orang dibalik saktinya transmisi honda

Diawal-awal kemunculan Honda RC212V di sesi test Sepang sudah membikin gempar kontestan lainnya dengan secara beruntun memperoleh posisi terata. Dan menjadi puncaknya kala Sesi Race di Qatar dengan menjuarai balapan tersebut. Banyak kalanganpun yang menerka kalau Honda memasangkan sistem duel-clutch pada motornya, Duel-clutch atau DCT ini telah terpasang pada motor masal terbarunya Honda yaitu Honda VFR1200.

Akan tetapi terkaan ataupun perkiraan  banyak kalangan itupun semuanya muental jauh, HRC menampik semua isu itu dengan menjalaskan ke kalayak publik bahwa transmisinya tidaklah memakai DCT, Honda tidak lah ada melanggar regulasi yang melarang keberadaan DCT ini di motor prototive motoGp.

Lalu transmisi apa dong yang terpasang di motor yang menghantar Stoner menjuarai sesi Qatar ini?? yang jelas Honda atau divisi balapnya (HRC) tidak mau menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini atau bisa dibilang transmisi ini masih misteri nan sakti. Dibilang sakti dikarenakan telah mempermudah Trio Repsol ini dengan mudahnya menjalani sesi test kulifikasi maupun race. Trio Repsol ini mengakui dengan transmisi ini mereka mengalami kemudahan kala sesi perpindahan transmisi, tidak ada lagi gejala Rpm drop, begitu juga saat melakukan perpindahan gigi ke posisi lebih tinggi saat menikung, tidak lagi takut motor oleng ataupun mengalami roda spin.

Selain HRC ataupun Honda ada satu pihak lagi yang tau mengenai transmisi ini, yang terbiasa mengurusi skrutinering terhadap mesin-mesin motoGp, ya siapa lagi selain pihak regulator dan scrutinering. Mereka adalah pihak yang bertugas membuat regulasi dan juga pihak yang sangat berhak mengecek semua kepatuhan mesin MotoGp terhadap regulasi ataupun rule yang telah ditetapkan.

Dari merekalah sebenarnya rahasia dari Honda bisa terbocorkan, akan tetapi itu tidaklah mungkin terjadi mengingat ketatnya peraturan di motoGp dan juga FIM dapat menjamin kerahasiaan setiap tim yang di scrutnya. Menurut SLR Honda telah mengembangkan transmisi bertipe baru yang memungkin pemindahan posisi gigi terjadi sangat cepat tanfa memerlukan dua buah kopling seperti  duel clutch. Sebab apa?? Sudah bukan rahasia lagi jika julukan lain dari MotoGp adalah balapan motor prototive, atau bisa dibilang teknologi yang diterapkan memang benar-benar baru tanfa sangkut paut motor masal.  Kemungkinan besar juga transmisi yang dipake honda adalah  Xtrac Instantaneous Gearchange System yaitu sistem perpindahan gigi super cepat yang dikembangkan untuk mengalahkan sistem DCTnya honda oleh pabrikan Balap dunia macam Lotus yang turun juga di ajang F1.

mungkin transmisi inilah yang dipakai honda, mirip seperti transmisinya Vespa

Kita tunggu saja bocoran teknologi dari si RC212V ini, dan ingat di dunia otomotif  itu sebuah rahasia pasti akan terungkap, namun kita hanya bisa menghitung waktu untuk pembuktiannya.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

25 responses »

  1. esn1422 mengatakan:

    Pertamax kah.?🙂

  2. fery mengatakan:

    Sadist bli,,,,,kemarin saat motoGP di track lurus keliatan bgt bedanya,,!!,,,yamaha lorenzo putus!!

  3. Penonton mengatakan:

    Kalau teknologi tersebut sudah bocor boleh ditiru tim pabrikan lain gak bro? Kan gak seru kalau honda terlalu superior..

  4. milu siram mengatakan:

    bli duel atw dual!

    • j4na mengatakan:

      sebenarnya antara duel dan dual itu sama, terbukti kata duel juga dipake banyak di kalangang internet, ga percaya coba klik duel clutch dan dual clutch di mbah Google

  5. ウィナ mengatakan:

    legal kah?nanti pasti mengaspal dijalan raya,ga disirkuit aja

  6. thawil mengatakan:

    cuma sentuhan kecil dari engineer Honda… hebat…:mrgreen:

  7. dendy mengatakan:

    transmisi vespa ?
    wah bisa di tiru di cbr ku.

  8. hant mengatakan:

    wah kalau saya liat gambar transmisi di atas, tiap satu gigi nempel 2 gigi yang saling menutupi celah mata gigi yg satunya itukah cara mempercepat perpindahannya… mantap! … begitukah mang jana…

  9. jimmy mengatakan:

    curiga ada politik antara phak scrut ma honda…lbih baik di buka ja (gag semuanya) lok emg gag nglanggar regulasi

  10. j4na mengatakan:

    @Dendy
    transmisi Vespa kan mirip mas seperti gambar diatas, pemgoperasian transmisi pespa juga kan mudah tinggl putar stang aja mas….

  11. tik-tak mengatakan:

    yg gu msih bingung cara kerja’a bli…
    dari gambar” diatas gua masihblm ngerti…
    :p

  12. new alun mx mengatakan:

    Honda,,

  13. asmarantaka mengatakan:

    seri2 berikutnya ttp bakalan OMR Honda nih

  14. yukiko mengatakan:

    Metic lebih cepet merubah rasio….
    Xixixixixi

  15. TDF mengatakan:

    widih dasyaat tenan honda. udah pencarian bakatnya jalan teknologinya semakin di depan:mrgreen:

  16. ridho mengatakan:

    mudah2an semua pabrikan bisa pake ya bro.. biar adil, top speed, cornering speed & akselerasi seimbang…

  17. aina mengatakan:

    berarti mesinnya honda emang hebat nie, bener2 udah terbukti honda emang juara dan merupakan pabrikan yang sangat besar di dunia otomotif.

  18. Rollerman mengatakan:

    Gak kaget,knp???

    Honda modalnya banyak,mau rekrut mekanik mesin mana pun bisa,mau percobaan berapa kali pun bisa

  19. warung DOHC mengatakan:

    kalo dimesin2 italy yg sering saya tangani , model beginian namanya colombo pelifety😀

    dual gear yang terhubung dalam satu shaft dan rotation nya searah namun berbeda titik temu itu selain meningkatkan kepresisian juga membuat smoth transfer tenaga

    oiya bli , prototype , bukan prototive:mrgreen:

  20. Kyoghi mengatakan:

    DCT, sistem yg dipake di mobil2 VW modern, kalo yamaha or ducati kerjasama ama pabrikan mobil, sapa tau dikasi transfer teknologi baru………(spertinya waktu FIAT Yamaha dulu juga dhe) who knows?????

  21. Amama Ali mengatakan:

    dan anehnya, maasih ada aja FBY yang bilang Honda sussah melibas tikungan, padahal jelas2 kemaren Honda nggak ngedrop sebelum maupun sesudah nikung, sayang Daped main safety

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s