bener ga judul artike diatas, power besar belom tentu topspeednya tinggi?? Beberapa hari yang lalu dua dari komentatornya blog ini ngasi komen yang menarik untuk dibahas, yaitu hubungan antara power dan speed, mereka bilang topspeednya kawasaki tidaklah sebanding dengan power yang dihasilkan, nah berikut penggalan komen mereka:
-
dendy mengatakan:
akh kawasaki mah cma umbar tenaga aja. Top speednya memble (kecuali Ninja RR ). Tu sy lht di wikipedia top speed ninja 250R cma 165kph tenaganya 32,5hp. Nah yg di indonesia 31,5 hp top speednya 160kph. Lah tapi sy lht di youtube cbr 250 26 hp std (aling video) 164 kph. Trus minerva 27 hp 157 kph. Nah 4 – 6 hp buat apaan ? Mana accelerasinya keok lagi !
-
roy mengatakan:
akh dari dulu mah kawasaki umbar tenaga aja top speednya memble (kecuali RR )
Cth ninja 250R 31,5 hp masa top speednya 160 kph, lah cbr 250R 26 hp lihat di youtube (aling video) 164 kph, minerva 250Rv 27 hp 157 kph. Lah 4-5,5 hp kemana ? -
roy mengatakan:
1 lagi zx 10 tenaganya 200hp tapi top speednya 185 mph. Koq sama kaya fireblade 2010 tenaganya cma 178 hp. Nah 22 hpnya wat apaan ? Mana racetrack top speednya kalah sama fireblade lht di motorcycle.usa
Ada benarnya juga komennya mereka, yaitu kawasaki ninja 250 yang berpower 31sekian Hp larinya cuma 165kph, sedangkan megelli dan CBR250 saja dengan power 27-26hp bisa sampai 157an kph. loh… knapa bisa begitu???? ada apa sih??? tentu akan menjadi pertanyaan yang menjelimet….
EEeiiit tunggu dulu, segala masalah pasti bisa dipecahkan, nah… topspeed sesungguhnya tidaklah sebanding dengan kenaikan dari power, dan masih banyak paktor yang mempengaruhinya. Kita ambil contoh pada motor bebek macam jupiter MX SLR yang dibore-up jadi 170cc, tentu akan ningkatin powernya.”tanfa CDI racing”. Dilakukan pengetesan pada trek lurus, eh topspeednya cuma 125kph, kok ga sesuai dengan kapasitas mesin dan powernya yang meningkat??? apa dong yang mempengaruhinya??? kita balik lagi, yaitu peningkatan power tidaklah mempengaruhi topspeed tanfa ada perubahan yang lain, kasus di jupiter MX170cc ini dipengaruhi oleh gir belakangnya masih memakai ukuran STD, yang seharusnya dilakukan pergantian dengan ukuran gir yang lebih kecil untuk menyeimbangkan power dengan speednya. apalagi dengan CDI STD alias standar, tentu Rpm akan dilimit. so yang pertama ini dipengaruhi oleh perbandingan gir.
yang kedua yaitu ada pada power to weight ratio, perbandingan antara tenaga motor dengan berat motor itu sendiri. inilah yang berpengaruh besar,pecuma power sebesar gajah kalau beratnya bak tanknya mesir yang lagi menghalau unjuk rasa… loh loh… kok ngawur…. ha ha 😀 !!! kembali keleptop… misalnya motor A dengan power yang bisa mencapai 32hp dan bobotnya 155kg sedangkan motor B powernya 27.5hp dan bobotnya cuma 130kg, yang manakah akan menang dari segi PWR??? hayooo itung… A: 32/155=0.2064ph/kg B: 27.5/130=0.2115…. nah yang menjadi pemenangnya adalah motor B dengan power yang jauh lebih kecil, walaupun secara trek panjang motor A akan mengasapi motor B.
jadi jangan bilang power itu segalanya, masih buaaanyak yang lainnya mempengaruhi…..
PERRTAAMMAAAXXXXX
KEDDUAAAAXXXXX
KETIGAAAAXXXX
HARAPAN SATTTUUUUXXXXX
*borong podium blih
serakah tapi tak dosa…
btw,akhirnya pertanyaan dan pernyataan komentator terjawab sudah.CASE CLOSED
mantab gan..
absen podìumkah??
Kalau biasanya sih power menang di topspeed dan torsi menang di akselerasi dengan catatan beratnya sama.
Tapi tergantung karakter mesinya juga sih…
bner mas, karakter mesin juga nentukan, semisalnya overbore/ oversquare…
Motor ane kawak blitzr 2004, topspeed di jl gatsu arah ke grogol,mentok di 130km/jam, padahal mesinnya cuma 112cc msh standar, cuma tarikan bawahnya agak lemot.
owww,,,,gitu gan
jangan lupa juga om…deviasi speedometer ninja250 itu dikit banget…
meski cuma 165 tp kecepatan real sama dg RR
Nice info bli…
bkn cuma berat mtor berat enunggangny pengaruh tuhhhh
jangan terlalu percaya spido di motor mas… di bikin alay tuh spedo… biar gak pada ngebut…
@ jana ah saya malu… Komen saya di tampilkan.
kalo CBR150i dan CBR250R gmn?kan diklaim CBR150i STD bisa tembus 160kpj ,masa yg 250 kalah? Mohon Pencerahanx
CBR150 memang bisa 160kph, akan tetapi di trek akan beda hasilnya, semisalnya si 150 untuk mengapai 160kph itu dalam jarak 1km akan tetapi si 250 akan mengapai topspeednya pada jarak 700meter, jadi yang mana menang??? jadi top speed sebenarnya bisa dibuat tinggi, namun waktu dan jarak untuk mecapai speed itu juga harus diperhitungkan. percuma topspeed tinggi kalau nyari topspeednya itu membutuhkan waktu lama dan juga trek yang panjang, lain lagi kalau di test dalam trek yang sama bisa menempuh speed yang sama… baru hebat….
kasus kaya gini di mobil sport sering banget, yg tenaganya sampe 500an hp aja kadang2 masih kalah top speed ama yg cuma 450an hp, so sekali lagi emg banyak faktor penentu top speed…..
bener bangat mas…
sesuai lah sama permintaan penggunaan
http://2brk.wordpress.com/2011/02/05/motor-husqvarna-siap-edar-di-indonesia/
Sekedar referensi aja, 3 faktor utama yg mengaruhi topspeed :
– power
– berat
– aerodinamika
setuju,power to weight ratio lbh menentukan,apa bli jana tau power to weight ratio mobil f1 berapa?
1 lagi zx 10 tenaganya 200hp tapi top
speednya 185 mph. Koq sama kaya
fireblade 2010 tenaganya cma 178 hp. Nah
22 hpnya wat apaan ? Mana racetrack top
speednya kalah sama fireblade lht di
motorcycle.usa
*********
di moge semua di batasi 299km/jam mw fireblade,r1,gsxr1000,zx10,zx14,hayabusa,bahkan bmw s1000rr …gsxr750 aja bisa 290km/jam++ padahal cuma150hp on crank …Ane rasa ente bkan orang pinter cuma bisa koar2 aja …
Ente orang pinter donkkkk…..
gk tw diri banget sih ngatain n250 speednya memble …padahal yg ngatain gk pernah naik n250 …n ane rasa orang kyk gto cuma besar mulut …ane rasa dia gk pernah naik motor di atas 140km/jam …orang kyk gto pantesnya di sebut PECUNDANG …
ente orang kaya yg g besar mulut n udah naek n250 yang diatas 140km/jam dunkkk….
Kenyataan memble ya memble, tukang ojek pake astrea grand aja gk perlu cobain N250R juga tahu kalo memble ya memble
dendy n roy tu org yg sama …terlihat dr komennya …ane gk respect lah sama komen org yg motornya standar …HOAX DOANK …
motor ente pasti mahal g standar tuh……
Ganti knalpot aja banyak gaya
@ ancok bung 185 mph itu 297 kph. Dah gtu fungsi horsepower buat apa kalo spt itu ?
kenapa ninja umbar2 tenaga 200 hp !
tapi accelerasi dan top speed sama kaya fireblade !
bukankah horsepower bisa di gunakan untuk rpm lebih tinggi ?
dan rpm lebih tinggi otomatis dari 250 kph menuju 300kph jauh lbh cpat ! Tapi nyatanya apa hah ! Ternyata sampe ujung 185 mph pun gak bsa menyalip fireblade ! Berarti sah2 aja dund w bilan 22 hp wat apa ?
trus ninja 250R kenapa rpm tinggi koq top speed hanya 100-105 mph ? Padahal tenaganya 31.5-32.5 hp. Cb vtr 250 dgn 5 kecepatan saja tenaga 32hp top speed bisa 175 km/jam ! Bhkn cbr 250R saja bsa top speed 164 kph. Padahal 26 hp dan 1 cylinder. Bhkn 0-160 saja hanya dilewati 30 dtk ! Sdng ninja lbh dari itu. Berarti tenaganya untuk apa ?
@ ancok pahami dulu kalimatnya bru comment jgn kaya anak kecil dech !
saya salut sama R1 walaupun top speed 186 mph pdhl bda 1 mph dari fireblade. Nmun dgn tenaga 182 hp ( bd 4 hp dari fireblade) dia bisa meninggalkan fireblade di 291-295 kph. Walaupun butuh track 1-2 mil tapi setidaknya fungsi horsepower itu ada. Sementara mtr lain ?
saat moto usa test new cbr250r udh di akuin topspeednya masih kalah sama n250 …makin yakin klo ele bkan orang pinter …pembanding yg elo bkin bkan dari sumber yg sama …yg 1 dr wiki yg 1 dr alay thailand …dasar org sesat …
widih ada orang alim….
Lu goblog apa tolol? Coba baca ini, di wiki tertulis
However, the 2009 Ninja 250 has a top speed of 95.5 mph (153.7 km/h),
maaf gwe gk paham n gk mw memahami kata2 org gk pinter …ntar gw jd sesat di jalan …
alah elu gk usah omong topspeed ama hp lah dasar sesat …elu pikir aja gsxr750 150hp n s1000rr 193hp tp topspeednya gk beda jauh …
dasar sesat ngomongin hp campur racetrack topspeed wkwkwkwk …klo di track itu gk cuma hp aja bnyak faktor lain …klo mw bicara hp lbh baik fireblade n zx10 di adu di salt lake nevada tempat hayabusa mencatat kecepatan dunia …ane pegang zx10 …
Yayayaya, N250R bisa 200kpj, tapi butuh jarak 20km
@ ancok dgn kata lain konsumen dan kawasaki harus mengakui teknologi honda lebih canggih di banding kawasaki ! Dan ingat top speed segitu masih terhalang dgn katalize konverter ! Kalau di lepas pasti lbh meledak lagi !
elu pikir dnk hayabusa jaman dulu bisa 300km/jam++ tp hayabusa yg skrng di di bawah 300km/jam padahal powernya lbh besar hayabusa yg skrng …so jgan bnyak teori aja …
ea honda lbh canggih elu kan salesnya …
@ ancok tapi S 1000RR Bisa meraih top speed lbh cepat !
ini persis spt R1 dgn hayabusa pdhl top speed sama 299 km/jam tapi ternyata hayabusa melibas R1 pada kecepatan 200 kph ! Nie faktor horsepower !
hayabusa walaupun top speed lbh kecil tapi bisa mendapat top speed lbh cpat !
ini persis spt scorpio dan cbr padahal top speed scorpio 145 kph. Tenaganya pun 18,2 ps sdng cbr 150 tenaga 19 ps top speed 150 km/jam. Tapi cbr bsa melibas di120 kph
canggih ?? 😆 apa sih arti roller rocker arm plus offset engine bila tetep 26hp …andaikan desmodromic plus gear driven klo tetep 26hp gk ada arti …ea canggih makan tuh 26hp …mending n250 kmana2 …wkwkwkwk …
Komentar paling tuowlol, wakakaka
26 hp tapi topspeed lebih tinggi daripada 31 hp?
Dan tentu aja lebih irit, wakakaka
Ninja mesin taon 80-an koq dibandingin CBR mesin 2000, 2010 tepatnya
gw jg tw power ngaruh di akselari gk ush elu koar2 …gw cuma jwb komen elu yg ngatain zx10 200hp tp top speed sama dgn fireblade yg 178 …
melibas gundulmu itu dasar bnyak teori lu motor standar muka standar …
gw oph lah males gwe gaul ma elo bisa2 gwe jd tolol …
tapi apalah 31.5 hp tapi top speednya hanya 160 kph !
hah ! Tapi accelerasi lemot ! Body berat ! Apalah artinya ! Dan ingat yg di tes di motorcycle.usa itu ninja versi injeksi dan di coba di tempat terpisah ! MCN menguji coba di sirkuit bira yg notabenenya adalah sirkuit pendek ! Bukan untuk top speed ! Kalaupun ninja unggul di trek lurus itu percuma karena pasti di tikungan di babat sma cbr 250R wong top speed brkitar 160 kph. ( dan ingat yg ninja yg unggul di trek lurus ninja injeksi bukan ninja karburator, karena karburator lbh lemot di bnding injeksi ) ! Trus accelerasi jauh lebih cepat ! So ! Buat masyarakat indonesia apalah guna ! Lah di sirkuit kalah, adu ngedrag kalah ! Buat apa itu 31.5 hp ?
31.5 dk itu buat promosi
CBR 250R ‘biasa’ harga 39 jt, N250R berapa? Hampir 50 juta
50 juta buat motor odong, wkwkwkwk
What you see in brochure is not what you get in track
maksud w itu yg w tanya ke bro j4na kenapa ninja 250R dgn 31.5 hp dan bsa mencapai 14000rpm hanya 160-165 kph ?
kenapa minerva bhkn cbr bsa 157-160 ?
bhkn accelerasinya lbh cpat !
trus horsepowernya buat apa ?
pikir !
pikir ! W bukan menyesatkan orang tapi emang itu fakta !
nah bro jana udh menjawab… Ane ngerti skrg.
nie juga kaya ford everest sama pajero sport dmn ford 143 hp dan pajero 136 hp. Tapi pajero bisa 180 km/jam everest hanya 170-175 km/jam. Ya walaupun ternyata everest accelerasinya lbh bsar. Tapi ini ninja 250R tenaga bda 5 hp tapi top speed bd 3 km/jam bhkn ada yg menyamai. Apalagi accel kalah. Trus 5 hp buat apa !
TOLOL …wkwkwkwk
lagi2 cuma teori orang bodoh …Hoax …cuih …cuih …
Teorinya Ninja power lebih gede
Prakteknya CBR lebih kuenceeeeeeng, hahahaha
udh jelas tester moto usa saat tes new cbr250 mengakui top speed unggul n250 …gwe jg bisa ambil reverensin model campur2 kyk elu …gwe ngambil reverensi top speed cbr250 dr majalah motor plus wartawan geber cbr250 cuma dpt 150an km/jam itu jg di trek agak menurun …
Coba baca motorplus yang baru, tertulis besar2 topspeed CBR 164 kpj
Tes disentul juga dulu Minerva Megelli 157 kpj, Ninja 160kpj
link plz?
BIRA, KOMPAS.COM –
Selain menyaksikan
langsung peluncurannya,
Kompas.com juga
mendapat kesempatan
menjajal langsung Honda
CBR 250R yang digelar di
sirkuit Bira yang lokasinya 195 km dari Bangkok
atau 30 km dari Pattaya. Setiap media diberi
kesempatan 15 menit untuk mengitasi sirkuit
berjarak 2,4 km yang memiliki 8 tikungan itu.
Dalam waktu yang singkat itu, tiga poin utama
yang ingin dirasakan dari model sepeda motor
sport ini. Pertama, seperti apa kenyamanan,
pengendalian, dan manuver dari CBR 250R
yang katanya dikembangkan untuk pengendara
di dunia, mulai dari yang pemula sampai
berpengalaman.
Kedua, seperti apa tenaga mesin yang
berkapasitas 249 cc. Terakhir, penasaran seperti
apa kehebatan teknologi rem ABS yang diklaim
pertama di dunia dipakai pada motor
berkapasitas seperempat liter ini.
Saat duduk di atas sadel, sosok CBR 250R ketika
dipandang dari atas tampak seperti motor 400
atau 600 cc. Ini mungkin pengaruh dari desain
fairing yang besar dipadu model instrumen
panel yang kecil dan terletak di tengah. Desain
indikatornya pun simpel, berupa takometer
analog dengan penunjuk kecepatan berupa
digital cukup besar di bagian tengah bawah.
Kerangka Diamond Untuk mengenal kondisi
lintasan, kami dituntun oleh instruktur mengitari
lintasan dua lap. Di sini saya merasakan, desain
sadel yang terpisah dapat dengan lincah
memindahkan bokong saat manuver di
tikungan, baik ke kiri maupun ke kanan. Bahkan
badan tidak terasa cepat capai meski sudah
melahap lebih lima lap.
Boleh jadi, ini didukung oleh desain setang
(model) jepit yang gripnya tidak membuat
badan membungkuk. Bahkan ketika motor
disengaja menabrak “kerb” di tikungan “S”
ringan dengan sudut kemiringan 75 derajat,
goncangan hampir tidak terasa. Padahal, saat itu
kecepatan 80 km/jam.
Mungkin ini karena rancangan kerangka model
“diamond” dari pipa baja yang dipadu dengan
suspensi Pro-Link. Desain ini diklaim dapat
meredam kondisi permukaan jalan.
Nekad karena ABS Setelah mengitari dua lap,
rombongan saya harus berhenti di garis start,
kemudian dilepas bebas satu per satu. Di sini
saya menjajal tenaga 249 cc DOHC 4-Tak, 4-
katup silinder tunggal yang dilengkapi sistem
pendingin cairan. Sekaligus menguji sistem
penghenti laju yang memakai kombinasi CBS
(Combined Brake System) dan ABS (Anti-lock
Brake System) yang diklaim pertama di dunia
untuk motor 250 cc.
Lantunan suara khas Honda ketika grip gas
dibetot masih terdengar. Kala melakukan
akselerasi tiap gigi, untuk persneling satu
dengan putaran mesin maksimal 10.500 rpm,
kecepatan maksimum hanya sampai 31 km/
jam, mungkin pemakaian gigi rasio yang 3.333,
sedang gigi 2 dicapai 52 km/jam dan gigi 3 87
km/jam.
Sedang kecepatan maksimum dicapai 151 km/
jam. Itu pun dengan trik, ke luar tikungan kedua
terakhir langsung tancap gas. Sebetulnya,
kecepatan maksimum sesungguhnya 146 km
saat di trek lurus. Namun ada jalan menurun
jelang tikungan terakhir gas masih terus dibetot.
Kompas.com coba melakukan pengereman
jarak dekat (50 meter). Ternyata, rem ABS
sangat membantu dan motor tidak goyang saat
tuas rem depan ditarik yang secara bersamaan
dibantu rem belakang. Padahal, tikungan
pertama itu cukup sulit.
Asyiknya, trek mempunyai jalanan menanjak
dan menurun. Hanya, gigi 4 tidak secepat 3,
barangkali ini sudah masuk untuk kepentingan
turing. Tapi, secara keseluruhan, terutama
untuk menuver sangat nyaman dan berani
melakukan “panic braking” karena ABSnya.
sibuk amat kayanya apa coba yg pengen dibuktiin cuman tuhan dan tukang bajaj yg tau….
Ternyata benar apa yang dikatakan Takami. Lewat lintasan lurus sirkuit Sentul, redaksi membuktikan perkataan Takami dengan mencapai kecepatan 150 km/jam melalui gigi tertinggi yaitu gigi 6 dengan stabil. Tapi rekan dari tabloid MotorPlus ternyata lebih gila lagi. Sang riders, Eka Budhiansyah mengklaim kecepatan maksimalnya bisa menyentuh 164 km/jam!. Puas kebut-kebutan di sirkuit Sentul, lantas membuat jatah empat putaran terasa sangat cepat dan redaksi harus kembali ke pit. Secara garis besar, kesempatan test ride ini kami ungkapkan “It’s amazing race experience with Honda CBR250R”. (M. Lulut)
klo di motorplus gk ada link beli majalahnya …tp di kompas jg sama itu ane copas …top speenya cuma 151km/jam tuh …silahkan di kunyah2 …
selain kompas ato M+ ada lg ga cok?
yg komper majalah luar misal motorcycles
@ all kok malah jadi ribut sendiri?? Нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘.. Kan masih ada faktor2 lain penentu misal akselerasi, dan jangan lupa semuanya itu juga tergantung respon rider yg buka tutup gas juga.. Makanya kalo didyno khan grafiknya gak bisa sama persis.. Sudahlah.. Gak perlu diributin..
@ mas dendy
@ ancok bung 185 mph itu 297 kph. Dah gtu fungsi horsepower buat apa kalo spt itu ?
kenapa ninja umbar2 tenaga 200 hp !
tapi accelerasi dan top speed sama kaya fireblade !
bukankah horsepower bisa di gunakan untuk rpm lebih tinggi ?
dan rpm lebih tinggi otomatis dari 250 kph menuju 300kph jauh lbh cpat ! Tapi nyatanya apa hah ! Ternyata sampe ujung 185 mph pun gak bsa menyalip fireblade !
Wah ini tentu pendapat yang mungkin perlu diluruskan.. Hehe.. No offence lhoo.. Lihat peak powernya di rpm brapa dung.. Bukan brati power semakin tinggi seiring dengan meningkatnya rpm.. Kalo sudah melewati power max.. Pasti grafik power itu akan turun.. Faktor rider yg menentukan.. “Pindahlah gigi di rpm yg tepat” faktor overev bisa juga jadi.. Jangan lupakan aerodinamika juga.. Tapi yang paling utama adalah “respon ridernya” peace all..
cekidoot n250 175km/jam …http://www.youtube.com/watch?&gl=US&client=mv-google&hl=en-GB&v=8fLm7kGuHxI&fulldescription=1&nomobile=1
baru 164km/jam aja udh besar kepala …
gonta ganti nick dng kata2 yg sama cuma orang stress …
Satu lagi.. Power yg kalian bandingkan itukan power brosur.. The real power is what you got from dyno.. Not brochure.. Hwhwhwhwhwhwm..
Ayo yg gila ngalah hahaha…!
rpm lebih tinggi otomatis dari 250 kph
menuju 300kph jauh lbh cpat
*****
semua motor dari over bore ampe over stroke itu klo mencapai topspeed akan makin lama aneh ea kata km 250 ke 300 malah makin cepat …cuma 1 kata bwt km yaitu … KOPLAK !
@ancok Oh maaf ya kalo saya orang setres.. Tapi saya ndak gonta-ganti id.. Yah sudahlah..
iya tuh ngomong koplak sana koplak sini goblolokin sana goblokin sini tp kita semua tau ko sapa yg sesungguhnya orang stres hehehehe
motor apa ea 250km/jam ke 300km/jam malah lbh cpet akselerasinya drpd 0km/jam ke 100km/jam emk ada ea …jgan2 motor koplak …wkwkwkwk
Apa.?? Zx10R cuma 180kph.? Gak salahh.??
@ ancok aneh ya? Kapan saya bilang 250 ke 300 lebih cepet? Orangnya aja dah beda.. Peace ah..
bukan gtu duh semua salah paham. Tapi gini nich peranan torsi kan accel dari 0-100 km/jam kan ?
sdng 100-top speed yg di butuhkan adalah horsepower. Makin besar hpnya harusnya makin cepat ke arah top speednya bukannya masalah peak power saya tahu itu. Gini nich maksud saya adlh cbr khun di real wheel 21,44 hp tapi torsi 14,59 nm, sdng ninja 26,03 hp tapi torsinya 12,6 nm.
harusnya 0-100kph tu cbr unggul dan dari 100 ke atas sampai puncak ninja unggul, nah tapi koq kenapa tetap cbr lbh unggul ?
terbukti 400 m cbr masih unggul !
Dan ctatan wktunya 15.95 dtk brdsarkan di youtube cbr std 15 dtk sdh mencapai 140 kph, berarti di perkirakan 150 kph cbr masih unggul. Nah yg saya pertanyakan kenapa cbr masih unggul pdhl harusnya yg berperan adlh horsepower. Tapi.. Smpai 400 m pun hp kayanya lum berfungsi. Ada apa dgn ninja ?
pdhl itu yg di tes yg ninja versi injeksi ! Itu aja udh kalah apa lagi kalau ninja karburator ?
itu yg saya pertanyakan !
mana fungsi 5 hp lbh besar ?
trus @ ancok 175 kph itu ninja injeksi cok !
ninja sini mah rata2 160-165 teman ane punya masalahnya.
Motor taun 80an ya tentu saja dipertanyakan bro
trus @ stoner maaf emang saya salah tulis maksud saya jika mtor a horsepowernya lbh kecil di bnding mtr b maka otomatis harusnya mtor b dari 250-300kphnya lbh cepat di bnding mtr a. Karena hp tinggi rpmnya pun tinggi. Trus mungkin zx 10 bsa blap fireblade tapi jaraknya sangat jauh butuh bermil2. Kira2 2-3 mil dgn kcptn sama krna fireblade di putaran trek atas memang lemah. Tapi yg sya tanyakan kenapa zx 10 dgn tenaga 200 hp koq belum bisa menyalip fireblade di puncak top speed fireblade yaitu 185 mph ?
pdhl top speed zx 10 jga sama. Apa mungkin zx 10 di setting hpnya benar2 keluar di putaran atas ?
nah kalo gtu percuma dund masa mengalahkan fireblade yg tenaganya 22 hp di bawahnya harus bermil2 jauhnya ? Gmn tuch.
@ dendy Makin besar hpnya harusnya makin cepat ke arah top speednya bukannya masalah peak power saya tahu itu..
Nah kalo itu.. Bisa juga rentang powerband serta kecepatan rpmnya.. Jadi banyak faktor yg menentukan.. @ fungsi 5 hp yg lebih besar juga tetep buat narik motor buat lari donk.. Hehe peace ah..
nih jadi pada baku hantam ada yg ninggi2 ninja 250 ada jg yang jatoh2in sama jg ama cbr yo weisss g usah pada panas hati…
yg punya cbr 1000RR ato ZX6R diluar sana aja pada kg ngeributin…
nih masih kelas entry level kebawah ja pd ribut
lgian jg kalo mau kenceng banget or pelan2 jg tergantung pemakainya sehari….
kalo di sirkuit gpp pada ribut nih dibawa kepasar ama nongkrng aja pada ribut……..
@ mas dendy lagi.. Wah kalo masalah setingan zx yah kurang tau.. Itu pabrikan yg tau(saya juga pelum pernah megang) sya rasa kalo udah kecepatan segitu.. Bisa juga yg berpengaruh juga masalah aerodinamika.. Selain itu kalo menanggapi yg ini: Tapi yg sya tanyakan kenapa zx 10 dgn tenaga 200 hp koq belum bisa menyalip fireblade di puncak top speed fireblade yaitu 185 mph.. Kan semua pabrikan dilimit segitu.. Jadi siapa yang lebih dulu sampe ke kecepatan segitu ya dia yang menang dunk..(Dengan asumsi fireblade di puncak topspeed 185 lebih dulu)
@ mas ducatista sutuja.. Haha
kalo mau nyari top speed cbr 250, loe ganti gear yg lebih berat, coz acc cbr dah okee…
Biar sama2 lemot dgn n250.
hahaha…..
@bro semua..
diantara bro semua bilang ninja punya Rpm tinggi tapi topspeednya ga sesui, kenapa???
bro tau ga, jika pada topgear, ratio giginya pling berat?? apa artinya? pernah ga bro ngebut pake ninja digigi 6 dan rpmnya bisa sampai 14.000rpm??? saya jawab nggak….!!! motor STD tidaklah mungkin gigi 6nya bisa sampai 14.000rpm, knapa??? disebabkan oleh peak powernya pada Rpm segitu udah turun apalagi ditambah dengan ratio gigi 6 yang berat dibanding gigi1,2,3,4 dan 5nya…..!!! so sudah jelas speed yang dicapai belum maksimal. beda dengan mesinnya sudah ditune ulang peak powernya akan berubah juga, mulai dari Rpm bawah sampai atas ngisi terus, bahkan pada gigi 6 pun akan bisa mencapai top Rpmnya….!!!
penjelasan trakhirnya yaitu biarpun powernya besar,Rpm setinggi langit, tapi jika gigi 6nya tidak mencapai top Rpm, maka top speedpun tidak maksimal. makanya pada honda RC115 yang 50cc itu jumlah giginya sampai 14 yang bertujuan untuk mengeliminir jatuhnya Rpm saat perpindahan gigi dan juga untuk memaksimalkan topspeed. bayangkan RC115 speednya bisa nyampe 140kph… 50cc looo….
@ j4na thanks bro…. @ stoner ya begitu bro makanya kan aneh 200 hp koq kearah 300nya lama bgt dibanding yang 22hp di bawahnya…. Ini yang w tanyain…..
@ ancok maksud w gitu cok !!!!!!! U dari tadi gak paham……
elo gk usah ngoceh bnyak2 dh …elo gk pantes lah ngomongin zx10 vs fireblade …
@ stoner ya begitu
bro makanya kan aneh 200 hp koq kearah
300nya lama bgt dibanding yang 22hp di
bawahnya
********
elu bisa ngatain zx10 ke 300 lbh lama drpd cbr buktinya apa gw tanya …jgan cuma h0ax doank …
http://tmcblog.com/2010/12/21/cbr-250r-gimana-menurut-hasil-test-ride-motorcycle-usa/
tu link haji topik topspeed cbr masih keok …silalakan di kunyah2 …kan haji topik ngambil reverensi dr sumber terpecaya dr moto usa …gk kyk elu dr sumber campur2 yg 1 dr wiki n250 160km/jam yg 1 dr alay thailand cbr250 164km/jam …
@ stoner ya begitu
bro makanya kan aneh 200 hp koq kearah
300nya lama bgt dibanding yang 22hp di
bawahnya
**********
dasar sesat klaim pabrikan di jadikan acuan …elu ngatain zx10 vs fireblade terpaut 22hp apa buktinya …hoax doank lu bnyak omong …ne link zx10 vs fireblade cuma terpaut 4hp sama2 taun 2010 http://www.motorcycle.com/gallery/gallery.php/d/233900-2/2010_Literbikes_Dyno-HP.jpg?g2_GALLERYSID=TMP_SESSION_ID_DI_NOISSES_PMT
trus di moto usa fireblade 153hp zx10 162hp …zx10 lbh besar 2hp drpd gsxr1000 n cuma lbh besar 9hp dr fireblade …elu ngatain zx10 200hp lbh 22hp h0ax doank lu …
woe ducatista elu punya ducati ea jgan2 hoax doank lu …suka2 gw mw ribut …gw ribut np jg jg elo ikut repot …wkwkwkwk … 👿
ne bro yg di majalah jepang itu
CBR250R vs Ninja 250R
0-50m 4.26 ……….. 4.68
0-100m 6.46 ……….. 6.91
0-200m 9.99 ……….. 10.38
0-400m 15.95 ……….. 16.04
Top Speed CBR250R vs Ninja 250R 151.38 kph vs 159.02 kph
bisa di lihat di 400meter n250 kalah 0.09 detik …apa artinya bro …artinya saat 500meter n250 udh menyamai saat 600meter jg menyalip saat 800meter cbr250 udh KLENGER !
CBR250R dibuat dimana?
Thailand kan?
Tentu aja spesifikasi lebih ke daerah tropis
Bandingkan ya sama2 setelah disettingulang, toh CBR baru juga brojol Ninja udah ketar ketir :p
nah kalo gtu berarti ngapain kawasaki zx 10 mengklaim 200 hp cok !
ternyata bda 9 hp brarti efisiensi tenaga ke ban lbh oke fireblade dund !!
nie anak gak ngerti ! Trus kalo top speed cbr 250R 151 itu karena nyoba di sirkuit bira sirkuit yg notabene sirkuit pendek ! Sdng aling coba di trek lurus panjang makanya dptnya bsa 164 ! Dan video itu bukti !
akh udhlh u gak ngerti maksud w jadi udh jgn bnyak bcot !!
trus yg di jepang itu ninja versi injeksi ! Nah kalo di sini khun versi karburator pasti lbh lemot 3 %. Jadi kemungkinan ninja di sini 400 mternya butuh waktu 16,6 dtk ! Nah tu ! Pas 500 m ninja nempel dgn slsh 0,4 dtk 600 m masih nempel 0,2 dtk, di 700 bru ninja sama dgn cbr. 800m bru ninja menyalip tapi selisihnya paling 0,05-0,2 dtk !
trus pas tikungan di babat ma cbr ! Dah ninja kelenger seterusnya !
yg di jepang jg dpt 151 dasar cupu lo …
trus yg di jepang itu ninja versi injeksi ! Nah
kalo di sini khun versi karburator pasti lbh
lemot 3 %. Jadi kemungkinan ninja di sini
400 mternya butuh waktu 16,6 dtk ! Nah
tu ! Pas 500 m ninja nempel dgn slsh 0,4
dtk 600 m masih nempel 0,2 dtk, di 700
bru ninja sama dgn cbr. 800m bru ninja
menyalip tapi selisihnya paling 0,05-0,2 dtk !
trus pas tikungan di babat ma cbr ! Dah
ninja kelenger seterusnya !
********
silahkan menghayal dh mimpi x ye cbr babat ninja …
bosen gwe cuma ngomong doank …jgan cuma teori aja …motor elu aja ma motor gw gmana …qta tes di jalan solo-jogja …berani gk nak mana lo …malu gw klo ampe kalah sama elu scra gw pegangnya bor tune gtoh …
Kalo cuma pegang bor aja, anak2 motor dah biasa pegang, wkwkwkwk
ngapain… W bukan pembalap ! Trus mtor w std cma gnti knalpot sma setting karburator aja. W ogah bore up mtr w ! Cz bnyk kerugian mtor di bore up !
di sini gk ada sirkuit bro …so klo elu pnya nyali gwe jabanin …
Ada orang guoblog pengen balapan dijalan, wkwkwkwk
Udah tahu lemot malah nantangin, ckckck
ah cemen lu …di tanya nak mana aja gk jwb …
w anak jakarta ngapain w ke jogja ? Cma wat blp. Lgi pula khun w dah bilang kalo w bukan pembalap ! Mtor ja masih standard. Kalo u mo blap noh sma minerva punya bro Jana ja. Yg udh di setting balap !. U pikiranya balap2, LAGA U COK !! Pembalap ! Cb ja mtr bore tune u bsa awet gk smpai tua. W kan punya mtor wat harian n style aja. Bukan buat balap. lumayan tar kalo pngn ganti masih bsa di jual 28-30 jta dari harga baru 35 jta.
Lah mtor bore up u ! Misalnya mtor u ninja 250R di bore up smpai 300cc tapi pas u dah tua pngn gnti cma dpet 25 jta. Wakakakak !!
cok udh u mah kaya anak kecil. Gk tahu maksud w apa tapi ngotot !! Orang bro jana ja ngerti koq,bro stoner w kasi pnjelasan ngerti, jadi blogger harus gtu dewasa jadi orang, bukan cma mementingkan kemenangan comentator !
cbr babat ninja gak mimpi koq buktinya ninja zx 12 masih kalah sma cbr black bird. :p
loe – loe smua berdebat mulu kayak pengangguran aja ga ada krjaan, emangnya loe pada bisa beli tu motor. yg cocok ngomongin tu motor yg besok mau beli tu motor ! ! !
@ dendy
ninja zx10 yg memiliki power 200dk adalah all new ninja zx10rr 2011. Motor ini bda cmua mulai engine sampai schasis ama zx10rr 2010. Zx10rr 2011 blum pernah di tes oleh pihak independen krn baru keluar pada maret 2011 stelah di revisi
Kita lihat saja di kejurnas 250cc di sentul tahun ini. Apakah cbr bisa ngelibas ninja 250 di tikungan? Apakah ninja 250 bisa ngelibas cbr 250 di track lurus?
i,kut menghangat kan bli
minyak gosoknya mana yah?,, biar hangat 😆
@ genesis owh gtu bro maaf sy gk tahu. Tapi tetap ja zx 10 ketika di dyno 9 hp lbh tinggi d bnding fireblade
ya sdh nanti klo ada yg ngetes disini diposting ya
tuh smua kan diluar negri yg beda spek sm disini
nah kita tunggu pembuktian sebenarnya….
Bobot rider jg turut mempengaruhi…
Terlalu kekanakan komentnya.. punya motor kenceng jgn di umbar di jalan.
@ancok ap kmu punya n250r?(buktinya apa if punya) bisa ngasapin cbr 250? (motornya khan belon ada? jadi gak ada yg bisa dipke perbandingan)
saya punya n250r tahun 2009 klo saya merasa, untuk aksel masih klah sm thunder 250… sm minerva pun kalah (di kitiran rpm yg sm) malha saya bisa sependapat sama bro dendy tuh.. bhwa top speed gak bisa di pengaruhi hp tinggi… nah klo mw… buktiin fungsi dari knp hp besar… mungkin (krn saya gak mengerti mesin juga, saya cm mengerti gmn ganti oli aj)dgn sama2…. start dari sama2 gir 3.ato 4 ato 5. (gir 6 tidak di gunakan krn biasanya terkena rpm limit) mungkin dstu… bedanya…hp besar n kecil…
wkwkwk dendy katrok lo gk berani ma gw dasar anak jkt jalan 2 meter buat rebutan 1 kampung …cbr lo jelex …
Komentar supertolol dari tukang ojek
Jalan jakarta 2 meter buat rebutan 1 kampung
Gw dah pernah lewat jalan jogja solo, lu kira jalan segitu sepi apa?
wkwkwk dendy katrok lo bilang cbr terpaut 22hp ma zx skrng bilang 9hp dasar mulut pedagang oli lu …
@ ninja250holic (gir 6 tidak di gunakan krn biasanya terkena rpm limit) mungkin dstu… bedanya…hp besar n kecil…//// ga salah bro, ane kena limiter di gir 2-3-4-5, nyundul limiter di gir 6nya mah kudu brapa kilo bro?
@ancok
memang selama naik motor ente nembus topspeed berapa ya, jangan2 sepupu Rossi or ponakan om burgess nih ;p
@dendy
HP gede kalo set up gearnya ga pas juga percuma bro. power loss di ratio gear, trus kalo ZX10 kalah ama fireblade kenapa seh? yang punya pabrik aja santai kok hehehe
Sekedar info aja ya
Top speed ninin 2009 ane di, tes di jalur cepat cempaka putih lamer coca-cola arah galur 190-195an itupun masih ada napasnya. Spek : ( Knalpot FS, open filter, PJ 42, MJ 105) suhu dingin jam 2.30 pagi, berat pengendara….kurus deh pokoke ane. note: itu speedo standar lho,-ane sendiri ga percaya sama yang namanya speedometer-cuma nyeneng-nyenengin aja fungsinya .
Ndak usah ribut2 topspeeed lah, mau ninin, cbr, vixion, FU kek; yang penting NYALI ditikungan…tapi sirkuit yah hehehe
Akselerasi???, buat ane ga terlalu penting. ane suka karakter yang smooth di awal RPM, jadi sopan dijalan. kalau butuh akselerasi beli aja bebek, trus selap selip deh kaya tukang ojek ngejar setoran. ente kira jalanan itu sirkuit drag race apa?
Satu-satunya nilai lebih CBR yang bikin ane ngiri cuma satu : IRIT. andai N250 pake injection juga…hikz
Peace ya bro.
Ga ush pd ribut, malu sama tetangga…. Cbr bagus, ninja jg bagus, kalo ada ninja yg ngebut berarti ada kpentingan, bgitu jg sma cbr…, yg pnting sopan dijalan itu jg sdah menghargai pngendara yg lain.
kayanya gw kenal deh ma bro dendy nih???? orang karawang bukan yah???
masaih nih atas artikelnya ya .. 😉
by
kayu jabon
jasa ekspedisi`
jagan salah bang..justru yg paling penting keakuratan spedometer. Ninja rr 190 blm tentu bisa nyalip ninja 250r dg kec 165 km/jam. Cb cek di gps kl g prcaya, pnya temen rr lari 180 km/jam aj ane salip berkali2 pake n250 dg kecepatan ga nyampe 165 km/jam
Boss, anu nganyerikeun mah aya “AUTOMATIC SPEED LIMITER” & “REV SPEED LIMITER”
Teu paduli sakumaha eta teori & praktek ngolotok arek ngudag top speed, lamun eta si tuyul duaan diluhur aya keneh mah sarua keneng-keneng-kehed
Keep brotherhood_ KRR-ZX built up
artikel di atas sebenarnya benar. power besar belum tentu top speednya tinggi. gak percaya? sekarang kita bahas perbedaan power yang jauh lebih mencolok. bus mercy yang powernya sekitar 325 hp top speednya 120 kph, sedangkan lori yang poweernya 1000 hp top speednya 40 kpj. so, artikel di atas memang betul. top speed tinggi tidak selalu karena power. power sendiri punya 2 fungsi untuk speed dan beban. karakter mesin juga yang berpengaruh atas fungsi power itu sendiri.