Jika jepang punya Suzuki SV650 maka Korea pun punya jagoan yang mirip-mirip yaitu Hyosung GT650, Kemiripannya ada tampang yang sport naked, buntut, berikut rangkanya yang mirip-mirip. Yang teramat sama ada pada bagian mesinnya. Suzuki sudah pastilah memakai mesinnya sendiri, namun Hyosung mempercayakan pada mesin saingannya Si SV650.

Dari kesemua spek mesinnya terbilang sangat sama, mulai dari bore x stroke sampai jumlah silindernya, pokoknya sama plek. Sistem karburasinyapun sama-sama mempercayakan injeksi. Kita bahas dulu Bore x Stroke yang sama-sama 81.5 x 62mm. sistem buka klepnya memakai DOHC 4klep, pokoknya sama kesemuanya terkecuali kompresi yang beda 0.1 saja, Hyosung lebih tinggi dibandingkan Suzuki yaitu 11.6:1 (hyosung) sedangkan Suzuki SV650 11.5:1.

Mungkin dikarenakan kompresi itulah yang membuat perbedaan pada powernya, GT650 memiliki output power lebih besar 5.6hp. Hyosungharus  berbangga dengan power 79hp@9250 mengalahkan  Suzuki SV650 berpower 73.4hp@8800Rpm. tidak hanya samapai disitu saja torsi pun Suzuki harus mengalah, Hyosung mengungguli dengan 49.6ft.lbs@7.250Rpm dibanding jagoan suzuki yang hanya 47.3ft.lbs@7000Rpm.

Hal ini sudah lumrah didunia perotomotifan, pihak yang mencomot suatu mesin pabrikan besar sudah pasti akan meningkatkan powernya untuk memberikan keunggulan di produknya, Aprilia sebagai contohnya mengamit mesin kepunyaan Suzuki RGV250 yang kemudian dipasangkan pada RS250’nya. Power dari RS250 tidaklah sama dengan RGV250 akan tetapi dikembangkan lagi hingga menghasilkan power sebesar 70hp@11.500Rpm lebih besar dibanding RGV250 yang hanya 63hp@11.000Rpm.

Sepatutnya langkah inilah yang ditiru oleh pabrikan-pabrikan motor lokal yang mengamit mesin motor lain. Tidak hanya mengambil mesinnya saja, namun dikembangkan untuk menarik minat konsumen untuk membeli.

Spec Hyosung GT650:

Engine and transmission
Displacement: 647.00 ccm (39.48 cubic inches)
Engine type: V2, four-stroke
Engine details: 90° V-twin
Power: 79.00 HP (57.7 kW)) @ 9250 RPM
Torque: 66.88 Nm (6.8 kgf-m or 49.3 ft.lbs) @ 7250 RPM
Compression: 11.6:1
Bore x stroke: 81.5 x 62.0 mm (3.2 x 2.4 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Injection. Fuel Injection include immobilizer.
Fuel control: DOHC
Ignition: E.C.U.
Lubrication system: Wet sump
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Clutch: Wet, Multiplate
Driveline: Chain 525
Chassis, suspension, brakes and wheels
Rake (fork angle): 25.0°
Trail: 79 mm (3.1 inches)
Front suspension: Upside down Telescopic
Front suspensiontravel: 120 mm (4.7 inches)
Rear suspension: Swing arm with Progressive linkage Hydraulic Mono shock absorber
Rear suspension travel: 110 mm (4.3 inches)
Front tyre dimensions: 120/60-ZR17
Rear tyre dimensions: 160/60-ZR17
Front brakes: Double disc. Semi floating double discs, 2 pistons calipers
Front brakes diameter: 300 mm (11.8 inches)
Rear brakes: Single disc. 1 pistons caliper
Rear brakes diameter: 230 mm (9.1 inches)
Physical measures and capacities
Weight incl. oil, gas, etc: 191.0 kg (421.0 pounds)
Seat height: 831 mm (32.7 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,115 mm (43.9 inches)
Overall length: 2,090 mm (82.3 inches)
Overall width: 785 mm (30.9 inches)
Ground clearance: 185 mm (7.3 inches)
Wheelbase: 1,435 mm (56.5 inches)
Fuel capacity: 17.03 litres (4.50 gallons)
Reserve fuel capacity: 2.50 litres (0.66 gallons)

Spec Suzuki SV650:

Engine and transmission
Displacement: 645.00 ccm (39.36 cubic inches)
Engine type: V2, four-stroke
Engine details: 90 degree V-twin
Compression: 11.5:1
Bore x stroke: 81.0 x 62.6 mm (3.2 x 2.5 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Injection
Fuel control: DOHC
Ignition: Digital/Transistorized
Lubrication system: Wet Sump
Cooling system: Oil & air
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Clutch: Hydraulic clutch with coil springs
Driveline: #525 chain
Exhaust system: Lightweight 2-into-1
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Black-painted frame, swingarm, and wheels, plus headlight-mounted mini-fairing with tinted shield for more sport appearance
Front suspension: Telescopic, coil spring, oil damped, fully adjustable preload
Front suspensiontravel: 130 mm (5.1 inches)
Rear suspension: Link-type, 7-way adjustable spring preload
Front tyre dimensions: 120/60-ZR17
Rear tyre dimensions: 160/60-ZR17
Front brakes: Double disc
Rear brakes: Single disc
Physical measures and capacities
Dry weight: 168.0 kg (370.4 pounds)
Seat height: 800 mm (31.5 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 650 mm (25.6 inches)
Overall length: 2,080 mm (81.9 inches)
Overall width: 745 mm (29.3 inches)
Ground clearance: 150 mm (5.9 inches)
Wheelbase: 1,440 mm (56.7 inches)
Fuel capacity: 17.00 litres (4.49 gallons)

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

10 responses »

  1. bennythegreat mengatakan:

    Hyosung dan Suzuki…itu seperti Bajaj sama Kawasaki..

  2. ducati mengatakan:

    pertamax…. kan belum ada yg ketik xixixixixixixixi

  3. ducati mengatakan:

    pertamax…. kan belum ada yg ketik xixixixixixixixi..

  4. ducati mengatakan:

    pertamax…. kan belum ada yg ketik xixixixixixixixi..m

  5. Stevan mengatakan:

    Saling berbagi teknologi😀

  6. Kyoghi mengatakan:

    Suzuki SV 650 itu pasti inspirasi desain buat Pulsar 220, mirip banget, berikut desain lampu belakangnya……

  7. gaplek mania mengatakan:

    sama juga ama fischer650 dong.?kan engine hyosung tuh

  8. バカ mengatakan:

    cagiva raptor 650 kabarnya juga memakai mesin suzuki sv650……………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s