DOHC...unggul power atas

Pasti bro semua pada bingung dengan judul diatas “believe it150cc = 200cc???” …What it mean?? Judul itu mengartikan kapasitas mesin motor 150cc powernya setara atau sama dengan power motor 200cc, eeiitt.. jangan nuntut dulu, SLR bilang sama dalam artian jika motor yang 150cc itu sudah menerapkan sistem DOHC pada mesinnya dan melawan mesin motor dengan kapasitas mesin 200cc yang hanya SOHC 2valve.

masih SOHC....

Percaya ga percaya itu ada buktinya bro, coba geber satria FU berbarengan sama tiger,pasti tidaklah ada menang yang dominan Masih ga percaya lagi, ada lagi buktinya yaitu saat dihelatnya Drag-Bike Purwokerto. Catatan waktu sport 200cc dengan kelas satria FU sama-sama berada dikisaran 8.2 detik, tanda kutip kedua jenis motor ini sudah sama-sama ditune abis.

drag-bike membuktikannya...

Satria FU bisa sehebat itu disebabkan oleh piranti DOHC yang disematkan di mesinnya, sudah pada taukan bagaimana Spek mesin DOHC itu power atasnya, apalagi ditambah dengan tuning yang maksimal. tambah maknyus dah larinya motor yang memakai piranti ini pada mesinnya macam FU, CBR250…!! Lebih lanjut tentang DOHC ini, bro warung DOHC(azizy) yang rasanya ilmunya lebih mantap dari SLR, yang owner DOHC bike juga….

Jadi senadenya Bro punya motor yang spek mesinnya masih SOHC dengan kapasitas mesin kurang dari 200cc, kalah head to head sama motor 150ccDOHC macam satria FU dan CBR150, jangan berkecil hati bro…orang motornya kalah spek kok. seharusnya yang punya motor DOHC yang malu ngelawan motor yang speknya jelas dibawahnya. solusi paling gampang bagi SOHC lover adalah dengan Upgrade mesinnya”bore-up”. seperti Honda mega pro lama dan minerva R150 bisa pake seher punyanya Scorpio, kapasitas mesinnya langsung  jadi 200cc, dengan syarat boringnya pake punya diesel.

SOHC lover…kamu bisa….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

47 responses »

  1. sijidewe aka snalpot99 mengatakan:

    salamat pagi..
    DOHC n over bore.. tp mindset temen2 skarang msih aja yg berpikiran cc gede mesti menang..

  2. #99 bro mengatakan:

    wus wus …..

    kirain di salip fu jebula angen n udan gede..

  3. azizyhoree mengatakan:

    seharusnya yang punya motor DOHC yang malu ngelawan motor yang speknya jelas dibawahnya.
    ===============================================================================

    aghihihi dari pada geber2 an di sebelah ngurah rai ,mendingan saya tak mampir mampir ke jimbaran aja bli, menu seafood nya maknyoss :mrgreen:

    >>
    Lebih lanjut tentang DOHC ini, bro warung DOHC(azizy) yang rasanya ilmunya lebih mantap dari SLR, yang owner DOHC bike juga…
    ============================================================================

    ahh ga juga bli bli jana juga jago sangat kok 😳

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/02/13/my-new-engine-mainan-baru-d/

    • j4na mengatakan:

      aghihihi dari pada geber2 an di sebelah ngurah rai ,mendingan saya tak mampir mampir ke jimbaran aja bli, menu seafood nya maknyoss :mrgreen:
      =======================================================================================================
      maaf bro…. bukan maksud merendahkan DOHC owner… tapi tuk menyemangati si SOHC yang merendah mlulu… merendahbilang diri spek touring…. :mrgreen: bner bro enakan makan, tapi menuju pulang dari sono siapa tau adrenalin tertantang…. geber lagi dah….
      ////
      ahh ga juga bli bli jana juga jago sangat kok 😳
      =======================================================================================================
      aah… bro muantap kok, yang setiap hari bergulat dengan yang namanya DOHC, bangun tidur pun always DOHC :mrgreen:

      • azizyhoree mengatakan:

        ha ha ha santai bli, just joke’s semua berhak berkreasi 😀

        hati2 bro kalau geber disamping ngurah rai, ada orang nyebrang jalan di pertigaan patung apa itu yang kereta kencana cat nya emas depan masjid 😀

  4. f41z mengatakan:

    komparasi yg ga sepadan mas bro, satunya motor turing satunya sport. coba harley std diadu sama R6/CBR600/GSX600 std, menang sapa coba

    • j4na mengatakan:

      memang bro… tapi bagaimana dengan di Drag-bike ??? kok motor turing dipakai drag???? hayooo????
      bagaimana dengan kebiasaan seseorang di dunia nyata ngebut dijalan tanfa peduli yang namanya motor turing atau sport!!
      bagaimana juga dengan salah satu site yang membandingkan scorpio dengan ninja???
      bagaimana juga dengan MNC yang membandingkan VTR250 dengan ninja 250???
      beda kelaskan???
      padahal MNC website dunia loh…!!! hayooo knapa???

  5. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    saya harian pakai Tiger, kalo ada Fu mending minggir, apalag i Alay yg bawa… Ga ada lawan…

    //
    pnah ada yg nawarin upgrade pakai Pio kaya Bli bilang, itu kalo buat harian gmana Bro Bli ?

    • j4na mengatakan:

      recomended bro, tapi tata ulang lagi headnya, squisnya pun ditata menyesuaikan bentuk seher.
      lagi satu yaitu kuncinya ada pada kompresi, pasang seher scorpio apalagi buat harian, kompresinya jangan tinggi2… cukup dibawah 10:1… dijamin aman….

  6. gaplek mania mengatakan:

    aku dulu pake tiger nyantai.tapi kadang iseng ada alay.gw geber2 dikit.langsung si alay panas.geber motornya.gw ketawa aja.dia ngegas gw malah ngendorin gas.santai lagi.si alay pun merasa senang bangga ngalahin tiger.padahal,…….
    hi hi hi

  7. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    mungkin mesti ke Bali sekalian biar sekalian dapet ilmu gratisan 🙂
    kira 2 abis bea brapa bli ya ? *banyak nanya neh

    • j4na mengatakan:

      seher scrpio kira2 dibwah 200ribu, boring diesel plus ongkos 200rbuan, ongkos mekanic(tergantung) kira-kira abis 600ribuan bos tergantung dimana tempat/bengkelnya….

  8. MasBram mengatakan:

    satria fu apalagi fxr klo dah lari, wuih kuenceng, susah ngejarnya apalagi pake tiger, tp klo tarikan awalnya sech tiger menang telak,
    klo pake seher scorpio trus setang sehernya masih pake tiger apa bisa bli? menarik neh bli, kapan diulas khusus soal bor up sohc?

  9. robotic_munky mengatakan:

    kayanya ga 150 : 200 deh bro, alias 3 : 4
    koz kayanya tiger masih inferior klo dibanding satria F ato cbr ato fxr

    mungkin lebih pas nya 150 : 225, atw 2 : 3
    scorpio lebih deket tuh power nya . . . .

  10. dany :) mengatakan:

    Nyimak…nyimak..nyimak…seruuuu… 🙂

  11. LIONSTAR mengatakan:

    sohc 4klep gmana bli? soalnya motor sohc ane klo main ama macan gampang banget ngelibasnya;…
    klo ama fu .. auk deh… kadang mengang, kadang kalah juga

    • j4na mengatakan:

      mendingan bro yang SOHC 4klep, contohnya my MX-boreup, dengan kapasitas mesin 170cc(knalpot,karbu,STD sudah bisa nyamain FU)
      tapi masih kalah di power atasnya…. menangnya ditarikan awal yang dasyat…

  12. agusto mengatakan:

    Bli, dulu pernah baca di motorplus lupa edisi berapa, kalo FU itu DOHC-nya banci maksudnya bukan DOHC sejati, halah apa coba (maaf no offense buat FU lover) tolong dijelasin lagi dong Bli kalo bisa di artikel khusus. makasih

    • j4na mengatakan:

      Kok gitu mas…. pangamatan SLR mesin FU normal-normal aja kok, mungkin karena motor bebek pake mesin sport kali mas….

      • LIONSTAR mengatakan:

        setau gw sih DOHC itu ada yang 1 sproket, ada juga yang dua sproket…
        yang banci itu yang satu sproket.. kayak twin cam.nya Toyota… FU gtau deh 1 ato 2 sproket…
        dgr tenaganya beda lg tuh antara 1 sproket dengan 2 sproket… ada yg blg bedanya jauh, ada yg blg jg tipis… CMIIW

      • j4na mengatakan:

        bukan mas……!!! DOHC itu disebut DOHC karena jumlah Camshaftnya dua mas, masing-masing cam menggerakkan 2 buah klep, klep buang dan masuk.
        nah penggerak camnya sendiri ada berbagai macam, ada yang chain, gear dan ada juga perpaduan keduanya. bentuknyapun ada bermacam-macam!! selain itu ada juga yang digerakkan belt macam ducati

      • LIONSTAR mengatakan:

        eh tp kyknya FU 2 sproket tuh..bingung deh

      • LIONSTAR mengatakan:

        bukan gitu bro… masalah DOHC itu pake dua cam gw juga udah tau dari taun jebot…. tp kalo main sama anak mobil, DOHC itu terbagi dua.. Pure DOHC, dan yang satu lg DOHC banci. DOHC banci yang identik dengan twin cam.nya toyota. twin cam ini lebih diperuntukkan mengejar keekonomisan(kyk sohc 4 klep d mitsu ato honda), lebih lengkapnya main ke sini aja :

        http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=6007

        dan gw gatau kenapa FU dbilang DOHC banci(seach d google jg ga nemu jawabannya)..soalnya dari sudut kemiringan klepnya jelas mengarah pada FU itu Pure DOHC.

  13. gaplek mania mengatakan:

    boring/liner punya mesin diesel.rata2 mesin diesel punya kompresi sangat tinggi karena itu materialnya dirancang lebih kuat dari mesin bensin.makanya kebanyakan modif bore up mengaplikasi boring/liner mesin diesel

  14. Levi's strauss mengatakan:

    Mantaf, tpi bagaimana dengan honda sonic 125 bli, SOHC 2valve lagi.

  15. stoner1 mengatakan:

    Ganti aja headnya pake DOHC.. Beres kann.. Haha..

  16. kirana88 mengatakan:

    mas jana,: fu sm tiger gk sama,saya udh buktiin fu tetep menang.cm kalah start dikit di gi2 1, selepas it ninggalin lumayan jauh kok,weight to ratio tiger buruk bgt,
    Fu br agak2 imbang lawan scorpio, di awal fu kalah.tp pas power tengah bisa ngimbangin,trz power atas fu menang dikit,coz nafas fu di gi2 5 lbh pjg sm scorpio,
    Fu mah pny weight to ratio gila, 95kg pwrny 16hp??!!!,makany g smua negara ad gr2 mtrny membahayakan.
    Tp tetep mas fu sm scorpio saya tetep megang fu,coz saya dah buktiin sendiri fu yg menang.emg atasny gila,
    Di balap liar pun pnh liat di adu sm2 standart.tetep fu yg menang walau start agak kalah

    Jaman skrg cc bkn sgalanya.yg penting teknologi
    Bukanya belain fu yah.tp emg kenyataan.byk yg anggap remeh mesin fu lemot.tp kalau bnr bejek gas pool tuh emg knceng bnr!!

    • j4na mengatakan:

      emang bner bro…. tapi jika sama2 di tune akan beda hasilnya, saat Drag-bike purwokerto contohnya, cetakan waktu FU 8.2 dtik, sedangkan tiger 8.1 detik….
      atau lebi jelasnya dibawah 201 meter tiger masih meraja…

  17. sobek2 mengatakan:

    suzy thunder 125 bisa pasang block fu tapi masih irit nan kencang bisa tidak kisanak?
    Ini ada suzy125 mau di jual muryah hehehe pengen mbikin japs elek2an tapi bingung mampu gak ya saya ngoprek ndiri hahahaha

    • j4na mengatakan:

      oooh bisa….. jika efisien volumetricnya didapat alias setingan yang pas yaitu 12:1, so pasti irit nan kenceng…..
      tapi yang ga irit itu budgetnya bro….

  18. atobowo mengatakan:

    Mesin FU emang mantab, udh gtu ni motor paling ringan d kelasnya.d pantura lawannya cma ninja n king doang…

  19. dendy mengatakan:

    gak selamanya fu kenceng bro… Tergantung rider juga.
    memang kalo dragbike 400m kebawah fu paling jago tapi ke atas dah jangan harap bsa menang lawan fxr, cbr.

  20. Adam Kurniawan mengatakan:

    Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…
    🙂

  21. tigerpiceks mengatakan:

    tergantung sng numpak… nek sek numpak gerombolan siberat po ya kon ngangkang neng FU cabee deehh

  22. myth mengatakan:

    aq pernah menang lawan fu pake smash standar. tp krn jlnya lbh bnyk tikunganya 🙂
    yg pake fu ga brani nikung sampe mepet

  23. why mengatakan:

    satria fu kalo modif dua silinder bsa ga ya. Biar jd 300cc

  24. eka mengatakan:

    shoc 4klep ganti chamsaft daytona

  25. eka mengatakan:

    klo di tempat empunya pembuat mesin2 shoc & dhoc mikirnya mesin efisien n efektif ya tetep shoc, gesekan minim klo yg 4klep. Tpi produksi masal mesin shoc 4 klep hanya untuk sehari2 doank.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s