tercepat dijamannya

pada tahun 1984 dikabarkan salah satu pabrikan motor jepang secara rahasia telah memproduksi motor tercepat didunia, dikembangkan selama 6 tahun untuk menggebrak pasaran. pabrikan itu adalah kawasaki heavy industry yang secara rahasia telah mengembangkan motor sport selama 6 tahun, jadilah pada tahun 1984 diluncurkan motor dengan mesin yang revolusioner, yaitu mesin DOHC 16 klep, yang didinginkan cairan. ini merupakan mesin motor jalanan pertama yang memakai spek itu dan juga yang pertama bisa mencapai topspeed 240kph. motor itu adalah GPZ900R yang berhasil mencetakkan namanya di buku record sebagai motor terkencang di tahun 1984.

mesin moge pertama yang memakai DOHC16valve liquid cool

bagaimana dengan aksi balapnya?? inilah kehebatan motor ini, sebelum diluncurkan secara resmi pada tahun 1984, pada tahun 1983 motor ini telah mencetak juara di ajang Isle Of Man TT yaitu posisi pertama dan kedua. Bagaimana dengan akselerasi motor ini…??? dicoba diajang 402m atau seperempat mil, motor ini hanya menempuh waktu 10.55 detik, bisa dibilang dahsyat.

sekarang giliran mesinnya, dilengkapi 16katup dalam 4 silindernya, artinya inilah cikal bakal mesin superbike 4 silinder jaman sekarang yang tenar di WSBK. bore x strokenya sendiri 72.5 x 55mm, dengan kapasitas mesin 908cc. powernya sendiri tidaklah begitu wah dibandingkan motor jaman sekarang, hanya 115hp@9.500rpm.

pertama dengan nama NINJA....

berikut speknya:

Manufacturer Kawasaki
Also called Ninja[1]
Parent company Kawasaki Heavy Industries
Production 1984–1996[2]
Predecessor none
Successor ZZ-R1100
Class Sport bike
Engine 908 cc (55.4 cu in), 4-stroke, transverse 4-cylinder, liquid-cooled, DOHC, 4-valve per cylinder[3][4][5]
Bore / Stroke 72.5 × 55 mm (2.85 × 2.2 in)
Top speed 151 mph (243 km/h)[3] 158 mph (254 km/h)[5]
Power 115 bhp (86 kW) @ 9,500 rpm (1986)[3][4] 108 bhp (81 kW) @ 9,500 rpm (1990 Europe)[4] 100 bhp (75 kW) @ 9,500 rpm (1990 Europe)[6] 89 bhp (66 kW) @ 9,000 rpm (1986 Japan)[4]
Torque 8.7 kgf (63 ft·lbf) @ 8,500 rpm[4]
8.5 kgf (61 ft·lbf) @ 8,500 rpm (Europe)[4]
7.3 kgf (53 ft·lbf) @ 6,500 rpm (Japan)[4]
Transmission 6-speed constant mesh, return shift. Wet multi-disc clutch. Chain drive.[4]
Suspension Front: telescopic fork, air
Rear: Uni-trak, air shock.[4]
Brakes Front: dual disc
Rear: single disc[4]
Tires tubeless
120/80-16 (front) (A1 – A6)
130/80-18 (rear) (A1 – A6)
120/80-17 (front) (A7-A8)
150/80-18 (rear) (A7 – A8)[4]
Rake, Trail 29 deg 114 mm (4.5 in)[4]
Wheelbase 1,495 mm (58.9 in)[4]
Dimensions L 2,200 mm (87 in)[4]
W 750 mm (30 in)[4]
H 1,215 mm (47.8 in)[4]
Seat height 780 mm (31 in)
Weight 228 kg (500 lb)[4]
(249 kg (550 lb) (Europe)[6] 234 kg (520 lb) (Europe)[4] (dry)
Fuel capacity 22 L (4.8 imp gal; 5.8 US gal)
Reserve: 4 L (0.88 imp gal; 1.1 US gal)[4]

eeeiiit…. hampir lupa…. GPZ900 merupakan seri pertama motor kawasaki yang diberi nama NINJA…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

5 responses »

  1. Mechman mengatakan:

    emang kawasaki pencetus moge inline four seliteran…

  2. de2tninja mengatakan:

    hebaaaaatttt…amankan podium 3…
    Om nya Ninja R tuh…

  3. gaplek mania mengatakan:

    wow.karbunya berjajar

  4. moyseventeen mengatakan:

    ko tampilan blognya beda bro pake laptop kaya tampilan hp lurus ke bawah
    http://moy17.wordpress.com/2011/01/27/suzuki-fxr-150-sang-legenda/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s