gambar bawah, terjadi turbolensi didepan katup kupu-kupu

Masih ingatkan brader dengan kawasaki ZX-RR 800cc yang ditunggangi marco melandri, dan juga ZX-RR 990cc yang membawa Garry McCoy menjuarai seri Gp China beberapa tahun yang lalu. Memang turunnya kawasaki di motoGp tidaklah ada gebrakan yang berart, malahan terkesan sebagi pelengkap saja.

 

 

Namun ada satu yang tidak bisa dilupakan dalam ZX-RR 990cc, yaitu sistem semi injeksi yang terpasang dimesinnya. mungkin hanya sedikit kalangan yang tau jika Keihin FCR ada yang bersistem semi injeksi, yang artinya setengah sistem injeksi dan setengah sistem karburator. Teknologi karburasi dari Keihin ini disebut juga dengan Keihin FCR-i, yaitu gabungan antara keunggulan karburator dengan keunggulan sistem injeksi.

 

 

Keunggulan dari karburator ada pada bukaan skep penuh, kala putaran atas saat skep terbuka penuh maka tidak ada lagi yang menghalangi debit udara yang masuk. Beda dengan sistem injeksi normal yang memakai katup kupu-kupu, saat bukaan penuh akan terjadi turbolensi didepan katup itu sendiri sehingga mengganggu aliran udara yang masuk. Sedangkan keunggulan injeksi semua orang sudah pada tau, jadi tidak perlulah diulas. untuk lebih jelasnya mengenai sistem FCR-i ini bisa dilihat pada hasil Jepretan SLR diatas.

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

13 responses »

  1. Alvin mengatakan:

    Petromaxx.

  2. tik-tak mengatakan:

    gagal pertamax…

  3. vyper hacker mengatakan:

    apa jadi lebih irit bro????????

    • Arif Vixion mengatakan:

      ya boroslah, ane lebih pilih injeksi, klw mo performa maks tinggal tuning, pa lagi kyak vixion sdh ada piggyback terjangkaunya 750 rbu + cd software sma kbel data… cmwi..😛

  4. khien's Solikhien mengatakan:

    gagal podium neh…

  5. Alvin mengatakan:

    @Mas Tik-Tak: maaf mas. Tadi cuma kebetulan. Hehe.

  6. Rollerman mengatakan:

    hmmm gtu,perbandingan powernya gmana tuh dg full injeksi???

  7. LIONSTAR mengatakan:

    karbu tetap ini kalah populer ama karbu VM26.nya RX-king yg sering dipake alay buat geber2 xixixix

    http://endlesslight711.wordpress.com/2011/03/31/19/

  8. rend mengatakan:

    skep & katup kupu-kupu ??? mohon pencerahan

  9. umarabuihsan mengatakan:

    weh kelewat info tambahan dr Bli jana, artikel dah nongol lama baru ngeh ada info ini.
    Penampang stem plus bilah kupu2 ngambat udara n bikin turbulensi kelemahan yang gak dipunyai skep, tapi injeksi dengan katup skep gimana bro…..he3 pertanyaan iseng…

    nitip nebar jaring ah
    http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/01/atpm-ngasih-merchandise-miniature-motor-sehari2-produk-mereka-boleh-lah/

  10. Rollerman mengatakan:

    baru sadar neh kalo ZX-RR d atas gak pake spatbor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s