belum tentu konsumsi rakus dibilang boros...

Banyak bro semua yang pada salah sangka dengan kata “BOROS & IRIT”, bahkan kebanyakan pula yang latah bialang kedua kata itu. “Ninja konsumsi bensinnya 28km/liter….. aux aaah… BOROS….!!!.” Jika ninja yang larinya kuenceng dibilang Boros gimana dengan Mio yang konsumsinya 30km/L???…super gila dong borosnya???

dengan 110cc konsumsinya bisa mencapai 30km/L... boros??

SLR teringat akan kejadian kemarin sore, sewaktu berhenti didepan poskamling, SLR saat itu menaiki motor Jupiter MX bore-up 170cc. Saat itu ada teman SLR yang bertanya mengenai motor yang SLR pake,”motor kamu 170cc ya, boros banget dong?.” Pertanyaan itu jadi menggelitik pemikiran SLR, Kok selalu motor yang udah di tune itu identik dengan kata boros ya???

Persepsi masyarakat itu sebenarnya tidaklah salah namun keliru, mereka keliru dengan yang namanya perbandingan speed-power dengan konsumsi BBM, jika Jupiter MX yang SLR pake konsumsinya 35km/L tidaklah tergolong Boros, namun sebanding dengan Power dan speed yang dapat digapai, beda dengan motor Si-YM dengan kecepatannya yang tidak lebih dari 110kph dan juga power yang masih dibawah 10hp, konsumsinya 30km/L…. Barulah bisa dibilang boros.

speed-power sebanding dengan konsumsi

Jadi kita menyatakan motor itu Boros/irit bukanlah dari berapa BBM yang dihabiskan, tetapi dari perbandingan antara speed-power dengan konsumsinya. Jika motor berspeed tinggi plus power tinggi juga, dengan pemakaian BBM melebihi batas konsumsi standarnya itu Bisa dibilang wajar. Bila suatu Motor berpower relatif rendah dengan konsumsi BBM yang terbilang lebih dari standarnya, maka motor itu bisa dibilang Boros. Dan yang terakhir, jika suatu motor dengan power Besar-speed tinggi mengkonsumsi BBM sedikit atau dibawah dari motor sekelasnya, maka motor itu terbilang IRIT….

jadi jangan lagi latah bilang motor BOROS…. IIIRIIIT…..

Seb

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

20 responses »

  1. NanaRedPro. mengatakan:

    PERTAMAXX
    KEDUAXX
    KETIGAXX
    HARAPAN SATUXX……PODIUM….
    AMAN
    *ngarep bukan jebakan spidermen.
    motor bwat ane nggak ada yang boros,siap punya motor kenceng ya siap boros juga

  2. NanaRedPro. mengatakan:

    satu lagi blih…
    motor matik mang lebih boros dari manual kyaknya
    SALAM RODA DUA

  3. haiqal mengatakan:

    emang relatif bro. Cthnya mbl 10-14 kpl tetap di bilang irit. Tergantung jenis dan kelasnya.

  4. Biker 46 mengatakan:

    ^^^
    Tul betul betul,rakus segala galanya

  5. Maskur mengatakan:

    boros itu relatif

  6. raya mengatakan:

    membandingkannya tentu dengan motor sekelas, misal matik dengan matik, lebih baik lagi kalo cc sama..

    • j4na mengatakan:

      knapa SLR bandinginnya yang beda CC, sebab SLR bandinginnya dari kesamaan konsumsi, jika konsumsinya sama tapi beda ccnya jauh…. ya CCnya yang kecil brarti boros bro…. contohnya FZR250 konsunsinya bisa sampai 50km/L…. jika disandingkan dengan vixion, itu brarti kurang ajar iritnta FZR….

  7. Briyan mengatakan:

    Izin baca. Than mas.

  8. Ahonx mengatakan:

    Wah artikel buat yg suka ngeklaim motor irit nih biar pd melek..Kalau mau kenceng n irit ya tarik aja tuh motor pake mobil F1 dijamin wuzzz!

  9. fXR 1:35 tapi power 20hp.. Lumayan irit lah, buatku..

  10. Hendri mengatakan:

    Cbr ane 1:35, 170cc 28.5 hp on wheel. Irit. . . Hehehe. . .

  11. Neoby mengatakan:

    Bro j4na, saya mau tanya diantara vixion, byson & nmp, mana yg plg irit?

  12. Az147r mengatakan:

    boros itu tergantung dompet masing-masing:mrgreen:

  13. vwx a.k.a capelah mengatakan:

    lagi hemat ^_^

  14. cidtux mengatakan:

    apalagi klo tempat kerja pulang pergi cuman 2km saja. Pakai mobilpun yang konsumsinya 1:10km seliter bisa ngisi 5 hari sekali, masih bisa dibilang irit…, dibanding dengan yang Pulang pergi 50 km, pakai motor dengan konsumsi 1:50, seliter ngisinya sehari sekali.😆, yah relatif tergantung tempat ruang dan waktu😆

    yang bener2 irit ya lari pagi….. wkkwkwkw..😆

  15. jokondokondo mengatakan:

    barusan saya pake nmp beli bensin 20000 eh habis buat jalan2 100km… apa ni dibilang irit juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s