gambar dari TMCBlog.com

Jika ditahun-tahun belakangan ini balapan didominasi oleh bebek lewat motorprix maupun Indoprix, mungkin beberapa tahun lagi kelas bebek ini akan menjadi kebalikan dari kelas sport. Beberapa tahun kebelakangan ataupun sekarang ini Sport 250cc/150cc hanya menjadi pelengkap saja bisa dibilang peramai maka mungkin beda yang akan terjadi di masa depan beberapa tahun lagi, sport lah yang akan mendominasi kelas utama. Apa sebab, lihat saja balapan kelas dunia 250cc yang akan dihelat 2012 ini, Moto3. Dengan digulirkannya kelas baru ini sudah berarti semakin dekatlah spek motor harian kita dengan spek balapan motor kelas dunia ini. Dari segi handlingpun bisa dibilang mirip-miriplah, yang artinya pembalap indonesia akan semakin mudah beradaptasi dengan memakai sport250cc  jika mau pindah ke kelas Moto3.

mungin balapan kayak gini akan medominasi

Balik lagi ke judul diatas, tidaklah salah jika kita meramalkan bagaimana ganasnya power yang akan dihasilkan oleh mesin motor sport ini jika regulasinya disamakan dengan regulasi motoprix/indorix. Di indoprix sendiri menerapkan regulasi yang hampir bisa dibilang bebas dalam pergantian komponen balapnya, seperti jeroan mesinnya diperbolehkan melakukan modifikasi pada noken-as,diameter klep,port, seher, rasio sampai ke sistem pengapian dibebaskan. Dengan regulasi seperti itu motor bebek 125cc indoprix/motorprix bisa menelorkan power minimal 20hp atau bisa dibilang dua kali lipat lebih power standarnya. Sebagai catatan bebek itu mesin standarnya dibatasi pemakaian klepnya maksimal dua buah berikut sistemnya yang masih SOHC, dan jika seandenya DOHC bagaimana?? mungkin brader sudah tau sendiri bagaimana jadinya.

Bagaimana jika motor sport 250cc regulasinya dibuat seperti indoprix/motorprix atau mendekatilah, sudah tentu lagi powernya akan menggila, dengan bebek 125cc saja powernya meningkat sampai 100% lebih menjadi diseputaran 21hp. Sudah tentu power sport 250cc ini akan berada di kisaran 42hp jika dianggap power standar sport 250cc ini 21hp(perumpamaan) dan peningkatannya hanya 100% saja, bagaimana kalau kelipatan powernya lebih dari 100% tidak mustahil powernya akan mencapai 50hp.

Tapi jika regulasinya dibuat seperti indoprix/motoprix sudah tentu budget yang diperlukan akan membengkak melebihi turun dikelas supersport 600cc. jelas balapanpun akan menjadi mahal. Yang paling gampang untuk membatasi dana adalah dengan membatasi maksimum power dari kelas sport ini, semisalnya tidak boleh melebihi 35hp on the wheel. Sudah pasti balapan akan sangat bisa dijangkau.

Ada satu lagi yang mengganjal jika sport menggantikan bebek yaitu lintasan/sirkuit yang akan dipakai, sudah tentu tidak bisa lagi memakai sirkuit kecil pasar senggol, kita hanya bisa menghayal saja dulu seandainya sirkuit besar akan diperbanyak dipelosok-pelosok.

 

terkendala sirkuit, hanya sentul yang layak

Bagaimana menurut brader???

maaf jika ada kata-kata yang salah….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

22 responses »

  1. curistart mengatakan:

    Sik sik sik, podium dhisik…

  2. ninin mengatakan:

    pertamakkkk,,,,

  3. shumy27 mengatakan:

    weleh…kalo regulasi kaya Mp/IP,yang ikutan cuman yang punya duit…!!!

  4. tik-tak mengatakan:

    premium..

  5. gaplek mania mengatakan:

    moga aja bli.soalnya balapan 250cc harus di sirkuit sedikit sulit sport 250cc di pasar senggol.bisa2 overpower,dan enggak maximal,kebanyakan sirkuitnya kan patah2 tuh,dan pendek

  6. dendy mengatakan:

    setuju bli kalo gak di batasi peraturan. Akan merugikan yang 1 cylinder

  7. ウィナ mengatakan:

    sayang klo cuman main disentul aja :mrgreen:

  8. LIONSTAR mengatakan:

    Sirkuit besar mesti diperbanyak.. Terutama d daerah…minimal kota2 besar kayak surabaya, medan, bandung, pekanbaru udah punya sirkuit besar… jadi buat rider daerah juga bisa berkembang dengan baik…
    rintisan balap dimulai dr SPORT 150cc 4tak standard… Balapan kayak metik ama bebek hapusin aja lah.. Ato dibikin cuma jd selingan…

  9. Alvin mengatakan:

    Kita sedang berproses. Bukanya udah ada balapan untuk kawasaki ninja 250 dan KRR di Sentul?

    • j4na mengatakan:

      memang ada….
      tapi maksud saya jika kelak semuanya sudah pada turun n suatu saat kelas 250 ini bisa menggantikan peran bebek diindoprix/motorprix

  10. joetrizilo mengatakan:

    kalo batasannya power maka panitia akan kesusahan menghadirkan si dyno…..

    stop pembodohan otomotif….

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/27/sudah-saatnya-call-center-mutlak-di-tampilin-pada-iklan-di-tipi-tanya-kenapa/

    • j4na mengatakan:

      di Blog ini tidak ada istilah pembodohan Otomotif, mengenai regulasi yang membatasi power itu sudah ada yang menerapkan di dunia, contohnya WRC yang membatasi maksinal powernya 3oohp, SPort 125 Canada yang melombakan motor sport macam CBR125 powernya dibatasi hanya 14hp saja…!! apakah itu omong kosong atau karangan saya saja??? nggak kan… itu pakta. Saya menulis tentang usulan regulasipun tidaklah sekedar nulis,….

  11. ducati mengatakan:

    bli balap megelli di tvone hari ini jam 16.30-17.00 ko cuma setengah jam ya? sebentar amat?

    • j4na mengatakan:

      sayang banget saya tidak bisa menontonnya, ada suatu kesibukanyang tidak dapat ditunda di jam tersebut.
      singkatnya waktu mungkin dikarenakan sudah perjanjian antara pihak TVone….
      tapi salut sudah masuk TV…

  12. ducati mengatakan:

    bli j4na nanti bikin artikel tentang OMR megelli ya.., kalo bisa lengkap sama photo2nya…

  13. Genesis mengatakan:

    Rencana IMI emang gitu. 2012 akan ada kelas sport 250 cc. Dalam 1musim ada 5 seri n semuanya di sentul karna berbarengan dg indospeed 600cc ma superbike 100. Regulasinya harus motor yg beredar di indo, standard 250cc berfairing

  14. Genesis mengatakan:

    Yg boleh di utak atik cuma knalpot, ban, peleg, perangkat pengereman, porting in/ex. Tdak boleh ada lampu, perangkat pengkabutan baik itu karbu ato sistem injeksi harus standard.

  15. Genesis mengatakan:

    Oh ya kelupaan, cham shaft harus standard tapi boleh di papas. Pengapian, rasio, clutch standard.

  16. Genesis mengatakan:

    2012 hanya ada 1 kelas di 250cc. Jika peserta rame maka akan di pisah kelas 250cc pemula dan seeded. Tp ne planing masih di godog di IMI pusat

  17. Kyoghi mengatakan:

    yah kalo mo maen ke kelas dunia harus maen motor sport, gak maen bebek ato matic, biarin aja buat para alay2 bebek n matic itu, yg mo serius sampe MotoGP n WSBK silahkan maen sportbike……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s