliki spek yang lebih bebas dibandingkan dengan generasi 2012. so menurut SLR perkiraan powernya bisa mencapai 220hp lebih, atau berada ditengah-tengah dari power RC211V dan RC212V.

lagi ada satu pertanyaan, kenapa tidak memakai mesin 2006 saja kan kapasitas mesinnya hampir menyentuh 1000cc??? jawabannya kembali ke regulasi yang membatasi jumlah silinder yang hanya boleh maksimal 4 buah, so udah jelaskan RC211V tidak boleh dimasukkan……!!!

kemungkinan mengambil basis dari RC45

mungkin diantara bro semua ada yang tidak setuju dengan penerawangan anak kemarin sore ini, ya maklumlah…!!! tapi ini bisa menjadi bayangan bagaimana sih motornya honda di moto1 2012….!!!

setuju ga setuju silahkan berbagi pendapat atau bisa ditambahkan…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

19 responses »

  1. Gendown mengatakan:

    Pertamax!!!:mrgreen:

  2. novriexx mengatakan:

    semoga premium

  3. Gendown mengatakan:

    Berarti bener kata Rossi, motor MotoGP jepang menggunakan basis dan karakter motor jalanan/umum…

    • j4na mengatakan:

      ya emang bner mas, hanya D16 yang bner2 dikembangkan dari yang bner2 prototipe,… ingat blom ada sebelum 2002 mesin ducati yang V4, kecuali desmosedici yang dijual untuk umum yang spek-down’an dari GP6…
      baca dimajalah ya mas???

  4. novriexx mengatakan:

    regulasi 2012 apa aja mang

    • j4na mengatakan:

      berikut: kapasitas mesin maksimalnya 1000cc dengan maksimal silindernya 4 buah yang berdiameter maksimal 81mm, berat motor minimalnya sendir untuk 1000cc yaitu 153kg dan yang 800cc 150kg. dengan jumlah BBM hanya boleh 21liter
      akan tetapi untuk tim baru yang memakai motor masal diperbolehkan sampai 24 liter… itu secuil regulasinya….

  5. miko mengatakan:

    dapet penerawangan angka 213 dr mana bos? apa sudah terendus angka tsb? emang sih kalo d urut waktunya generasi ketiga 211, 212, 213…

    • j4na mengatakan:

      abis bertapa tadi….. arti kata RC211V yang sebelumnya adalah
      RC : generasi motor balapnya honda 4tak, kecuali RC250M/RC250MA
      21 : diturunkan diabad ke-21
      1nya lagi: generasi ke-1
      V : jenis mesin V
      begitu juga terjadi di tahun 2007 yang berubah lagi generasi mesinnya, yang semula 990cc V5 menjadi 800cc V4 dengan nama RC212V…
      gimana dengan tahun 2012…??? kan lanjutannya jadi RC213V…
      ga mungkin VTR/RVT kan????

  6. asmarantaka mengatakan:

    kalo pakai V4 kans menangnya jadi sama rata…coz RC211V menang karena 5 silinder…sedangkan musuhnya hanya 4 silinder:mrgreen:

  7. miko mengatakan:

    @jana hahaha bs aja si bos. tp ngomongin mslh peraturan FIM awal MOTOGP thn 2002 emang agak condong k honda. kalo gak salah 4 n 5 silinder beratnya sama. tp liat artikel2 d sini yg ngulas mesin2 eksotis honda. bs gua simpulkan honda emang dedengkotnya 4 tak. bela2in tmbh silinder tp tetep 4 tak. pdhl musuhnya pk 2 tak smua.

    • Safety Rider mengatakan:

      Masa sih Bro, aturannya mang dari sononya kaya gitu, n Honda yg berani ambil 5 silinder, yg lainnya ga berani, karena silinder ganjil susah ngaturnya.
      ada jg yg bikin 3 silinder buat ngejar bobot ringan. kl memang menguntungkan Honda knp ga ada yg bikin 5 silinder selain Honda?

  8. ウィナ mengatakan:

    ohh saia bisa pahami,ulasan yg mantap dan perhitungan
    nice bro

  9. A Seen mengatakan:

    suatu saat di jual gak yah

  10. tariftelpon mengatakan:

    setir kencang boleh,
    tapi yang aman ya
    kalau lagi setir jangan main2 sms
    bisa fatal

    liat ini:
    http://tariftelpon.wordpress.com/2010/12/29/setir-mobil-sms-fatal/

  11. ATi 5970 mengatakan:

    Sedikit mengoreksi…
    Generasi awal honda RC211V powernya lebih dari 200 PS (http://world.honda.com/HRC/repsolhondateam/archives/2002/). Pada tahun 2004 RC211V mengalami peningkatan power hingga lebih dari 240 PS.

    Sedangkan RC212V tahun 2007 – 2010 powernya lebih dari 210 PS / 155kW.

    Sebagai perbandingan, CBR1000RR tim Castrol Honda yang 1000cc powernya lebih dari 215 HP (http://www.castrol.com/castrol/genericarticle.do?categoryId=9024007&contentId=7044409) atau 220 HP (versi game SBK-X & SBK 2011). Cuma sayang, karena power-to-weight ratio CBR lebih kecil dibandingin dengan RC212V, jadi tetep saja RC212V lebih kencang dari CBR1000RR. Dani Pedrosa saja bisa tembus 349 kph di Mugello dengan RC212V (http://www.motogp.com/en/news/2009/Pedrosa+top+speed+record+mugello)

    RC212V yang 800 cc saja powernya lebih dari 210 HP. Kemungkinan RC213V powernya bisa menyamai RC211V meskipun silindernya cuma 4, karena teknologi yang dipakai juga berkembang. Liat saja contoh RC211V generasi awal dengan generasi akhir ada peningkatan power. Saya yakin RC213V bisa bisa menyamai bahkan melebihi RC211V.

  12. Noer mengatakan:

    permisi gaaan ,, Pertamax !!! yang jelas dari sisi Power memang RC213V masih belum bisa menyaingi RC211V ya karena kelebihan 5 silindernya itu, tapi HRC menyiasatinya dengan Gearbox terbaru yg dibilang bukan dual clutch tapi bekerja seperti dual clutch,, jadi rpm bisa tetep stabil dikala over gigi ,, yang kesimpulannya ,, speed tetep bertambah walaupun menganut aliran V4 ,,,

  13. cahyo repsol honda mengatakan:

    wah kayaknya balapan musim 2012 moto gp bakalan lebih seru nich , daripada ngeliat balapan f1 kan mesin sama sama 4 cylinder trus kapasitas 1000 cc top speed juga bakal gila gilaan donk , inget DUCATI GP6 aja top speed nya nyampe 357 km per jam , HONDA RC211V 351 km per jam , YAMAHA YZR M1 339,8 km per jam di musim 2006. tenaga mungkin bisa lebih beringas dari era 800 cc atau mendekati 240 hp seperti moto gp era 990 cc. This very hot competition because all the rider with same engine and no one can dominated that’s season because need a good skill, good motivation and the competitive team to do anything.

  14. abdulrozak mengatakan:

    Emeng..honda lebih ajib!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s