ini loh mbahnya RS125

Hampir semua bikers sudah tau bagaimana tampang si Aprilia RS125, mulai dari RS125 yang berbuntut tawon sampai dengan yang terbaru(2006-sekarang) dengan bentuk mirip RSV-mille. Di Gp125 pun motor ini menjadi raja dengan terus menerus merebut juara. Bagaimana dengan mbah buyut dari RS125, sudah tentu nggak semua orang tau bagaimana motor ini.

Sebelum RS 125 secara resmi diperkenalkan Oleh Aprilia, AF1 lah yang menjadi handalan bagi Aprilia untuk melawan rival-rivalnya seperti TZ125,NSR125 dan RG125. Saat di tahun terakhirnya 1991, motor ini tidaklah kalah saing tampangnya dengan yang lainnya, malahan pada bagian tertentunya lebih unggul. Seperti bagian Arm belakangnya yang sudah menerapkan Arm tunggal, jika di motor-motor jepang maupun Ducati Arm sebelahnya ada di sisi kanan maka beda dengan motor ini, letak Armnya ada di sebelah kiri. Sudah tentu bagi kita yang pertama motor ini akan terheran-heran.

versi telanjangnya

Beralih ke sisi mesinnya, motor 125cc ini sudah menerapkan power-Valve pada sisi exhausnya, yang sudah tentu akan memberikan power bawah yang ganas tanfa terputus atau sendatan. Power yang dihasilkan pun terbilang besar untuk motor berkapasitas mesin cuma 125cc yang sebesar 27Hp@8.800Rpm, berikut topspeednya yang  bisa mencapai 160kph.

Berikut Spek mesinnya:

Engine and transmission
Displacement: 125.00 ccm (7.63 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, two-stroke
Power: 27.00 HP (19.7 kW)) @ 8800 RPM
Top speed: 158.0 km/h (98.2 mph)
Compression: 15.0:1
Bore x stroke: 54.0 x 54.5 mm (2.1 x 2.1 inches)
Fuel control: Membrane & variable discharge openings
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front tyre dimensions: 100/80-17
Rear tyre dimensions: 130/70-17
Front brakes: Single disc
Rear brakes: Single disc
Physical measures and capacities
Weight incl. oil, gas, etc: 140.0 kg (308.6 pounds)
Fuel capacity: 20.00 litres (5.28 gallons)

 

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

12 responses »

  1. rend berkata:

    maaf boleh tanya ga nih, mohon di maklum sya orang awam yang tak tau banyak soal mesin, yang di maksud power-Valve itu apa ?

    • j4na berkata:

      power valve itu sama dengan punyanya honda”RC-valve” berguna menutup sebagian lubang buang dikala Rpm menengah rendah dan terbuka penuh di Rpm menengah atas. di kawasaki ninja ada juga alat ini disebut dengan SuperKIPS

  2. hant berkata:

    ren keren salam kenal dulu mas

  3. fery berkata:

    27hp bli,,?,,,kalau 150 jadi berapa hp tuh,,,bengis bener!…

  4. Kyoghi berkata:

    kok berat ya tapi???? biasa motor 2 tak cc segitu bobotnya skitar 120 an kg….????

  5. wuidih edan kalau 250nya jadi berapa tuh
    salam knal bli newbie nih pngen blajar di slr mantap 😆

    jemur ah

    http://moy17.wordpress.com/2011/03/18/pulsar-250-misterius-dan-menakutkan-inikah/

  6. gaplek mania berkata:

    armnya dikanan kan.?(diliat dari belakang)

  7. tik-tak berkata:

    ngri…
    mantap neh motor klo masih ada…

  8. faze berkata:

    itu kompresi beneran 15 :1 ? 😮
    udah kaya mesin diesel aja :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s