persi ABS no utak-atik ok???!!!

Ada info lagi datang dari Majalah Otomotif, yaitu tentang CBR250R versi ABS. Semua kalangan brader-brader sudah pada tau bagaimana cara kerja dari sistem ABS itu, yaitu mengambil input kecepatan dari roda depan dan belakang. Fungsi input ini sendiri untuk mengontrol kinerja dari ABS, Sensor memberikan data ke modul seberapa cepat putaran roda depan belang berputar, jika sensor menerima gejala awal dari berhentinya putaran roda, maka dengan segera ABS akan bekerja meloloskan sedikit kinerja rem, dengan itu tidak ada lagi terjadi roda mengunci dikala menekan rem mendadak.

sensor kecepatan

Dengan mengambilanya input sensor dari putaran roda, maka sedikitpun perubahan yang terjadi pada diameter dan bentuk dari roda yang disebebkan oleh pergantian ban dengan yang berprofil lebih lebar, maka kinerja ABS akan menjadi kacau atau tidak sesuai dengan data yang dimasukkan sensor dengan kecepatan roda itu sendiri. Disarankan bagi bikers yang senang modifikasi bagian rodanya agar tidak melalkukan pergantian ban dengan tipe lainnya diluar ukuran standar.

sistemnya...

Bagaimana kalau masih bandel juga, bisa asalkan mekanik yang memodifikasinya telaten dan handal, diharuskan mensinkronkan putaran roda dengan outpun yang dikeluarkan sensor, ini akan menjadi PR besar bagi mekanik. Paling mudah bagi kalangan CBR250R lover yang selera modifnya tinggi adalah dengan membeli yang tipe standar tanfa ada piranti ABS, bisa sebebasnya memodifikasi roda-roda tanfa kendala sensor ABS lagi.

cukup dimodif kayak gini aja, tanfa perlu modif pelek atau besarin ban...

Sumber: Otomotif edisi 44

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

26 responses »

  1. agunk_ae mengatakan:

    Pertamaxxx mahall

  2. agunk_ae mengatakan:

    Premium mau naik….

  3. agunk_ae mengatakan:

    baruu bacaaa……

  4. LIONSTAR mengatakan:

    only for stock lover..hehe

  5. LIONSTAR mengatakan:

    Btw ganti pentil ban racing mengganggu kinerja ABS.nya ga yah?:mrgreen:

  6. thawil mengatakan:

    Waaa….. untung belum beli xixixii…:mrgreen: bli. yg 150 ntar ada fitur ABS nya ga yah?

  7. kalo bannya sudah aus gimna?ngruh gak ya

  8. fery mengatakan:

    Artikel berguna,,,nyimaak aja..

  9. dendy mengatakan:

    tapi yg non abs bisa di modif.

  10. Kyoghi mengatakan:

    kalo di mobil berlaku juga gak ini????

    • j4na mengatakan:

      berlaku mas,… memang piranti yang ada sensor di rodanya pasti agak ribet, jangankan ABS, speedo digital aja jika diameter lingkar luar rodanya brubah, bakalan ngaco speedonya……

  11. Briyan mengatakan:

    Ijin nyimak. . .

  12. NanaRedPro mengatakan:

    masu diindo pasti bisa diakalin mas bro,orang sini paling hebat soal itu
    SALAM KARET BUNDARâ„¢

  13. Mercon C Lagi dilema mengatakan:

    coba dua silinder, kayakanya baru cocok dipasangin ABS

  14. info yang apik apik apik

  15. #99 bro mengatakan:

    kapan ya CBS ku ganti CBR…???

  16. setiaonebudhi mengatakan:

    absen dulu akh..
    mampir sini ya,
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/
    ada theme dan aplikasi keren buat hp kalian..

  17. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Ya udah yang non ABS aja Bli bro… buat nemenin si MIMIN… *kompor

  18. Rahmats mengatakan:

    Selama penggantian bannya sesuai antara ban depan dan blkg gak akan masalah. Cth ban blkg turunin 2 tingkat ban depan juga turunin 2 tingkat. Yg penting putaran antara roda depan dan blkg masih singkron gak akan terjadi masalah CMIIW

  19. miko mengatakan:

    Harlan Fadilah dapet 168 kmh…itu kata si Harlan lo sembalap Pro…

  20. miko mengatakan:

    kalo testernya Mplus cuma dapet 164 kmh…waktu datengya trio repsol…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s