mesin hybrid... dilengkapi intercool, seperti mesin turbo

Didunia ini ada berbagai macam mesin, mulai dari 2tak, 4tak,wenkel,jet-engine, dan banyak lagi. dan yang terakhir ini muncul mesin tipe baru, yaitu mesin hybrid gabungan antara mesin 2tak dan 4tak. Mesin ini buah karya dari john ellwood yang orang kebangsaan swedia. dia menggabungkan dua jenis mesin 4tak dan 2tak, dengan cara tetap memakai mesin 4 tak itu sendiri, namun ditambah piranti yang bernama reedvalve  pada crankcasenya. di crankcase itulah mencirikan mesin ini mengambil basis mesin 2tak.

sistem kerjanya..... please dipelajari

Dengan memanfaatkan tekanan yang dihasilkan diruang crankcase saat seher bergerak dari TMA ke TMB akan memberi efek seperti turbo”sama seperti mesin 2tak” yang menekan paksa udara+bbm untuk masuk ke dalam ruang bakar yang melewati hose kemudian menuju ke inlet-valve. jadi efek yang ditibulkan pada mesin 4tak ini adalah seperti power yang dihasilkan mesin 2tak, namun diputaran bawahnya masih mencirikan mesin 4tak, so akibatnya adalah power akan terisi terus dari putaran bawah sampai putaran atas.

crankcase seperti mesin 2tak

sumber: http://thekneeslider.com

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

12 responses »

  1. jhond berkata:

    pertamaxx

  2. mo nanya belih..pada saat langkah ke 3:sehabis terjadi pembakaran piston bergerak dari TMA ke TMB(langkah usaha)dengan keberadan gas di ruang crank case di tambah posisi katub in yang masih menutup,apakah tidak menghilangkan power hasil pembakaran itu sendiri(sama saja mengompressi balik gas di ruang crank case) dan dengan adanya kevakuman 2x di venturi (karburator) dalam 1x siklus kerja engine/kurang lebih sama dengan mesin2 tak konvensional,apakahbisa se-irit mesin 4 tak biasa / mungkin lebih mohon pencerahannya..

    • j4na berkata:

      sama sistemnya kayak di mesin 2tak…. dimesin 2tak terdapat 2kompresi dalam satu mesinnya yaitu kompresi primer dan sekunder, sekundernya sendiri terjaidi di ruang crankcase….
      nah kalau di mesin ini juga di crankcase dan di hosenya akan terjdi tekanan yang sangat tinggi… jika klep sudah membuka akan menimbulkan efek yang mirip dengan turbo…. apajadinya….. ya jelas udara yang masuk akan semakin besar, itu artinya sama dengan menaikkan kompresi, pembakaranpun akan semakin besar…. pembakaran yang besar ini digunakan untuk memaksa seher menendang ke TMB….
      gimana???

  3. irfan berkata:

    bingung gan

  4. oke gan..matursuwun penjelasannya

  5. aris othong berkata:

    tidak ada breather di crank casenya

  6. azizyhoree berkata:

    pada intinya, dan melihat siklusnya ini merupakan mesin 4tak, namun mengaplikasi sebagian sistem yg menguntungkan dari sistem 2 tak ! 🙂

  7. extraordinaryperson berkata:

    gk ngerti…..taunya buka tangki, isi bensin :mrgreen:

    tapi mungkin gk ya seiirit 4 tak seganas 2 tak

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  8. prasetyoimam berkata:

    setelah liat cara kerjanya, sama spt 2 tak konvensional. siklus tetap 2 langkah.
    cuma bedanya klo 2 tak konvensional lubang isap dan keluar di tahan oleh piston, sedangkan yang ini ditahan oleh klep.
    tetep boros klo kyk gini mah, malah repot, pasti ada tambahan komponen di cylinder head macam klep, noken as, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s