lihat pada grafik, pada Rpm bawah sampai Rpm 8.000an, megelli dapat mengungguli powernya ninja, yang dibutuhkan pada mesin yang punya peak power yang lebar dan rentang powernya sempit adalah gear ratio yang lebih berat untuk menyandingi speednya ninja.

Melanjuti tulisan SLR yang membahas tentang power besar blum tentu topspeed tinggi, kali ini SLR akan memabahas yang namanya RPM mesin yang setinggi langit namun belum tentu topspeednya tinggi. Banyak dari bro semua yang keliru menganggap semua mesin yang RPMnya tinggi bisa menggapai speed yang tinggi juga.

rpm tinggi nggak menjamin di gigi 6nya bisa mencapai tuh max Rpm...

Belum tentu bro… contohnya motor ane dirumah, si mocin 145cc, mesin udah ditune abuuiis,magnet dibubut, noken durasi tinggi, knalpot racing, kompresi dipertinggi, karbu Pe28…. pokoknya komplit, minus bore-up.Apa hasilnya, maukah topspeednya setinggi langit??? beluuum bro….!!! setelah dicoba lawan motor sekelas, ya ada peningkatan dari STDnya, ya minimal bisa mengimbangi,…. dicoba di trek lurus yang panjangnya mencapai 2km, hasilnya gimanakah… pada gigi 1,2,3 powernya mau ngisi terus, akan tetapi pada saat masuk gigi 4 power mesin agak lama naik, namun terus ngisi, sampai top speed 130kph lebih. Pada saat masuk gigi 5 lah permasalahan terjadi, power langsung drop speedpun turun, mengapa… sebab saat perpindahan gigi dari gigi 4 ke gigi 5 banyak terjadi penurunan/ drop pada RPM, untuk mengkatrol Rpm agar kembali naik sungguh lama. Trus apa yang dibutuhkan, ya jelas gigi ratio 5nya butuh diganti dengan yang lebih ringan.

tuning abuiiis.... gigi5nya druuoooop

Dari penggalan cerita SLR diatas dapat menyimpulkan bahwa gigi ratio akhirlah/top gearlah yang menentukan yang namanya topspeed. sama juga kisahnya pada kawasaki ninja250r, pada topgearnya belum tentu si ninja bisa menggapai yang namanya topRpm, yang disebabkan oleh penurunan peak power dan juga ratio akhir yang berat.
Itu juga yang menyebabkan knapa dibalapan road-race sampai motoGp yang namanya penggantian dan penyesuaian rasio gigi sangat penting.

dahsyat pada low to mid powernya....

hampir lupa dibahas… hampir.. yaitu pada reduksi akhir yaitu pada gear depan belakang, untuk meningkatkan topspeed biasanya orang bilang dengan mengganti dengan ratio yang lebih berat, ganti aja gir elakang dengan yang lebih kecil…. belum tentu benar bro, bukannya topspeed yang lebih tinggi yang didapat akan tetapi top gear speednya akan drop yang disebabkan beratnya mesin memutar roda saat top gear, akan tetapi yang terjadi perubahan adalah pada topspeed pada gigi dibawahnya, napasnya jadi panjang-panjang. Pergantian gear yang lebih berat ada juga hubungannya dengan yang namanya karakter mesin, mesin dengan langkah stroke pendek dengan rpm tinggi, seperti satria Fu, ninja250R, cenderung butuh ratio akhir yang ringan, nah agaimana jika dikasi ratio berat… kejadiannya ya kayak minerva, mesin udah stroke pendek… eh ratio akhirnya dikasi super berat… ya jelas lemot lah…..!!!

gimana, setuju ga setuju mari kita bahas sama-sama,…

 

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

45 responses »

  1. Koko jogja berkata:

    Makasih Gan,ilmu yang sangat bermanfaat.Secara aku jg pemakai minerva sekaligur marketing minerva jogja.Buat temen2 yang mau beli minerva bisa menghubungi 085647058565.

    • j4na berkata:

      mumpung ada orang minerva nih… SLR boleh usulkan???
      seperti pengaplikasian gir superberat yaitu 15-38…speednya ga dapet tuh…. atau minerva punya pemikiran dengan gir segitu dapat topspeed tinggi…??? salah bos… bukannya topspeed yang didapat… malahan mesin akan berat memutar roda, yang paling ideal tuh 14-39 atau 15-40!!!
      mas koko… apa ga malu kalau monerva itu dibilang lelet??? sebaiknya dilakukan upgrade, macam karbunya, jangan pake yang kayak punyanya GL-pro…. pake aja yang macam pe28 thailand, harganyapun ga mahal kan??? daripada STDnya yang mereknya DEKNI… macam cewek aja???
      mas koko… maaf SLR ngritik ya, tapi kritikan ini untuk kemajuan minerva…!!!

  2. badboy berkata:

    Setuju aja deh..

  3. badboy berkata:

    Untuk yg overstroke kalau gear blkngnya diperberat topspeednya nambah gak bro?

    • j4na berkata:

      overstroke kan putaran bawahnya bringas bro, dengan ngecilin gir belakang, keberingasannya akan berkurang, tapi topspeednya mau lebih dikit…. tapi jangan terlalu berat bro…..

  4. NanaRedPro berkata:

    satu lagi gan,nambahin usul,pernah TR mimin tmen,getarannya lumayan pdhal msih baru,itu bisa jdi kekurangan,tpi secara umum tmen puas makenya,dan saia puas Tes Ridenya,klo itu mkin dibenahin,sya yakin klo minerva bisa bersaing dg merk lain,soalnya part bisa subtitusi,satu lgi warna cat rada tipis yak??,thanx
    bravo minerva…
    *pengen juga tapi nantilah,klo kekuranan smua dah beres

  5. NanaRedPro berkata:

    lupa…
    minerva tmen seperti punya Bro SLR,mertua pake T150 R

  6. enth berkata:

    bis malam juga rpm nya rendah banget bro, tapi larinya……..

  7. snalpot99 berkata:

    cs1 juga langkah pendek rpm tinggi mas 😀 (gaknanya.com)

  8. jhond berkata:

    minerva punya kang j4na mending di bore up jadi 165cc lah, jadi RPM bisa selangit compare ratio cukup 1:11, final gear 15:40, top gear jangan dirubah ratio-nya jadi untuk mencapai top speed cukup jarak kurang dari 1,5 km. maaf ni kang supra X 125 punya saya standard aja top speed 120 km/jam dengan trek 2 km

    • j4na berkata:

      oooo nggak bro…. rencananya mau bore-up + stroke up 250cc bro, pake seher scorpio 70mm plus kruk-as tiger 62mm….. mantap ga???? baru ide aja bro….

  9. cs 1 top speed gaknya abis2 hingga 180 kmpj

    ngaur.com

  10. F4zR berkata:

    Bener bgt bro, ane pke satria ru120 (blok udah kna full korek) cm yg lainnya std abis jdnya gbsa full larinya ttp mentok 130kpj tp 150meter dah dapet tuh topspeed…
    Yg psti skr btuh final drive yg ringan minimal pke 14:46 ato 12:40, klo dbwh itu udh gbsa ngangkat…

  11. Ancok berkata:

    ne bro yg di majalah jepang itu
    CBR250R vs Ninja 250R
    0-50m 4.26 ……….. 4.68
    0-100m 6.46 ……….. 6.91
    0-200m 9.99 ……….. 10.38
    0-400m 15.95 ……….. 16.04
    Top Speed CBR250R vs Ninja 250R 151.38
    kph vs 159.02 kph
    bisa di lihat di 400meter n250 kalah 0.09
    detik …apa artinya bro …artinya saat
    500meter n250 udh menyamai saat
    600meter jg menyalip saat 800meter
    cbr250 udh KLENGER !

  12. kilaubiru berkata:

    sip… bookmark gan.. 😀

    *saya add fb yah bro 🙂

  13. dendy berkata:

    @ jana dah bro jgn bhs artikel Rpm lagi bro.. Tar orang yg gak ngerti ngotot !

  14. komodo berkata:

    tapi new smash ane langkah pendek juga lo bro,.gir dikecilin punya sogun 125 14-34, tapi tarikan koq malah tambah beringas..? Btw ane ganti pilot jet jadi17,5 standarnya 15, ma ganti koil xp, cma itu aja koq plus setingan karbu yg tepat ampe businya merah bata, top sped alhamdulillah da bisa tembus 120km/h..sblum diganti kyknya cma mentok 110 km/h aja..biaya cuma beli koil ma spuyer aja, total 210ribu aja..

  15. Ancok berkata:

    dendy mengatakan:
    Februari 6, 2011 pukul 2:54 am
    @ jana dah bro jgn bhs artikel Rpm lagi
    bro.. Tar orang yg gak ngerti ngotot !

    *****

    suka2 yg pnya blog mw nulis apa …sok ngatur dasar rsj lu …wkwkwkwkwk

  16. Ancok berkata:

    bro jono artikel ne mirip cs1 vs mx …mx kalah sama cs1 di gigi 4 mx malah drop power …klo mx yg 5speed pasti keok tuh cs1 …

  17. Julius berkata:

    dan ingatt, ada jg yg top gear’y dilimit ampe rpm max power za.. jd pake cdi unlimit pun, top gear’y gk bkal bs teriak. cth: N250, cbr1100xx, mazda RX7.

  18. jhond berkata:

    bro j4na jam nya ngaco abizz… benerin dong…

  19. dendy berkata:

    @ ancok maksud w ya lu cok !
    tar ngotot2n mending gk usah comment ja lah cok ! Dulu waktu di blog ini gk ada u fine2 aja. Ada u jadi ricuh !

  20. j4na berkata:

    @jhon
    Jam?? Dmna ada jam?? Ooh maksud mas yang seperti jam digital itu?? Itu mah applikasi yang mengitung banyaknya visitor yang masuk bro, SLR pasang baru tdi pagi!!!
    Maaf jika tampilannya agak menipu!!

  21. stoner1 berkata:

    @ bli jana top abieesss penjelasannya bli..

  22. stoner1 berkata:

    @ bli jana top abieesss penjelasannya bli. Ditunggu artikel selanjutnya..

  23. rio berkata:

    bli owh gtu ya bli. Pantesan saya naik my blue ninja 250R top speednya cma 165 kph. Xixixi trus ganti gear belakang caranya gmn ya bli maklum pemula. Paling motor saya cma wat gaya2n saja.

    • j4na berkata:

      oooh gantinya jlas gampang…. nyari gir untuk ninja yang sulit bro….!!! yang recomended dan paling mudah sih ganti TCI/CDInya aja, tinggal colok….

  24. rio berkata:

    owh gtu ok dech bli atas saranya

  25. moy17 berkata:

    mantap bro emang ger ratio berperan besar hingga para mechanic main belah duren eh belah mesin untuk menyesuaikan ger rationya biar maknyus 😆 thanks bro jana
    terbaru di warung pertamaxxxx
    http://moy17.wordpress.com/2011/02/06/busett-suzuki-thunder-125-versi-international-foto-dari-dubai/

  26. tiktak.. berkata:

    mx bore upan bli dimana’e tuh ngdrop’e…
    msa hampir sama kya std…
    bda cman 5 kph…
    pengapiankah,topgear,or yg laen’e???

  27. j4na berkata:

    @Tiktak!!
    Itu waktu blom ganti cdi ma karbunya bos!!
    Pernah sampe 145kph,dgn cdi BRT plus pe28!!

  28. jhond berkata:

    kang j4na maksud-nya, sya coment jam 02.00 jadi jam 04.00 di tampilannya padahal emang jam 2. gitu,..

  29. Briyan berkata:

    Mantap Mas Jana. Blognya nambah pengetahuan. Lanjoouutt. . .

  30. ウィナ berkata:

    ulasannya mantap bli

  31. nanda berkata:

    mas. .
    kalo utk hsx 125,biar lebih max lg ,pake gear set apa ?tapi selain punya ny supra fit. .makasih 🙂

  32. atobowo berkata:

    Banyak kok yg RPM smpe melejit tpi speed msh kalah sma bebek

  33. Rychee berkata:

    Sangat SETUJU Mang Jana!! nalar seperti ini yang belum banyak pada rider2 sekarang…btw itu ilustrasinya sama banget seperti mekanik ane cerita ke ane!!

  34. ardemis berkata:

    kang j4na, punya info tentang rasio gearbox Minerva R150VX nggak..? kalau punya mohon share ke e-mail saya yah.. ardemis50@gmail.com saya bener2 butuh untuk dikalkulasiin di http://www.gearingcommander.com/

    terimakasih banyak sebelum & sesudahnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s