Ditulisan SLR terdahulu pernah memuat tentang bocoran kecil dari honda NRS250 yang akan diturunkan di moto3, yaitu kemungkinan spec mesinnya dan juga bentuk mesin yang akan dipakai honda. dikabarkan honda memakai konfigurasi yang aneh yaitu terbaliknya posisi knalpot dengan trotle-body, yang biasanya knalpot ada didepan mesin sedangkan trotle-body ada dibelakang head mesin, nah di NRS ini sungguh beda, lihat gambar dibawah:
Mengapa SLR brani menebak jika honda memang benar memakai konfigurasi mesin terbalik ini… sebab dari gambar sketnya dan gambar realnya sudah bisa dibandingkan, lihat sekali lagi gambar diatas dan dibawah, terdapat lingkaran merah dan hijau, bentuk tonjolan mesinnya terlihat sama, jadi sket dari gambar itu memangbenar. Lihat juga bentuk knalpotnya, melingkar dari belakang menuju kedepan lalu diarahkan kebawah mesin, sama juga terliahat di gambar aslinya. so sket itu memang benar, dengan mesinnya yang terbalik.
Yang menjadi pertanyaan sekarang, kenapa honda membikin mesin berbentuk terbalik ini,?? alasannya adalah penempatan massa mesin yang seibang, sehingga pengendalian motor akan mudah. di mesin 125cc 2tak, penempatan mesin terbilang sangatlah mudah dikarenakan bentuk dari mesin Gp125 terbilang kecil dan rendah. beda dengan mesin 4tak 250cc mempunyai bentuk yang besar dan tinggi, menurut desauner honda, satu-satunya cara untuk menyeimbangkan bobot motor adalah dengan cara memutar mesin kearah belang beberapa derajat melewati garis vertikal, sekali lagi lihat gambar(mesin berwarna merah) yang penempatannya tepat berada ditengah-tengah centre motor.
Selain itu pada knalpotnya yang tersembunyi dibawah mesin, bro sudah taukan bagaimana beratnya knalpot 4tak, dengan ditempatkan dibawah mesin maka bobot knalpot itu juga akan terletak semakin kebawah dan semakin ke titik pusat grapitasi, lagi-lagi bertujuan untuk menambah kesetabilan dari motor itu sendiri.
Puyenk bacanya. . .
puyeng ya mas…. maaf tulisan ma bahasa di blog ini sulit dimengerti…
FYI :
Konfigurasi mesin dgn penempatan knalpot dibelakang head (berada di tengah) dan throttle body didepan sudah diterapkan di YAMAHA YZ450F (Special Engine) mulai dr thn 2010, konfigurasi knalpotnya dinamakan “TORNADO STYLE”..
motornya dipake sama JAMES “BUBBA” STEWART..
kalau yamaha dan husabergh konfigurasi ini sudah biasa akan tetapi beda dengan honda yang memulainya dari nol, apalagi dimesin prototifnya…
menunggu spy shoot test riset nya 😀
MANTAF
WALAU TIDAK NGERTI
Moga kompetetip di moto3
Kayaknya design spt itu juga bikin eces kail tenaga lewat pasukan udara yg lancar jaya dan gak perlu repot2 bkin corong udara
aneh ya.mungkin airboxnya di bawah tangki nih
klo diperhatikan dgn seksama memang benar bro,wuiihh teliti jg ya
artikel mantap
makasi mas… kalo ada kekurangan mohon dimaklumi…
terbalik berarti karbu ( alah karbu) di depan donk ya 😀 😀
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
kalo pengamat otomotif pasti biasa dengan bahasa kaya gini bro.kalo baru belajar biasanya akan sedikit bingung
he he he… siapa yang pengamat otomotif bro…..
😀 CS1…!!!
tetep gak ngerti,,, hehe
intinya adalah titik keseimbangan yang sempurna…
maksudnya blok silindernya miring ke belakang.biasanya kan miringnya kedepan kaya gl series.begitupun knalpot(exhaust) yg biasanya didepan blok silinder jadi dibelakang.dan throtle body(intake) ada didepan blok silinder
1.tititk berat…
2.optimalisasi air intake system
http://hmdr2.wordpress.com/2011/02/09/pasang-windshield-honda-scoopy-yang-bahenol/
wah mantep.. gila bener nih HRC. ckckck
http://adhanihoree.wordpress.com/2011/02/09/setelah-suzuki-giliran-yamaha-pakai-aho/
Dibalik karena dirancang untuk mendapatkan pasokan udara yg lebih berlimpah karena otomatis intake ada didepan..