rajanya..... dengan akselerasi kilatnya

Di salah satu artikel SLR ada dua komentator yang bersilang pendapat tentang yang namanya TopSpeed dari moge-moge berkapasitas besar, mulai dari Kawasaki ZX-10R sampai top speednya Suzuki Hayabusha. TopSpeed dari moge berbeda kapasitas mesinpun ramai dipergunjingkan, ada yang bilang si A loyo si B yang kenceng ataupun ada yang bilang,”Si B kapasitas mesinnya saja yang sebesar gajah, larinya tetep saja sama dengan moge 1000cc.

dikabarkan dengan power besar dan topspeed tinggi

Bener ga pendapat mereka tentang TopSpeed dari Moge 1000cc itu mirip dengan moge 1400cc?? memang bener sekali, tapi… ada tapinya looo…!! Sebenarnya menilai kencang tidaknya suatu superbike/moge bukanlah dari topspeed yang bisa dicapai, akan tetapi seberapa lama moge itu meraih topspeed segitu. nah makanya ada pengukuran menurut racelogic yang mengukur akselerasi motor mulai dari kecepatan 0-60kph, dari 0-100kph hingga dari 0 sampai topspeed. Lain dengan Test yang diadakan untuk meraih topspeed tertinggi macam yang diadakan di Salt-lake Amerika, disana murni yang dicari adalah berapa topspeed yang dapat diraih tanfa memperhitungkan akselerasi, start ataupun bagaimana motor itu mulai berjalan, ntah ditarik kendaraan lain dulu atau didorong dulu baru dilepas.

Lihat tabel dibawah topspeed ZX-12R hanya beda sedikit dengan hayabusha dan saat di test pada trek seperempat mil hal yang aneh terjadi, topspeed hayabusha lebih rendah dibanding ZX-12R namun Hayabusha dapat lebih cepat melalui garis finish 402m. Kenapa begitu, so pasti dikarenakan akselerasi Hayabusha yang terbilang maut, apalagi ditemani kapasitas mesin yang lebih besar.

MOTOR TopSpeed @402meter
Kawasaki ZX-12R 293.7kph 10.50s@225.5kph
Suzuki Hayabusha 1300 297.8kph 10.32s@222.6kph

So, jangan bilang motor berkapasitas mesin besar itu besar pula topspeed’nya, yang besar itu tenaga untuk mencapai kecepatan maksimalnya.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

12 responses »

  1. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    ini memang beli Gengsi

    nitip yg wannabe aja, sambil ngelus koreng http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/03/07/tiger-korengan/

  2. thawil mengatakan:

    desain moge diatas 1000cc aneh2 ya…

  3. #99 bro mengatakan:

    silaturohmi bli

  4. Kyoghi mengatakan:

    jangan lupa juga yg namanya restrictor, macam limiter CDI, itu juga fungsinya buat keawetan motor, kalo mo geber2 terus tanpa restrictor si bisa aja mgkn tembus speed >350km/jam tapi mesinnya lama2 jebol, la pilih mana????? lagipula di beberapa negara maju, top speed legal rata2 diijinkan di kisaran 250km/jam. Gak cuma motor, mobil2 cc besar yg kenceng pun rata2 juga dari pabriknya uda dibatasi top speednya demi keamanan dan legalitas…..

  5. Dendy mengatakan:

    Tapi kenapa saya lhat di youtube zx 14 bru bisa menyalip cbr fireblade di kcptn 294 km/jam. bukankah semakin tinggi hp dan settingan motor ke arah topspeed puncak lbh cepat ?

  6. Mercon C Lagi dilema mengatakan:

    di Indonesia gak ada ya regulasi TOp speed?

  7. vixionr15 mengatakan:

    Bukannya batasan topspeed moge dipatok 300kpj itu berdasarkan regulasi di eropa ? Mengingat sebelum diberlakukan regulasi ini banyak biker yg modar disono CMIIW🙂

  8. Rollerman mengatakan:

    top speed sih udah d BATASIN oleh LIMITERnya ECU

  9. broer mengatakan:

    mantaf rek, 10 detik dah 200 kmh, ninin gw aj 10 detik paling dapet 120 kmh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s