persi ABS no utak-atik ok???!!!

Ada info lagi datang dari Majalah Otomotif, yaitu tentang CBR250R versi ABS. Semua kalangan brader-brader sudah pada tau bagaimana cara kerja dari sistem ABS itu, yaitu mengambil input kecepatan dari roda depan dan belakang. Fungsi input ini sendiri untuk mengontrol kinerja dari ABS, Sensor memberikan data ke modul seberapa cepat putaran roda depan belang berputar, jika sensor menerima gejala awal dari berhentinya putaran roda, maka dengan segera ABS akan bekerja meloloskan sedikit kinerja rem, dengan itu tidak ada lagi terjadi roda mengunci dikala menekan rem mendadak.

sensor kecepatan

Dengan mengambilanya input sensor dari putaran roda, maka sedikitpun perubahan yang terjadi pada diameter dan bentuk dari roda yang disebebkan oleh pergantian ban dengan yang berprofil lebih lebar, maka kinerja ABS akan menjadi kacau atau tidak sesuai dengan data yang dimasukkan sensor dengan kecepatan roda itu sendiri. Disarankan bagi bikers yang senang modifikasi bagian rodanya agar tidak melalkukan pergantian ban dengan tipe lainnya diluar ukuran standar.

sistemnya...

Bagaimana kalau masih bandel juga, bisa asalkan mekanik yang memodifikasinya telaten dan handal, diharuskan mensinkronkan putaran roda dengan outpun yang dikeluarkan sensor, ini akan menjadi PR besar bagi mekanik. Paling mudah bagi kalangan CBR250R lover yang selera modifnya tinggi adalah dengan membeli yang tipe standar tanfa ada piranti ABS, bisa sebebasnya memodifikasi roda-roda tanfa kendala sensor ABS lagi.

cukup dimodif kayak gini aja, tanfa perlu modif pelek atau besarin ban...

Sumber: Otomotif edisi 44

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

26 responses »

  1. agunk_ae berkata:

    Pertamaxxx mahall

  2. agunk_ae berkata:

    Premium mau naik….

  3. agunk_ae berkata:

    baruu bacaaa……

  4. LIONSTAR berkata:

    only for stock lover..hehe

  5. LIONSTAR berkata:

    Btw ganti pentil ban racing mengganggu kinerja ABS.nya ga yah?
    :mrgreen:

  6. thawil berkata:

    Waaa….. untung belum beli xixixii… :mrgreen: bli. yg 150 ntar ada fitur ABS nya ga yah?

  7. kalo bannya sudah aus gimna?ngruh gak ya

  8. fery berkata:

    Artikel berguna,,,nyimaak aja..

  9. dendy berkata:

    tapi yg non abs bisa di modif.

  10. Kyoghi berkata:

    kalo di mobil berlaku juga gak ini????

    • j4na berkata:

      berlaku mas,… memang piranti yang ada sensor di rodanya pasti agak ribet, jangankan ABS, speedo digital aja jika diameter lingkar luar rodanya brubah, bakalan ngaco speedonya……

  11. Briyan berkata:

    Ijin nyimak. . .

  12. NanaRedPro berkata:

    masu diindo pasti bisa diakalin mas bro,orang sini paling hebat soal itu
    SALAM KARET BUNDARâ„¢

  13. coba dua silinder, kayakanya baru cocok dipasangin ABS

  14. #99 bro berkata:

    kapan ya CBS ku ganti CBR…???

  15. setiaonebudhi berkata:

    absen dulu akh..
    mampir sini ya,
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/
    ada theme dan aplikasi keren buat hp kalian..

  16. Ya udah yang non ABS aja Bli bro… buat nemenin si MIMIN… *kompor

  17. Rahmats berkata:

    Selama penggantian bannya sesuai antara ban depan dan blkg gak akan masalah. Cth ban blkg turunin 2 tingkat ban depan juga turunin 2 tingkat. Yg penting putaran antara roda depan dan blkg masih singkron gak akan terjadi masalah CMIIW

  18. miko berkata:

    Harlan Fadilah dapet 168 kmh…itu kata si Harlan lo sembalap Pro…

  19. miko berkata:

    kalo testernya Mplus cuma dapet 164 kmh…waktu datengya trio repsol…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s