gambar dari kaskus

Di arikel ini SLR mengundang seluruh pengguna setia dari motor Vixion, penggemar teknologi,speedfreack, Pengguna AI(air Injection) pada khususnya dan semua pembaca yang pernah memasang AI pada motornya, Pokoknya yang tau tentang AI ini mari kita diskusi lewat komen.

trottle-body

Mengapa SLR mengundang untuk komentar ataupun diskusi dalam tulisan ini, dikarenakan kekurang pahaman SLR dengan yang namanya Air-injection yaitu perangkat yang berfungsi menambahkan pasokan udara pada Yamaha Vixion. AI ini memang sudah terkenal akan keampuhannya sejak beberapa tahun yang lalu dengan memberikan akselerasi yang lebih cepat dari standarnya, akan tetapi banyak juga yang mengeluhkan kekurangannya yaitu pada saat sehabis motor digas pool gas dilepas, Rpm serasa lambat turun atau bisa dibilang engine brakenya hilang. Selain itu menurut Mas Yuditbatang yang Vixionnya bisa sampai 140kph lebih itu, Vixion yang memakai AI memang larinya responsip dan akselerasinya lebih baik namun Top Speed yang dapat diraih hanya 125kph saja, itupun motor serasa kurang pasokan bensin.

gambar dari williemjonatan.WP

Menurut SLR dua kejadian negative itu terjadi dikarenakan ketidak adanya koneksi antara ECU dengan AI ini, Hilangnya engine brake disebabkan masih aktifnya AI ini disaat gas motor telah ditutup, maka yang dibutuhkan adalah input dari Trottle position sensor yang memberikan output ke AI ini kapan harus diaktifkan. Yang kedua yaitu Top speednya yang tidak garang, ini dikarenakan campuran miskin yang dibuat oleh AI ini, dengan tambahan udara ekstra ini sudah tentu udara yang masuk akan berlebihan, apalagi tiadanya koneksi antara AI ini dengan ECU. Pemasangan output AI di manifol menurut SLR pun kurang tepat dikarenakan di tempat itu MAP sensor tidak mendeteksi adanya udara lebih dari AI, MAP sensor atau manifold absolute pressure sensor ini berfungsi mendeteksi seberapa tekanan udara yang terjadi di saluran masuk udara letaknya sendiri setelah buterfly valve dan sebelum leher manifold, nah pemasangan output Saluran AI ini di manifold itu artinya letaknya sesuadah dari MAP sensor ini, saat putaran atas MAP sensor tidak mendeteksi adanya aliran udara lebih yang masuk melewati saluran trotlle valve, maka pasokan bensin/bbm pun diberikan normal seperti tanfa pemakaian AI, Solusinya output AI ini diletakkan sebelum saluran trottle body supaya MAP sensor bisa mendeteksi ada udara lebih yang masuk diakibatkan adanya pasokan udara lebih dari AI.

Mungkin diantara Vixion Owner ataupun yang telah memasang AI ini di vixion  ada yang tidak setuju dengan pendapat SLR diatas, mari kita lakukan diskusi lewat komen, dan jika SLR memang salah maka mohon permaklumannya, SLR juga manusia yang masih ingin belajar.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

26 responses »

  1. tik-tak mengatakan:

    pertamax…

  2. tik-tak mengatakan:

    premium…

  3. tik-tak mengatakan:

    baru nyimak…

  4. azizyhoree mengatakan:

    Hilangnya engine brake disebabkan masih aktifnya AI ini disaat gas motor telah ditutup, maka yang dibutuhkan adalah input dari Trottle position sensor yang memberikan output ke AI ini kapan harus diaktifkan
    =======================================
    AI ini kan prinsipkerja nya sederhana bli, , bila bli menginginkan AI bisA di tentukan timing kapan aktifnya, harus ada servo penggerak valve pada AI dong?…, atau setidaknya selenoid valve, jadi ribet dan mungkin bisa membengkak harganya😀

  5. Umar_abu_ihsan mengatakan:

    Bukankah MAP sensor di downstream butterfly valve Bli, hrsnya ecu dah bisa detect naiknya pressure krn tmbhan udra dr AI n nambah kecrotan ya.

    • j4na mengatakan:

      itu pada saat trottle valve membuka setengan atau hampir menutup MAP sensor bisa membacanya, gimana kala terbuka penuh atau dalam RPM tinggi, sudah tentu Map sensor akan membaca cuma udara yang lewat dari trottle body saja, jadilah bacaan sensor ga sama dengan kenyataanya, sensor baca rationya cukup tapi kenyataanya masih kering…..

  6. Umar_abu_ihsan mengatakan:

    Perlu test afr, kl pk AI, afr jd kering, berarti tuh MAP sensor gak bs bc tambahan udara AI.

  7. new alun mx mengatakan:

    Vixion yg pke AI ap bdax dgn yg biasa..???

  8. NanaRedPr☺ mengatakan:

    absen sekalian nyimak mas bro
    SALAM KARET BUNDAR™

  9. milu siram mengatakan:

    @new alun mx
    pasti bro alun ga punya vixion

  10. gendix mengatakan:

    nyimak dan belajar.

  11. kurniaprorider mengatakan:

    ora duwe vixi, logikanya kenapa dipasang di manifold adalah untuk nagakali ECU dengan harapan udara yang masuk kemesin lebih bnyak. lebih baik kalo pasang AI bensin lebih diboroskan, utuk ngimbangi di putaran atas.

    • turbojolt mengatakan:

      sependapat nih.. kecrotan bensin ditambah.. jd untuk menyeimbangkan AFR, CO harus disetting ulang.. setau gw selama ini untuk menyeimbangkan AFR setelah dipasangi AI masih bisa dengan setting CO, makanya AI ini tetap laris di kalangan speedfreak vixion.. CMIIW ya… klo ga bisa juga yah tinggal aplikasikan beberapa punggungbabi:mrgreen: vixion yang bakal launching nanti.. Ada DS Piggyback, Fi-Max, Koso, Programmable ECU Speedspark… ato yang lg hot VIXION FUEL CONTROLLER UNIT PROGRAMMABLE TUNED By VJ RACINGSPEED!!

      kalo mau tau lbih banyak ttg AI om j4n4 tanya aja ama yang buat..
      bang afandi http://www.afmos.net/

  12. Kyoghi mengatakan:

    ini prinsip kerjanya macam supercharger itu ya????

  13. Umar_abu_ihsan mengatakan:

    Pijibeknya bro dark_stream yvc tuh jwbnya, bs dimanipulasi MAPnya per 1000rpm (untuk sensor throttle gak tau, digarap gak ma dia). Efeknya makin kecil aja engine brakenya kalau sensor throttle gak dilibatkan.
    Kl naikin setting co cuma geser afr di semua rentang rpm. Di rpm 5rb-6rb akan terlalu kaya, n tenaga malah drop plus boros.

  14. Alvin mengatakan:

    Saya enggak paham mang Jana. Numpang belajar Mang. Berarti ECU mengontrol masuknya bahan bakar dan campuran udara ya? Thortle body position tu apa Mang?

    • j4na mengatakan:

      trottle body itu badannya sistem injeksi, atau lebih gampangnya tempatnya buterfly-valve dan Map sensor berada,
      ECU mengontro dari sistem pengapian sampai ke sistem pemasukan bahan bakar yang mendapat input dari berbagai sensor

  15. Alvin mengatakan:

    Ini teknologi kok canggih+rumit? Apa semua motor injection juga pakai ECU?

    • j4na mengatakan:

      nggak juga mas, sistem injeksi motor jadul(mercy) tidak memakai ECU ini, sifatnya mekanik. tapi untuk motor sekarang semuanya memakai ECU/ECM ini

  16. sidoel anak betawi mengatakan:

    apapun ubahan di vixon kalo ECU nya tidak di programer lagi seting rpm lah seting bahan bakar lah itu lah tetap ngak ngefek

  17. hanoe mengatakan:

    harganya brp bro tu AI?
    kalo nyari di solo da ga?
    maap klo bnyak nanya………………..thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s