Melihat mesi Satria FU yang DOHC udah biasa, meliahat mesin V-IXION yang pompa cairan radiatornya ada di head udah biasa juga. Gimana kalau lihat mesin Husqy yang DOHC ini?? kalau nggak jeli mesin ini akan kelihatan biasa-biasa saja tanfa ada keanehan. coba perhatikan lagi pada bagian headanya….!!!

Perhatikan dengan teliti, maka bro akan melihat pada sisi belakang head atau dekat inletnya kelihatan lebih tinggi dibandingkan dengan sisi depannya atau sisi tempat cam exhausnya berada. Pertanyaanpun akan muncul dalam hati”kok aneh banget ya nih mesin, apa tujuan husqy membuat mesin yang headnya miring gitu ya?”. Why…???

bukan cara memfotonya yang salah, tapi memeng mesinnya berbentuk miring

Jawabannya ada pada lubang pemasukan/inletnya yang memiliki sudut sempit terhadap vertikal, tujuan dari dibuat sempitnya sudut inlet itu adalah untuk mengurangi belokan yang terjadi pada lubang inlet, sudah pada taukan jika mekanik sini mau ningkatin power pasti lakuin langkah porting bahkan ngubah sudut inletnya menjadi lebih sempit. Dengan sempitnya sudut ini maka CFM akan meningkat, begitu juga dengan powernya(CFM diukur dengan Flowbench machine)

semakin sempit sudut akan memperbaiki flow

dengan semakin sempitnya sudut inlet ini maka konsekuensinya adalah dengan menggeser noken as semakin tinggi,berpengaruh juga dengan panjangnya klep, klep pun dibutuhkan yang lebih panjang. Nah makanya pada sisi dekat dengan lubang inlet pada mesin Husqy terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sisi exhaustnya.

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

10 responses »

  1. jhond mengatakan:

    pertamaxx

  2. Big bang mengatakan:

    Tes

  3. dumsky mengatakan:

    inlet sperti ini namanya downdraft bukan ?
    CMIIW

  4. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    ga mudeng, belajar lg… Siplah

  5. kentadis mengatakan:

    mesin ini sama kaya yg dipake BMW G450X
    mesin yg dpake motor eropa ini, buatan Taiwan (kymco) cmiiw

  6. Rollerman mengatakan:

    wew

    mesinnya kok mungil

    berapa cc yach?

  7. Ghost mengatakan:

    tu engine dari motoraminarelli bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s