diagramnya

Diantara brader semua mungkin pada sudah tau dengan teknologi ini, yaitu menyemprotkanair ke dalam mesin melewati saluran inlet. Tapi bagi brader yang masih belum tau atau penasaran mari baca lebih lanjut. Judul diatas memang benar adanya yaitu menyemroykan air kedalam mesin.

Mungkin Brader akan berpikir mengenai air ini, kenapa air disemprotkan ke mesin, bukannya air musuhnya api atau pembakaran mesin?? memang benar, namun air disini bukanlah air yang langsung dituangkan begitu saja ke karbu atau manifold, akan tetapi air ini diubah dulu menjadi berbentuk gas atau butiran atau droplate. mengubahnya ini sudah tentu dibutuhkan semacam injektor yang ditempat di manifold.

ni alatnya.....

Sebenarnya fungsi menyuntikkan air atau lebih tepatnya butiran air ke mesin bertujuan untuk mencegah mesin mengalami gejala ngelitil atau detonasi. Air mempunyai sifat yang bisa mendinginkan suatu benda, dengan menyemprotkan butiran air ke dalam mesin sudah tentu mesin akan menjadi lebih segar lagi, atau terhindar dari overheat. Berpengaruh juga ke perbandingan kompresi mesin, dengan water injector kompresi dapat dibuat dipertinggi lagi dari standarnya tanfa takut mengalami gejala detonasi.

Pengoprasian sistem ini atau disemprotkannya butiran air ini bukanlah disaat sembarangan atau disembarang kondisi mesin akan tetapi injeksi ini beroperasi kala grip gas dibuka dengan penuh atau di Rpm mesin ada di rentang menengan-atas, Karena disaat inilah panas tinggi tercipta di mesin. Tentu brader masih penasaran kenapa mesin tidak mati dikala disemprot butiran air ini kan?? masih ingatkan rumus kimianya air yaitu H²O yang terdiri dari 2 kimia hidrogen dan 1 buah kimia oksid, jadi dalam air itu terdiri dari dua senyawa kimia yaitu hidrogen dan oksigen, ingatkan dengan bom hidrogennya RUSIA yang lebih dahsyat dari bom atom itu, bahan bom itu adalah hidrogen. Balik lagi ke H²O, dengan kandungan hidrogen didalamnya sudah tentu akan memberikan power yang dasyat bak bom hydrogen. Oksigennya disini merupakan persamaan dari udara biasa yang dihirup mesin. jadilah gabungan bahan bakar udara(O²) dan H²O.

mesin perkasa ini juga memakai sistem ini

Selain pungsinya diatas, injeksi air juga berpengaruh ke pengurangan kadar Nitrogen oksid di knalpot. Penerapan sistem ini sudah dibuktikan pada pesawat-pesawar era perang dunia ke-2, saat itu pungsi water injection ini sangat dibutuhkan kala pesawat melakukan short-takeoff atau lepas landas di landasan yang pendek. dengan injeksi air pesawat bisa melakukan akselerasi dengan sangat cepat tanfa memerlukan landasan yang ekstra panjang. Jika diterapkan pada kendaraan tentu akan memberikan akselerasi yang sangat kilat.

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Water_injection_(engines)

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

11 responses »

  1. JHOND berkata:

    PERTAMAXX

  2. Suzuki Mania berkata:

    :;(“&¿¡¥$£^€¤×*|~=}§ hmm.. Hmm… Bukan bacaan sederhana

  3. kentadis berkata:

    pernah nyoba bikin ginian di daihatsu charade classy punya om ane
    kalo ane sm om ane nyebutnya hidrogen generator, cuma modal paling 20rb aja

    • Arif Vixion berkata:

      beda bung, klw yg hidrogen generator atau istilahnya brown energy itu sbenarnya air yang dikasih baking soda yg dikasih aliran listrik trus klwr gas2 hidrogen yg menuju ke ruang bahan bakar sperti gas buat tambahan bahan bakar lah, klw water injection tuh bener2 air yg dismprotkan hingga jadi butiran sngat kecil mnuju ke ruang dalam mesin tercampur dngn bahan bakar dan udara disana, hebatnya lagi ledaknya bahan bakar bisa melambat, serasa pake bensin beroktan tinggi, dan mesin jadi lebih halus..

  4. blognyamitra berkata:

    Memang betul tarikan tambah ngejoss sayangnya boros air, kudu sering2 ngecek jumlah air di tabung.

  5. bennyps berkata:

    @mas kentas : hidrogen generartor beda lho ama water injection. hidrogen generator butuh arus listrik utk mengelektrolisa gas hodrogen dari air, kalo water injection cuma mengandalkan kevakuman dari intake, imho & cmiiw yeeee….

  6. zaqlutv berkata:

    kapan2 bisa bahas WraIn (Water and Air Injection)? tengkyu..

  7. Kyoghi berkata:

    teknologi yg uda berumur 50 tahun lebih, hebat juga, ada yg tau penemunya????

  8. Clurut berkata:

    iya kayak Wrain temuan bro sheldiez anak scorpio club, cuman kalo Wrain yang di semprotkan adalah air dan udara jadi tidak hanya air, dulu pernah mau pasang buat scorpio tapi ga jadi, soalnya pasangnya harus bener kalo salah takut kenapa2x dengan mesinya :), air yang di pakai juga bukan air sembarangan, harus air murni / methanol kalo ga , bisa bikin irit BBM dan nambah HP. kalo mau lihat detailnya di http://abbysperformance.com/?p=36

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s