superbike bermesin diesel pertama

Superbike tak bermesin(electri)…biasa, bermesin helicopter…aaah udah sering liat di youtube apalagi superbike benrmesin biasa macam S1000R,R1,CBR..biasa. Yang tak biasa itu superbike memakai mesin Diesel, sudah pada taukan gimana power mesin diesel, kapasitas mesin besar tapi powernya tak segarang kapasitas mesinnya dan lagian Rpm mesinnya yang ga lebih dari 5.000Rpm.

mesinnya terlihat seperti superbike biasa, namun.....

Itu dulu… tapi di superbike bermesin Diesel ini beda, dengan nama resmi Thunderstar ini akselerasinya sangat dahsyat, bahkan bisa ngalahin kedahsyatan dari hypersuperbike kelas dunia macam Suzuki Hayabusha. Bayangkan dalam menempuh kecepatan 0-100kphnya hanya membutuhkan waktu cuma 2.96 detik saja, lebih cepat dibandingkan Hayabusha yang hanya 3 detik. Diadu untuk mencapai 0-140kph pun motor diesel ini masih unggul yaitu hanya membutuhkan waktu 5.3 detik, hanya kalah melawan jagoan kawasaki…ZRX1200R.

Desainer motor ini adalah Van Der Starre kewarga negaraan belanda yang mendesain motor ini sebelumnya dengan software 3D, dalam merealisasikan motor inipun tidak mengandalkan pabrikan lain dalam membuatnya, melainkan dibuat oleh tim’nya sendiri. dengan menggabungkan mesin diesel dari mobil, tidak hanya asal tempel saja di rangka, namun mengubahnya menjadi lebih ringan dan lebih kuat. Mesinnya sendiri diambil dari VW Lupo yang berkonfigurasi 3 silinder diesel TDI. Tidak hanya mengandalkan mesin standar, namun dipasangi turbo intercool. Powernyapun akan terkatrol sampai 100Bhp dan torsinya sampai 250Nm.

radiator beserta intercoolnya.... sangar

menurut brader mesin 1200cc ini pasti loyo ya?? masak 120cc powernya cuma 100Bhp?? eeeiiit… masih ingatkan apa yang diunggulkan mesin diesel, yaitu torsinya yang melimpah, dengan torsi sampai 250Nm menjadikan motor ini dengan torsi terbesar di kelas superbike maupun Hypersuperbike.

namun yang membuat kita kecewa pada motor ini adalah motor ini hanya dibuat dalam skala prototive saja, alias tidak diproduksi untuk masal…. seandainya diproduksipun pasti ga ada yang bisa beli, sudah pasti harganya bakalan selangit macam Y2K helicopter engine.

knalpotnya untertile

berikut speknya:

Engine: liquid-cooled 3-cylinder TDI diesel engine

Cylinder capacity: 1200 cc

Bore * stroke: 76.3 * 87 mm

Compression ratio: 1:16

Injection: Direct injection Turbo Intercooler

Transmission: 5speed

Frame: Star Twin racing frame

Front suspension: WP GP front fork

Rear suspension: WP GP monoshock

Brakes front: dual PFM radial mounted 6 piston calipers and 320 mm discs

Brakes rear: single Brembo 2 piston caliper with Star Twin wave disk

Tires: front 120/70 R17 rear 190/50 R17

Rake: 23 degrees

Wheelbase: 1533 mm

Weight: 205 kg ready to ride

Fuel capacity: 18 liters

Fuel economy: 2.5 liters on 100 km

sumber: http://www.dieselbike.net/ dan http://www.gizmag.com/

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

23 responses »

  1. ridertua mengatakan:

    solar…… gak mau pertamax

  2. ridertua mengatakan:

    solarsuper……

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    gagah bener ya…

    kalo dijual harga nyampe 2 Heli, …. hebring tenan..

  4. setiaonebudhi mengatakan:

    WOOOW..
    mantaaap banget tuh motor..

    mampir ke SINI yaaaahh..
    ada font yang KEREN banget lhoo..

  5. 46 99 mengatakan:

    maaf,rada melenceng dr topik.
    Bro jana, kalo TPS(jupi MX) ma throtle by wire yg di motogp sama apa nggak?

  6. Bonsai Biker mengatakan:

    ketinggalan pertamak

  7. j4na mengatakan:

    @46 99
    Bedalah brader, jika TPS itu sifatnya seperti sensor yang mendeteksi pergerakan dari skep karbu, jika karbu dibuka secara mendadak maka timing pengapian pun akan dimajukan atau seirama dengan bukaan gas dengan timing pengapian!! Pada throttle by wire sling/tali baja yang menarik katup kupu2 ditiadakan, digantikan dengan potensio meter pada handle grip,potensio ini memberikan input ke ECU untuk membuka katup kupu2 lewat servo, buka tutupnya ini juga dipengaruhi oleh berbagai hal dari sensor2 yang ada dalam motor!!

  8. Stevan mengatakan:

    Aduhh.. Kasian dedenya Bro, kena geternya ga nahan… Xixixi:mrgreen:

  9. extraordinaryperson mengatakan:

    bisa ngalahin hayabusa gile

  10. Arif Vixion mengatakan:

    ini mah motor sport torsi gajah hi hi…😛

  11. zaqlutv mengatakan:

    tapi bbm diesel kan lebih mahal? solar di sini murah kan masih subsidi..

  12. setiaonebudhi mengatakan:

    nitip lagi ya bro,
    Heheh
    mampir kesini ya,
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/02/28/cerita-lucu-hadiah-wardoyo-untuk-warni/
    ada cerita yg GOKIL bgt nih..

  13. Kyoghi mengatakan:

    dulu honda goldwing juga ada versi dieselnya, skrg gimana kabarnya????

  14. koq DeL? mengatakan:

    mantap.
    pernah baca di koran jurnal,pabrikan honda india mau bikin motor diesel, tapi bukan honda yang buat melainkan pabrikan india yang kerja sama yang memasarkan dan merakit produk honda…
    klo gak salah pabrikannya mau pisah sama honda deh…

  15. dendy mengatakan:

    torsi setan tenaga loyo

  16. gaplek mania mengatakan:

    suaranya gimana ya?jangan2 ky truk.atau malah kaya genset

  17. Mesin Diesel mengatakan:

    Wow…
    itu motor merek apa gan ?

    pengen tuh ane beli…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s