bukan 1000cc bukan juga 800cc

Dengan digelontorkannya regulasa baru motoGp 2012 yang memperbolehkan mesin motor masal masuk meramaikan kejuaraan ini, pabrik-pabrikan motoGp pun telah memulai risetnya untuk menyiapkan mesin sesuai dengan regulasi. Dibalik regulasi tersebut terdapat dua pilihan opsi yang harus dipilih oleh pabrikan yang akan turun di tahun 2012, yaitu dengan kapasitas 800cc dan kapasitas 1000cc. tentu bro semua akan bertanya, knapa 800cc dan 1000cc diadu, 1000cc dong yang akan menang…orang kapasitas mesinnya lebih besar 200cc????.

2012... nesin yang benar-benar baru

Eeeiiiit tunggu dulu…. jangan anggap remeh 800cc ini, jika 800cc ga bisa bersaing, ngapain FIM bikin regulasi…. bnerga??? 800cc dan 1000cc disini dianggap setara powernya dari pembatasan diameter seher dari 1000cc yaitu 81mm sedangkan pada 800cc diameter sehernya sendiri dibebasi. bro sudah taukan apa efeknya jika diameter seher dibatasi 81mm, kan udah sering SLR bahas, tapi lebih baiknya kita balik lagi, dengan diameter 81mm tentu akan membatasi juga yang namanya stroke, stroke disini sangat berpengaruh pada Rpm mesin yang dicapai, semakin pendek stroke maka semakin tinggi Rpm yang dapat dicapai. bore hanya 81mm maka stroke yang didapat ada direntangan 48.5mm dan jika dikalkulasikan Rpm yang bisa dicapai adalah direntangan 15.000rpm-16.000rpm. Tentu sangat jauh dengan mesin 800cc yang Rpmnya ada di 18.000rpm-19.000rpm.

team desainer mesi ducati, dari komputer siap menciptakan mesin baru

Kita balik lagi kejudul diatas, knapa SLR nulis ducati tidak menggunakan dua kapasitas mesin itu?? balik lagi ke regulasi, jika ducati memutuskan memakai mesin 800cc, tentu ducati akan dibatasi dalam pemakaian mesin(800cc hanya boleh memakai 6 mesin dalan satu musim sedangkan 1000cc boleh 12 mesin), dan jika ducati menggenapkan kapasitas mesinnya menjadi 1000cc, tentu stroke mesinnya tidak akan bisa dibuat pendek dan berefek pada Rpm mesin yang lebih rendah.

bapaknya ducati- mesin ducati terkahir dari tangannya...

Menurut Filippo Preziosi, selaku Babe’nya ducati, dukati kemungkinan besar tidak akan memakai kapasitas mesin 1000cc, akan tetapi kemungkinan memakai kapasitas mesin 900cc atau 930cc didasari alasan diatas, yaitu untuk mengakali regulasi, dengan membuat stroke lebih pendek.

berikut petikan pembicaraan  Filippo Preziosi pada Ducati news today:

“kami sudah memuali mendesain konsepnya dan menentukan kapasitas mesin terbaik untuk menghasilkan power dan  konsumsi bahan bakarnya, kami berkonsentrasi pada ini”. dan juga dia mengatakan “belum jelas jika  kapasitas mesin 1000cc menjadi terbaik, akan tetapi masih jadi bahan perundingan. yang termungkin adalah berkapasitas 900cc bahkan mungkin juga lebih besar lagi yaitu 930cc. dan kemungkinan lagi kami akan merisetnya dari tahun ke tahun. dan pada akhirnya saya berharap mesin ini siap untuk diturunkan untuk  musin 2012.”

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

26 responses »

  1. Idan_89 mengatakan:

    Pertamax.. Hehe

    Wah klo gini berarti hampir sama kaya balapan superbike donk mang jana..

    Tapi, kita bisa liat top speed yg luar biasa tahun 2012 hehe

  2. pakbambangnunggangjaran mengatakan:

    mangstabbb, yang penting balapan seru, saling nempel n saling overtake

  3. novriexx mengatakan:

    pertamaxxxxxxxxxxxxxxxxx harus

  4. novriexx mengatakan:

    gagalllllllllllllll

  5. novriexx mengatakan:

    ohhhhhhhhh brti 2012 blh make mesin 800 cc tp kok dibatesin 6 kali ganti mesin sedangkan 1000 cc 12 kali kok kyny ada yg aneh

    • j4na mengatakan:

      karena mesin 800cc udah duluan diriset dan yang 1000cc itu dominan diikuti oleh motor superbike macam BMW dengan superbikenya S1000rr. dengan alasan pembatasan itulah ducati tidak menurunkan motornya di 800cc, akan tetapi ikut di regulasi max1000cc, nah untuk mengakali regulasi ducati membuat mesinnya berkapasitas lebih kecil(stroke pendek) bertujuan untuk mengail Rpm lebih tinggi dibanding kontestan 1000cc lainnya…

  6. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    ulasan yg berilmu Bli Bro…

  7. asmarantaka mengatakan:

    jangan2 back to 990 cc aja nih??:mrgreen:

  8. Briyan mengatakan:

    Tambah pengetahuan. Aseeekkk. . .

  9. Briyan mengatakan:

    Ducati mank berani berinovasi. Ngeri dh ama motor Italia.

  10. salmanpedrosa mengatakan:

    liat saja nanti bagaimana reaksi HONDA

  11. Maskur mengatakan:

    kalo bisa imbang kayak moto2 lebih top

  12. Jasa Penulis Content mengatakan:

    waduh..motor sekarang uda pada kaya roket ya lari nya…
    inovasi nya serem2..

    bukanya berat motor dan pembalap itu sendiri berpengaruh pd kecepatan motor nya…??

    salam kenal mas…

  13. kilaubiru mengatakan:

    hehe… kurang teliti ane baca judulnya gan.. kirain 2011, ternyata 2012… mantap😀

  14. Levi's strauss mengatakan:

    Ducati cuma menang di desmo, cuma itu.

  15. Mercon C lagi Dilema mengatakan:

    biasanya honda udah ngeriset duluan nihhh

  16. rio mengatakan:

    @ bli j4na tu kalo 930cc di batasi gak bore nya ?

    • j4na mengatakan:

      walaupun 930cc tetap dibatasi 81mm, 930cc itu dimasukkan di klas 1000cc regulasinya…!! tujuan ducati menurunkan kapasitas mesinnya adalah untuk mendapatkan Rpm yang lebih tinggi, lewat pemangkasan strokenya akan tetapi diameter sehernya tetap dibatasan 81mm

  17. ウィナ mengatakan:

    ayoo honda kluarin rvf yg 1000cc

  18. Adam Kurniawan mengatakan:

    Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…🙂

  19. Juls mengatakan:

    jd mgkin ducati bakal pake konsep V4 81×45 mm (926,8cc). rev limitter’y dipatok di 16700rpm dg piston speed maks 24,9 m/s..

  20. Erick mengatakan:

    Apapun yang di lakukan pada 2012 ini itu semua karena semua team ingin menang tapi selama yang mereka lakukan masih dalam rentang peraturan yang ada maka gak jadi maslah. Gwe yakin honda dan yamaha juga mempunyai trik jitu untuk mengakali RPM yg inigin di capai pada motor mereka. tapi yang jelas ducati tidak akan menggunakan engine 800cc karena mereka akan ketinggalan dalam meriset perkembangan 1000cc jika mereka terus menggunakan 800cc sementara team lain sudah menggunakan enigne 1000cc dan telah mendapatkan adaptasi pada setiap sirkuit yang sudah mereka lalui di tahun pertama dan tahun berikutnya pendahulu yg menggunakan engine 1000cc akan jauh lebih mengerti mengenai tipikal setiangan yang mereka butuhkan untuk menang di setiap sirkuitnya karena telah mempelajarinya di tahun pertama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s