Didunia ini ada berbagai macam mesin, mulai dari 2tak, 4tak,wenkel,jet-engine, dan banyak lagi. dan yang terakhir ini muncul mesin tipe baru, yaitu mesin hybrid gabungan antara mesin 2tak dan 4tak. Mesin ini buah karya dari john ellwood yang orang kebangsaan swedia. dia menggabungkan dua jenis mesin 4tak dan 2tak, dengan cara tetap memakai mesin 4 tak itu sendiri, namun ditambah piranti yang bernama reedvalve pada crankcasenya. di crankcase itulah mencirikan mesin ini mengambil basis mesin 2tak.
Dengan memanfaatkan tekanan yang dihasilkan diruang crankcase saat seher bergerak dari TMA ke TMB akan memberi efek seperti turbo”sama seperti mesin 2tak” yang menekan paksa udara+bbm untuk masuk ke dalam ruang bakar yang melewati hose kemudian menuju ke inlet-valve. jadi efek yang ditibulkan pada mesin 4tak ini adalah seperti power yang dihasilkan mesin 2tak, namun diputaran bawahnya masih mencirikan mesin 4tak, so akibatnya adalah power akan terisi terus dari putaran bawah sampai putaran atas.
sumber: http://thekneeslider.com
pertamaxx
mo nanya belih..pada saat langkah ke 3:sehabis terjadi pembakaran piston bergerak dari TMA ke TMB(langkah usaha)dengan keberadan gas di ruang crank case di tambah posisi katub in yang masih menutup,apakah tidak menghilangkan power hasil pembakaran itu sendiri(sama saja mengompressi balik gas di ruang crank case) dan dengan adanya kevakuman 2x di venturi (karburator) dalam 1x siklus kerja engine/kurang lebih sama dengan mesin2 tak konvensional,apakahbisa se-irit mesin 4 tak biasa / mungkin lebih mohon pencerahannya..
sama sistemnya kayak di mesin 2tak…. dimesin 2tak terdapat 2kompresi dalam satu mesinnya yaitu kompresi primer dan sekunder, sekundernya sendiri terjaidi di ruang crankcase….
nah kalau di mesin ini juga di crankcase dan di hosenya akan terjdi tekanan yang sangat tinggi… jika klep sudah membuka akan menimbulkan efek yang mirip dengan turbo…. apajadinya….. ya jelas udara yang masuk akan semakin besar, itu artinya sama dengan menaikkan kompresi, pembakaranpun akan semakin besar…. pembakaran yang besar ini digunakan untuk memaksa seher menendang ke TMB….
gimana???
bingung gan
kok binguuung…???
oke gan..matursuwun penjelasannya
sama bro…..
tidak ada breather di crank casenya
maksud bro saluran pembuangan udaranya kan??? jelas nggak mas…. kan crankcasenya terhubunglangsung dengan saluran inletvalve…
pada intinya, dan melihat siklusnya ini merupakan mesin 4tak, namun mengaplikasi sebagian sistem yg menguntungkan dari sistem 2 tak ! 🙂
gk ngerti…..taunya buka tangki, isi bensin
tapi mungkin gk ya seiirit 4 tak seganas 2 tak
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
setelah liat cara kerjanya, sama spt 2 tak konvensional. siklus tetap 2 langkah.
cuma bedanya klo 2 tak konvensional lubang isap dan keluar di tahan oleh piston, sedangkan yang ini ditahan oleh klep.
tetep boros klo kyk gini mah, malah repot, pasti ada tambahan komponen di cylinder head macam klep, noken as, dll.