V4 125cc yamaha

SLR pernah menulis di artikel sebelumnya tentang motor pertamanya yamaha dan juga menjadi motor pertamanya juga yang diturunkan di arena balap yaitu YA1 yang dibuat dan diturunkan diarena balap  pada tahun yang bersamaan yaitu tahun 1955.  tidak hanya sekedar itu kreasi yamaha di motor yang berkapasitas mesin 125cc, akan tetapi dari YA1 yamaha menghasilkan sampai 22 parian motor legendaris berkapasitas 125cc dari kurun waktu 1955 sampai 1978.

motor balap pertama yamaha

mari dibahas, dimulai dari YA1,YA-A sampai YA-B  yang diturunkan di balapan lokal yaitu balapan pendakian gunung Asama dari tahun 55 sampai tahun 57 yang berhasil merebut banyak juara. di tahun 61 yamahapun memutuskan untuk menurunkan motor 125 cc nya di kancah duniamacam di seri eropa dengan mendesain motor berjenis barunya yang diberi kode nama RA41, bermesin 125cc 2tak dengan katup rotarinya, bore x strokenya 56 x 50mm, power yang dihasilkan terbilang yahud dijamannya yaitu 20hp@10.000rpm. di motor ini juga tonggak sejarah tercipta di motor yamaha, yaitu dengan dipasangnya sistem pelumasan Autolube, ini moyangnya sistem pelumasan 2tak pada yamaha. selain itu ada hal yang mengherankan pada motor ini, yaitu pada sistem karburasinya, terdapat 2 buah karburator dalam satu silinder 125ccnya…. waaooow…… hebat juga ya yamaha….

RA41

pada akhir tahun 1961 yamaha mengembangkan mesin  seri RA41 agar lebih bertenaga lagi, yaitu RA55 yang unggul dipowernya, lebih besar 2hp dibanding RA41. powernya 22hp@10.500rpm. sampai diseri terakhir RA-single silinder bisa menelorkan power samapai 25hp@12.000rpm pada RA75.

RA75

pada tahun 1964 yamaha kembali mengembangkan teknologinya dengan menciptakan mesin seri RA terbaru dengan mengusung 2 silinder atau ngetren dengan sebutan twin. Dengan kode nama RA97 bisa menghasilkan power sampai 34hp@14.200rpm, bore x strokenya 44 x 41mm. ditahun berikutnya RA97 sitem pendinginannya diubah menjadi liquid-cool, menjadikan motor ini sebagai motor pertama yamaha yang menerapkan pendinginan cairan pada mesinnya. pada seri terakhir pengembangan RA97 powernya bisa mencapai 38hp@14.700rpm.

motor pertama yamaha dengan liquid-cool

di tahun 1967 yamaha menciptakan mesin yang terbilang revolusioner di generasinya yaitu RA31 bermesin V4 2tak, di seri terakhirnya power yang ditorehkan sangat dahsyat yaitu 44hp@17.300rpm. dengan bore x stroke sang teramat mungil yaitu 35 x 32.4 membuat mesin ini berteriak sangat kencang melebihi 17.500rpm. sistem karburasinya memakai mikuni VM22mm sebanyak 4 buah.

mesin relolusioner yamaha pertama dengan v4

pada tahun 1968 semua pabrikan motor jepang memutuskan untuk tidak ikut dalam semua kejuaraan GP yang disebabkan berbagai hal, termasuk yamaha juga. akan tetapi yamaha masih tetap menurunkan motornya dengan spek yang lebih rendahan di tim non-pabrikan, RA31pun tidak diturunkan sebagai penggantinya diturunkan seri YZ, YZ pertama yang turun balapan adalah dengan kode YZ623 dikenal pula dengan sebutan TA125 di motor masalnya. spek mesinnyapun tidak lagi V4, tapi beralih ke mesin 2silinder segaris, begitu juga dengan powernya, diseri terakhirnya  power yang dihasilkan hanya 32hp@14.250rpm. dibalik penurunan spek itu, ada teknologi baru yang disematkan pada seri ini, yaitu dimulainya pemakaian CDI pada tahun 1971.

penurunan spek pada YZ-series

1973 yamaha mengubah pengkodean motornya, semula dari YZ menjadi OW yaitu OW15, memakai 2 silinder ditemani sistem karburasi dari mikuni VM28SC sebanyak 2 buah. power yang dihasilkanpun lebih besar sedikit dibandingkan dengan generasi YZ, sebesar 38hp@14.500rpm.

OW-series

tahun selanjutnya yaitu pada tahun 1976 yamaha kembali menurunkan spek mesinn OW dengan pengkodean baru OW37, namun dengan power yang lebih tinggi yaitu 44hp@14.500rpm. dilengkapi piston tunggal 125cc dengan bore x stroke 56 x 50mm.

dengan sistem pelumasan autolube

 

 

 

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

4 responses »

  1. thawil mengatakan:

    lengkap banget ulasannya broo… good post🙂

  2. gaplek mania mengatakan:

    jaman dulu tangkinya puanjang ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s