dirilis pertama kali pada tahun 1992 yang dipasarkan hanya untuk pasaran jepang saja, dan dikemudian hari australia juga mendapatkan kesempatan untuk mencicipi generasi CB-hitech ini, tepatnya pada tahun 2008. tampang boleh jadul tapi teknologinya…. ajiiip. bayangkan teknologi yang terkenal di honda city, VTEC dipasang juga pada generasi ini. VTEC sendiri merupakan teknologi yang mengontrol buka tutup klep ex secara variable, durasi dari buka tutup katuk ex bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan mesin.
ABS juga disematkan pada motor ini, sehingga rider jepang dan ausi tidak lagi takut dengan yang namanya rem mengunci di saat melakukan pengereman mendadak. Sekarang pada bagian mesinnya, mesinnya sendiri sudah mengaplikasikan 16klep DOHC pada mesinnya, memberikan power yang dasyat bak motor sport pada putaran atasnya, power yang dibangkitkan mesin ini saja tidak bisa dibilang kecil yaitu 52.30hp@10.500, dengan power yang segitu pada putaran mesin 10.500rpm sebenarnya mesin motor ini bisa digolongkan sport-bike, bagaimana tidak, biasanya motor sport touring peak powernya berada dibawah 10.000rpm. Dari segi pengabutan bensinnya saja sudah tidak jadul lagi, pengabutannya memakai PGM-Fi. yaitu sistem injeksi canggih honda yang juga diterapkan pada motoGp dan mobil-mobil honda.
bobot motor ini terbialng cukup yaitu 199kg, jika dikalkulasikan power to wight ratio motor ini sebesar 0.2628hp/kg, jika dibandingkan dengan kawasaki ninja 250r(0.213sekian) tidaklah begitu mengecewakan, dan masih bisa mengajak kita ngebut samapai 185kph… naik ninja yang ada fairingnya saja udah gimana gitu, apalagi ngebut dengan motor telanjang kayak gini, dijamin badan dibrak-abrik dah….
balik lagi kepenjualannya, dijepang motor ini telah diluncurkan lagi dengan versi 2011nya, dan akan siap dipasarkan untuk kalangan pemula. bagaimana dengan kesmpatan negara lainnya, kasian banget. versi 2012nya hanya dipasarkan untuk jepang saja or JDM saja.
berikut speknya:
General information | |
---|---|
Model: | Honda CB400 Super Four ABS |
Year: | 2011 |
Category: | Sport |
Rating: | Do you know this bike? Click here to rate it. We miss 2 votes to show the rating. |
Engine and transmission | |
Displacement: | 399.00 ccm (24.35 cubic inches) |
Engine type: | In-line four, four-stroke |
Power: | 52.30 HP (38.2 kW)) @ 10500 RPM |
Torque: | 38.00 Nm (3.9 kgf-m or 28.0 ft.lbs) @ 9500 RPM |
Bore x stroke: | 55.0 x 42.0 mm (2.2 x 1.7 inches) |
Fuel system: | Injection. PGM-FI |
Fuel control: | DOHC |
Ignition: | Full transistor type |
Lubrication system: | Combined pumping spray |
Cooling system: | Liquid |
Gearbox: | 6-speed |
Transmission type, final drive: |
Chain |
Clutch: | Wet multi-plate coil spring |
Fuel consumption: | 3.23 litres/100 km (31.0 km/l or 72.82 mpg) |
Greenhouse gases: | 74.9 CO2 g/km. (CO2 – Carbon dioxide emission) |
Chassis, suspension, brakes and wheels | |
Trail: | 90 mm (3.5 inches) |
Front suspension: | Telescopic fork |
Rear suspension: | Swing arm |
Front tyre dimensions: | 120/60-ZR17 |
Rear tyre dimensions: | 160/60-ZR17 |
Front brakes: | Double disc. Hydraulic, Anti-lock brake |
Rear brakes: | Single disc. Hydraulic |
Physical measures and capacities | |
Dry weight: | 199.0 kg (438.7 pounds) |
Power/weight ratio: | 0.2628 HP/kg |
Seat height: | 755 mm (29.7 inches) If adjustable, lowest setting. |
Overall height: | 1,070 mm (42.1 inches) |
Overall length: | 2,040 mm (80.3 inches) |
Overall width: | 725 mm (28.5 inches) |
Ground clearance: | 130 mm (5.1 inches) |
Wheelbase: | 1,560 mm (61.4 inches) |
Fuel capacity: | 18.00 litres (4.76 gallons) |
V-TEC ajib dah
Berkat V-tec lbih irit dari new cbr 250r karna ini 31km/l sdangkan cbr250r 27km/l
kalau kuno nggak juga sih… cuma modelnya aja gitu…
yg punya mega pro.
inilah basic desain dari megapro(sblm nmp)bahkan dobel shockbreaker
anjrit 53.02 hp ?
ninja 400 ja yg sport bike cma 43 hp. Gila….
nie pasti khusus pasar jepang ya kan ?
JDM mas…. just 4 japan market..
nie mirip vtr 250 nya honda nich 2 silinder motor touring tenaganya 32 hp, mana bobotnya cma 140 kg. Membungkam ninja 250R
turunan megapro kli mas…
VTEC pertama kali diterapin di motor Honda CBR400F tahun 1983…
http://blognyamitra.wordpress.com/2010/06/27/cikal-bakal-vtec-sudah-dimulai-pada-honda-cbr400f/
mas bro ini slalu aja duluan…. mantaaap….
iya nih mirip Mega Pro ke2 ya bodynya. Tp 4silinder mangtab
nah teknologi macam VTEC ini adalah salah satu teknologi mobil yg belon turun ke motor kecil cc < 400, gak bisa bayangin kalo motor kecil yg uda irit dipasangin kayak gini, bisa tembus bensin 1Lt : 100km kali yaaa……tapi harga motornya mau jadi berapa nih???? (yg jelas gak mungkin bisa diterapin ke mesin 2 stroke biar lebih ngirit nih :p)
kalo sampai diturunin…. muuuaaahaaalll….
AJIBBB
dulu sering pas hr sabtu ato minggu liat cew2 jpn pake cb400,ehh saia pakenya malah sepeda gayung,maklum wong kere
bener tuh.japan sebelah mana bro?gw dulu di tochigi.
waktu jalan2 pake sepeda cuma bisa ngiler liat tumpukan moge bekas yg dibiarkan menumpuk disebuah halaman toko motor bekas.
iseng2 nanya karburator(rencana buat dipasang ditiger)wah adanya yg 4 laras semua.waktu pulang malah ada FJR1200 dibuang ditempat sampah.sampe ditumbuhi rumput
uuiiiih japanese rider niiiih…. muantaaap……….
saia di gunma ken mas
bikin pintu legacy(subaru) selama 3taon
dulu pernah sesekali jalan2 ke saitama
wahh disono jumlah rider bejibun ya
toko spare part yg modifan jg seabrek
mgkn daerah markasnya HRC kali ya
tochigi ga jauh koq dr gunma(oota shi)
lebih ngiri lg liat shinyushain 新湯社員(pekerja yg baru masuk)
dalam setahun kerja udh beli impreza WRX yg STI lg
ridingnya pake sepeda bro.lumayan olahraga.sambil nyari keringet
mantap,… kapan ya dapet ke jepang… klo ane baru nyampe negara tetangge… singapore, dsingapore juga banyak mogenya…. n motornya jarang banget… kebanyakan mobil ama mogenya aja…
kalo gw dulu cuma setahun.kenshuse soalnya.
o iya dulu aku pernah iseng jalan2 ke ota.nyari barang2 seken.lewat pabrik subaru.
bener tuh bro.tetangga aparto dulu jg punya subaru impreza wrx sti.knalpotnya racing.pas digeber2 geter kaca jendela aparto.
aku kerja di pabrik vendornya nissan,subaru,toyota,
gw heran, di singapore ni motor kyknya ttp aja ada keluaran barunya dr dealer..soalnya sering liat diantar pickup dengan jok masi dibungkus….
Peminatnya cb400 d singapore bejibun..bahkan bs dibilang ini motor terlaris di singapore setelah spark 135(jupe mx :D) .. Soalnya mau uda kakek2 tua ampe anak muda jg pada naik ini…pokoknya tiap parkiran pasti ada cb400sf deh…uda kyk ngeliat supra d indo…hehe
Modelnya ga jadul2 amat kok..malah bs dibilang timeless..ngeliatnya ga bosen… Jd streetfighter sangar, dibikin touringpun ttp keren…hehe bnr2 naksir ama ni motor…
klo ada uang jdm pun bisa di dapatkan disini
Brapa yak kira2 harganya ?!!