Semua brader sudah sangat pasti tau bagaimana tampang dari sebuah motor Gp125 yang disebut juga dengan kelas capung, lekuk bodinyapun sudah pada hapal-pal-pal, mulai dari fairing sanpai buntutnya. Bagaimana dengan fungsi salah satu bagian itu?? belum semua pada yang Ngeh kan?? semisalnya pada buntut Gp125, antara honda RS125 dengan Aprilia RS125 sudah tentu beda.
Mari kita bahas buntutnya si tawon ini, Bentuknya tidaklah sama antara 1 merek motor dengan yang lainnya. Jika ditahun tahun sebelumnya sangat ngetren yang namanya buntut tawon, yaitu bentuknya yang seperti tawon, meruncing mengarah ke belakang bawah. Menurut SLR tujuan dari bentuk itu adalah untuk mengarahkan udara/angin yang datang dari sisi atas punggung pembalap(saat trek lurus) akan langsung turun mengikuti bentuknya sibuntut tawon ini dan aliran udara ini akan memusat di belakang motor, jadi motor saat di test aerodinamikanya akan membentuk tetesan air.
Lain lagi dengan kepunyaan dari Honda RS125, tidak lagi mengacu pada si tawon akan tetapi sudah lancip menungging lurus kearah belakang, di Gp 125 honda merupakan pelopornya. Menurut SLR lagi, digenerasi buntut ini bertujuan untuk menciptakan down force pada sisi belakang pembalap dengan membelokkan arah udara yang mengalir kearah bawah dibunggung pembalap menjdi lurus mengarah kebelakang akan menciptakan tekanan ke bawah, motorpun jadi lebih setabil diajak di trek lurus maupun saat menikung.
Jika ada tambahan tolong dishare sama-sama….
Mantapp..!!!
mungkin bisa juga dimanfaatkan sbg bagasi kecil, naroh tools ato jas ujan,dompet dsb kisanak? Xixixixi
ngawur pol..
Yg jelas area buntut jadi sasaran buat di pasangi camera
baru tau saia
nais inpo
SALAM KARET BUNDAR
abis motor gak bisa pake rear wing kaya mobil si…..
bner BGT…..
absen dulu akh..
mampir kesini yah, ada theme keren lhoo..
oks…infone
kok lebih suka buntut yang paling atas sendiri yah.. :p